Hubungan antara Trait Kepribadian The Big Five dengan Celebrity Worship pada Komunitas Jkt48 West Java di Kota Bandung

Tengku Farah Meilisa, Milda Yanuvianti

Abstract


Abstract. JKT48 already attracted much attention due to its unique concept. JKT48 increasingly proving its popularity with many communities in social media is utilized for fans to show their support to JKT48. The fans showed the behavior of cult of celebrity (Celebrity Worship). Various kinds of behavior displayed for fans to show their support, such as looking for information about his idols from social media or follow fansclub, collect items related to his idols, watch the theater or attending the performances of his idols, spend a lot of money to buy the albums and merchandise, sharing about his idols with fellow fans and friends, active following the gathering, some are shy and passionate when talking about JKT48, there are always unique ideas when gathering, and some were just silent during gathering. The purpose of this research is to gain empirical data about the relationship between the big five personality with celebrity worship at fans JKT48 particularly the aged early adulthood on JKT48 West Java FC in Bandung. Data retrieval using a measuring instrument of IPIP BFI (Big Five Inventory) and measuring instrument of CAS (Celebrity Attitude Scale) that have been modified by the researcher. The research subject is early adulthood fan JKT48 incorporated in West Java FC the number of samples are 35 fans.  Researcher using correlational analysis technique using a quantitative approach. Data analysis technique used in this research is Chi-Square and the results of this study are there is a positive relationship between trait extraversion with celebrity worship in category entertainment social and intense personal with χ2value each 7,296 and 5,019 (more than the value of χ2table 3.48).

 

Abstrak. Sejak awal kemunculannya, JKT48 sudah menarik banyak perhatian karena konsep yang unik. JKT48 semakin membuktikan kepopulerannya dengan banyaknya komunitas di media sosial yang dimanfaatkan penggemar untuk menunjukkan dukungannya kepada JKT48. Penggemar tersebut menunjukan perilaku pemujaan terhadap selebriti (Celebrity Worship). Perilaku penggemar tersebut antara lain seperti mencari informasi mengenai idolanya baik dari dunia maya maupun mengikuti fansclub, mengumpulkan barang-barang berkaitan dengan idolanya, menonton teater atau hadir dalam pertunjukan idolanya, mengeluarkan banyak uang untuk membeli album dan merchandise, serta sharing mengenai idolanya dengan sesama penggemar dan teman dekat. Penggemar juga terlihat aktif mengikuti gathering, ada yang pemalu dan bersemangat ketika membicarakan JKT48, ada yang selalu mengeluarkan ide-ide unik ketika gathering, dan ada yang hanya diam saja ketika gathering. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara trait kepribadian the big five dengan celebrity worship pada penggemar JKT48 khususnya yang berusia dewasa awal pada komunitas JKT48 West Java FC di Bandung. Pengambilan data menggunakan alat ukur dari IPIP BFI (Big Five Inventory) dan alat ukur dari CAS (Celebrity Attitude Scale). Subjek penelitiannya adalah penggemar JKT48 yang tergabung dalam JKT48 West Java FC dan berusia dewasa awal dengan jumlah subjek sebanyak 35 orang.  Hasil pengukuran dengan menggunakan Chi-Square dan didapatkan bahwa ada hubungan antara trait extraversion dengan celebrity worship pada kategori entertainment social dan intense personal dengan nilai χ2 masing-masing 7.296 dan 5.019 (lebih besar dari nilai χ2tabel yaitu 3.48).


Keywords


JKT48 fans, The Big Five Personality, Celebrity Worship

References


Giles, D. (2003). Media Psychology. New Jersey: Lawrence Erlbaum

Associates, Inc

Goldberg, L. (1992). The Development Of Markers For The Big Five Factor

Structure. Psychological Assesment, 4, 26-42.

Hurlock, E. (2001). Developmental Psychology. Life-Span Approach 5th ed.

New York. McGraw-Hill.

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Maltby, J., Houran, J., dan McCutcheon, L.E. (2003). A Clinical Interpretation Of

Attitudesand Behaviors Associated with Celebrity Worship The journal

of Nervous and Mental Disease. vol. 191, no. 1, hal. 25-29.

McCutcheon, L., Lange, R., dan Houran, J. (2002). Conceptualization and

measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology vol93

Noor, Hasanuddin. (2010). Psikometri: Aplikasi Dalam Penyusunan Instrument

Pengukuran Perilaku. Bandung. Fakultas Psikologi Unisba

Sari, E. P. (2013). Hubungan antara Celebrity Worship dengan Psychological

Ownership pada Fans K-Pop (Studi pada Fans Super Junior di Kota

Bandung). Bandung: Univesitas Pendidikan Indonesia:

Tidak Dipublikasikan.

Sekarsari, M. (2009). Hubungan Antara Loneliness dengan Perilaku Parasosial

pada Perempuan Dewasa Awal. Jakarta: Universitas Indonesia: Dipublikasikan.

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D

Bandung: Alfab




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4096

Flag Counter    Â