Studi Deskriptif Resistance To Change Karyawan Divisi Pemasaran PT. Telkom Indonesia Bandung

Madyasti Putri Puspaseruni, Lisa Widawati

Abstract


Abstract. This study aimed to get an idea of the degree of resistance to change in employee marketing division of PT. Telkom Indonesia Bandung. Now the corporation based on technology will be on progress and must to change, corporate frequently do the change for technology advancement and promotion of that company. Changes often occur in the marketing division of PT .Telkom , this is because this division must meet the demands of the company and also adjust to the state of the environment. Many changes made most of the employees in that division don’t want to go through the process changes that occur in the company or its called resistance to change. The data collection is done by using a questionnaire adaptation of resistance to change scale compiled by Shaul Oreg (2003). The method of this research is descriptive quantitative whos describe the phenomenon at the moment and the form of the results of the numbers that have a meaning.The results obtained for 86.1 % of employees with low RTC and 13.9 % high RTC. From the dimensions of RTC that is routine seeking, emotional reaction, short-term focus, dan cognitive rigidity. The most dominant dimension is the cognitive rigidity that is 80.6 %, which are mostly found in employees with low RTC. It means resistance to change of employees marketing division is in the level of cognition and empolyees behavior still limited to passive behavior which, if it allowed will potentially have a high resistance.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai derajat resistance to change pada karyawan divisi pemasaran PT. Telkom Indonesia Bandung. Dewasa ini perusahaan yang berbasis teknologi akan terus berkembang dan tidak akan luput dari perubahan, perubahan seringkali dilakukan perusahaan guna menyesuaikan dengan kemajuan teknologi dan memajukan perusahaan. Perubahan sering terjadi pada divisi pemasaran PT. Telkom, hal ini dikarenakan divisi ini tidak hanya harus memenuhi tuntutan perusahaan namun juga menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Banyaknya perubahan membuat sebagian besar karyawan pada divisi ini menimbulkan perilaku yang enggan untuk melewati proses perubahan yang terjadi di perusahaan atau disebut dengan resistance to change.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner adaptasi dari resistance to change scale yang disusun oleh Shaul Oreg (2003). Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yang berarti gambaran fenomena yang sedang terjadi saat ini dan bentuk hasil penelitian berupa angka-angka yang memiliki makna. Hasil yang diperoleh sebesar 86,1% karyawan dengan RTC rendah dan 13,9% RTC tinggi. Dari keempat dimensi RTC yaitu routine seeking, emotional reaction, short-term focus, dan cognitive rigidity. Dimensi yang paling dominan ialah cognitive rigidity yaitu sebesar 80,6% yang sebagian besar terdapat pada karyawan dengan RTC rendah. Berarti sebagian besar penolakan karyawan berada dalam tataran kognisi dan tindakan yang dimunculkan masih sebatas tindakan pasif yang apabila dibiarkan akan berpotensi memiliki resisten tinggi.

 

Keywords


resistance to change, marketing division, PT. Telkom Indonesia.

References


Kreitner, R., and Kinicki, A. (2004). Organizational Behavior (5th ed., 774 pages). Burr Ridge, ILL: Irwin/McGraw-Hill.pfeiffer an imprint of wiley 989 market street, san francisco, CA 94103-1741.

Nasution, Nur. (2010). Manajemen Perubahan. Bogor : Ghalia Indonesia.

Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri : Alikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung : Jauhar Mandiri.

Oreg, dkk. (2013). The Psychology of Organizational Change, Viewing Change From The Employee’s Perspective. United Kingdom : MPG Books Group.

Oreg, S. (2003). Resistance to change : Developing an individual differences measure. Journal of Applied Psychology, 88(4), 587 – 604.

Robbins, Stephen P. (2002). Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi Jilid 2. Jakarta : PT. Prenhallindo dan Pearson Education Asia Pte.Ltd.

Uha, Nawawi Ismail. (2014). Manajemen Perubahan : Teori dan Aplikasi pada Organisasi Publik dan Bisnis. Bogor : Ghalia Indonesia.

Wibowo, 2011. Manajemen Perubahan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4240

Flag Counter    Â