Studi Deskriptif Tentang Komitmen Beragama Islam Jamaah Marketing PT Arminareka Perdana Majalengka

Adhitya Rachman, Agus Sofyandi Kahfi

Abstract


Abstract. Arminareka Perdana Majalengka is a branch of marketing of PT Arminareka Perdana which umrah and Hajj services. Jamaah marketing is a division within the company that is in charge of finding the new jamaah. Arminareka Perdana Majalengka has policies in new jamaah get up to help people in the new supplement documents the purposes of umrah and Hajj. The working environment in the Arminareka created with the Islamic values. The training that was provided to any Islamic value. It can form a personal islamic religious commitment. So that jamaah can shape the marketing has honesty and a sense of wanting to help a high against anyone else. In the service, jamaah marketing using polite speech. When throwing a OPP (open plan presentation) jamaah marketing not wearing clothes and exces accessories. However, it still there marketing who have low degrees of Muslim commitment. This is indicated by the presence of people who are choosing their marketing in offering services, decrease in the implementation of the rituals of Hajj and umrah on. In the implementation of activities and rituals such as OPP (Open Plan Presentatioan), pilgrims marketing more chatting and playing a handphone. The goal in this study was to describe the commitment of jamaah  marketing of PT Arminareka Perdana Majalengka. The subject in this study amounted to 8 people. Validity test using construct validity in a way unused try out on the population and the rejected items, is discarded. Islamic religious commitment measurement used by scale refers to the theory of the Glock & Stark and then modified by Agus Sofyandi Kahfi, based on the results of the calculation obtained the degree of islamic religious commitment is 87.5% or seven people with high degree and 12.5% or one person with diverse degrees of islamic religious commitment.

 

Abstrak. Arminareka Perdana Majalengka merupakan cabang marketing dari PT. Arminareka Perdana yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa umrah dan haji. Jamaah marketing merupakan sebuah divisi dalam perusahaan ini yang bertugas mencari jamaah baru. Arminareka Perdana Majalengka memiliki kebijakan dalam mendapatkan jamaah baru sampai dengan membantu jamaah baru dalam melengkapi dokumen keperluan umrah dan haji. Lingkungan kerja yang terdapat pada Arminareka Majalengka dibuat dengan nilai keislaman. Pelatihan yang diberikan pun memiliki nilai keislaman. Hal tersebut dapat membentuk pribadi yang memiliki komitmen beragama islam. Sehingga dapat membentuk jamaah marketing memiliki kejujuran dan rasa ingin menolong yang tinggi terhadap orang lain. Dalam melayani, jamaah marketing menggunakan tutur kata yang sopan. Ketika dilakukan OPP jamaah marketing tidak mengenakan pakaian dan aksesoris yang berlebihan. Namun meski demikian masih terdapat jamaah marketing yang memiliki derajat komitmen beragama islam yang rendah. hal ini ditunjukan dengan adanya jamaah marketing di Majalengka yang memilih-milih dalam menawarkan jasa, menurunnya pelaksanaan syiar mengenai umrah dan haji. Dalam pelaksanaan kegiatan syiar seperti OPP (Open Plan Presentatioan), jamaah marketing lebih banyak mengobrol dan memainkan handphone. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan komitmen beragama islam jamaah marketing pt Arminareka Perdana Majalengka.  Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Uji validitas menggunakan validitas construct dengan cara try out terpakai pada populasi dan item yang di tolak, di buang. Alat ukur komitmen beragama Islam yang digunakan berbentuk skala yang mengacu pada teori Glock and Strak yang telah dimodifikasi oleh Agus Sofyandi Kahfi, Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh derajat komitmen beragama islam yang tinggi sebesar 87,5% atau sebanyak tujuh orang dan 12,5% atau satu orang dengan derajat komitmen beragam islam rendah.


Keywords


Jamaah Marketing, Islamic Religious Commitment

References


Sumber Buku:

Abdul Mujib, (1999). Fitrah & Kepribadian Islam, Sebuah Pendekatan Psikologis. Jakarta: Darul Falah.

Ancok, Jamaludin, dan Anshori Fuad (1994). Psikologi Islam : Solusi Islam Atas Problem-problem Psikologi, {ustaka Pelajar, Yogyakarta, hal. 146-147

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi Kedua. Kencana Prenada Media Group. Surabaya

Cowie. AP. (Chief Editor), (1989). Oxford Advenced Leaner’s Dictionary. New York : Oxford University Press.

Djanaluddin Ancok, dan Fuat Nashori (1994). Psikologi ISLAM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Glock dan Stark dalam Poloutzian, F.R., 1996, Psychology of Religion. Needham Heigthts, Massachusetts: A Simin & Schuster Comp

Metodologi Penelitian III Dan Skripsi (Revisi Kedua). (2015). Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Bandung.

Noor Hasanudin, (2010). Psikometri Aplikasi dalam peneyusunan instrumen pengukuran perilaku..Bandung:Fakultas Psikologi Unisba

Sumber Penelitian:

Afifah, Anisa Fatin. (2016). Hubungan Komitmen Beragama Islam Dengan Misdemeanors Di Sekolah Pada Siswa MTS Nurul Iman Bandung. Skripsi Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Hasanah, Fienna Rahmi. (2016). Hungan Antara Komitmen Beragama Islam Dengan Motivasi Kerja Pada Pegawai Administrasi Baru Universitas Islam Bandung. Skripsi Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Kahfi, Agus Sofyandi., (2012). Pengaruh Religiousness Islami terhadap Self Concept dan Self Regulation Para Residen yang Memiliki Kecenderungan Drugs Relaps, Penelitian Dit. Litabmas Dikti. Program Fundamental

Sumber Internet :

Arminareka Perdana (2014). Diambil dari https;//www.arminarekaperdana.com

Tania, Ajeng, (2005). Analisis Program Pelayanan Jamaah Haji dan Umroh Pt. Arminareka Perdana. Diunduh pada Februari 2015 dari : http://respitory.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26416




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4276

Flag Counter    Â