Hubungan Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Seksual Pranikah Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah X

Wulan Ayunda Putri, Yunita Sari

Abstract


Abstract. Madrasah  Aliyah Xis Islamic school that managed by ministry of religion in Bandung city. MadrasahAliyah X is one of favourite school in Bandung. Madrasah Aliyah X is integrate they teaching theory with religious value on their daily teach and learn activity. Religious value is mostly given in many activities in Madrasah Aliyah so the students not just get religios value on their home. That is hopely impact their understament, mindset, and behavior that based on religious value. Madrasah Aliyah teach their student to discipline and self control, this point can be seen on the school rules, female student have to wear hijab, limited interaction between opposite sex, and must pray together on the pray schedule. Cases that related to adolescent sexual behavior is mostly discovered in Social class. One of cases is nude photo of female student that posted online by student and gift to another friend. Oftenly students discovered idle to dating in lesson hours and can be estimated 3 years more or less is discovered a case of pregnant student. Last year, 2 students involved of pregnancy case. These happen because of influenced by peer group. The goal of this research is to know how relation between peer group role and sexual behavior. Method of this research is correlation. This research is study population research with 162 subjects. Instrument that used is peer group role questionnaire from David Shaffer’s theory and sexual behavior theory. Based on result of data process that used correlation coefficient Rank Spearman obtained rs=0,522 according to Guilford’s table the result is high enough criteria. It can be concluded that is positive correlation between peer group role and premarital sexual behavior.


Abstrak. Madrasah  Aliyah X merupakan sekolah berbasis islam yang langsung dinaungi oleh kementrian agama kota bandung. Madrasah Aliyah X merupakan sekolah favorit di Bandung. Madrasah aliyah X memadukan pengajaran teori ilmiah dengan melibatkan nilai-nilai agama pada kegiatan belajar dan mengajar. Nilai-nilai agama di berikan lebih banyak dalam kegiatan Madrasah Aliyah X Bandung sehingga para siswa tidak hanya mendapatkan nilai-nilai agama dirumah tetapi saat disekolah pun para siswa terjamin mendapatkan nilai-nilai agama. Diharapkan hal ini, memberikan dampak pada,  pemahaman,  pola pikir dan perilaku siswa berlandaskan nilai-nilai agama islam.  Madrasah Aliyah mengajarkan para siswa, kedisiplinan dan pengendalian diri para siswanya, hal ini dapat dilihat dari aturan yang ditegakan di Madrasah Aliyah  siswa perempuan diwajibkan menggunakan hijab, interaksi lawan jenis dibatasi dan juga jadwal-jadwal shalat dan kegiatan keagaaman yang wajib dikerjakan berjamaah. Kasus yang sering ditemukan kasus yang berkaitan dengan  perilaku seksual remaja dan hal tersebut sering ditemukan di kelas IPS. Salah satunya adalah kasus foto bugil  yang diunggah di media sosial oleh salah satu siswa dan di berikan pada pacarnya. Dalam kegiatan sekolah seringkali ditemukan siswa dan siswi yang ketauan diam berduan untuk berpacaran di jam sekolah dan dapat diperkirakan kurang lebih setiap 3 tahun sekali di temukan kasus hamil di luar nikah. Tahun lalu, terdapat  2 orang yang terlibat kasus hamil diluar nikah. hal tersebut disebabkan karena adanya pengaruh dari teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara peran teman sebaya denga perilaku seksual. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Penelitian ini adalah penelitian studi populasi dengan subjek sebanyak 162 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner peran teman sebaya yang diturunkan dari teori David Shaffer dan teori perilaku seksual. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh rs= 0,551 menurut tabel Guilford termasuk ke dalam kriteria korelasi cukup tinggi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup erat antara  peran teman sebaya dengan perilaku seksual pranikah pada siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah X.


Keywords


Peer Group Role, Sexual Behaviour, Madrasah Aliyah.

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azinar, Muhammad. 2012. Perilaku Seksual Pranikah Beresiko Terhadap Kehamilan Tidak Diinginkan. Jurusan ilmu kesehatan masyarakat, Indonesia: Universitas Negeri Semarang.

Dianawati, Ajen. 2009. Pendidikan seks untuk remaja. Jakarta: Kawan pustaka.

Furma, M. S & Ajzen. (1975). Beliefs, Attitude, Intention and Behavior. Massachussets: Addison Wesley Publishing Company.

Furman, wyandol. 2000. Romantic views: toward a theory of adolecent romantic relationship. Universitas of dengver.

Fraley, R Chris. 2000. Adult Romantic Attachment. Davis, Univercity of California.

Noor, Hasanuddin. 2009. Psikometri:aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Hill, Craig A. 2000. Human sexuality: Personality and Social Psychological Perspectives.

Hurlock, Elizabeth B. 1994. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, teguh. 2009. Hubungan antara interaksi teman sebaya dengan konsep diri dengan intensi perilaku seks remaja. Indonesia: Universitas muhamadiyah Surakarta

Santrock. J.W. 2002. Life-span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi ke lima. Jakarta: Erlangga

Sarwono. Sarlito Wirawan. 20012. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryoputro, A, dkk. 2006. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Seksual Remaja di Jawa Tengah: Implikasinya terhadap Kebijakan dan Layanan Kesehatan Seksual dan Reproduksi. Makara, Kesehatan. 10 (1), 29-40.

Shaffer, David R. 2009. Social and personality Development. University of Georgia: Wadsworth cengage Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3983

Flag Counter    Â