Studi Deskriptif mengenai Hardiness pada Guru di SLB Bina Anugrah Lembang

Rajab Cipta Lestari, Muhammad Ilmi Hatta

Abstract


Abstract. Work as a teacher SLB is a job that is susceptible to stress. The workload of teachers who felt that dealing with children with special needs and demands of parents. Sources of stress felt by the teachers are divided into three physical, psychological, and social. In addition to these three things are the internal state such as the ability of teachers, and external conflict that such households. SLB Bina Anugrah Lembang, has 10 teachers and every teacher has a dual role in the classroom and outside the classroom. In class that is taught, and outside the classroom the teachers there being the curriculum, student affairs, public relations, the operator of the school, and skills. It is not easy to do, therefore, may cause the possibility of stress. Combating stress can do them with hardiness, the hardiness is a positive orientation to help a person's life in order to remain healthy despite being on the circumstances under pressure (Kobasa, 1984). Hardiness consists of three aspects, commitment, control and challenge. The usefulness of this research into a reference for prospective special school teachers about what should be owned by a teacher SLB. The method used was a descriptive study, with a number of subjects 9 teachers. Measuring tool using HS-Short form (hardiness scale) based on Bartone which is the development of the theory of Suzanne hardiness. O. Kobasa, the reliability of the measuring instrument 0.891. The results showed that teachers SLB Bina Anugrah have a high level of hardiness that is 100%, and 100% commitment aspects, control 88.89% and 100% challenge.   

 

Abstrak. Pekerjaan menjadi guru SLB merupakan pekerjaan yang rentan terhadap stress. Beban kerja guru yang dirasakan yakni menghadapi anak berkebutuhan khusus dan tuntutan dari orang tua murid. Sumber stress yang dirasakan oleh guru terbagi menjadi tiga fisik, psikologis, dan sosial. Selain ketiga hal tersebut terdapat keadaan internal yakni seperti kemampuan guru, dan eksternal yakni seperti konflik rumah-tangga. SLB Bina Anugrah Lembang, memiliki 10 guru dan setiap guru memiliki peran ganda di dalam kelas dan di luar kelas. Di dalam kelas yakni mengajar, dan di luar kelas para guru ada yang menjadi kurikulum, kesiswaan, humas, operator sekolah, dan keterampilan. Hal tersebut tidak mudah dilakukan, oleh sebab itu dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya stress. Penanggulangan stress dapat dilakukan diantaranya dengan hardiness, hardiness adalah orientasi positif untuk membantu  kehidupan seseorang agar tetap sehat walau berada pada keadaan di bawah tekanan (Kobasa, 1984). Hardiness terdiri dari tiga aspek yakni commitment, control, dan challenge. Kegunaan dari penelitian ini menjadi acuan bagi calon guru SLB mengenai apa yang harus dimiliki oleh seorang guru SLB. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif, dengan jumlah subjek 9 guru. Alat ukur menggunakan HS-Short form (Hardiness Scale) berdasarkan pada Bartone yang merupakan pengembangan dari teori hardiness Suzanne. O. Kobasa, reliabilitas alat ukur 0,891. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru SLB Bina Anugrah memiliki tingkat hardiness yang tinggi yakni 100%, dan aspek commitment 100%, control 88,89% dan challenge 100%.


Keywords


SLB teachers, hardiness, aspects hardiness

References


Allred, K. D., Smith, T.W. (1989). Journal of Personality and Social Psychology. The Hardy Personality: Cognitive and Phsyiological Responses to Evaluative Threat, vol.56 no.2 p 257-266

Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan kelima belas. PT Rineka Cipta: Jakarta

Derlega, V.J.,Winstead, B.A., dkk.(2005). Personality Third edition- Contemporary Theory and Research. Canada : Thomson Learning

Engclerbeth, Petra. (2001).South Africa Journal of Education. Stress and coping skills of teachers with down syndromes in inclusive classroom, 21(4), P 256-259

Gebhadt, W.A., van der Doef, M.P., dkk .(2001). Health Education Research. The Revised Health Hardiness Inventory (RHHI 24) : Psychometric Properties and Relationship with Self-Reported Health and Health Behavior in Two Dutch Samples, P 579-592

Hatta, Risky Haerunnisa. (2015). Hubungan antara Hardiness dengan Burnout pada Anggota Polisi Pengendali Massa (DALMAS) POLRETABES Bandung. Skripsi : Universitas Islam Bandung

Judkins, Sharon Bay. (2001). Hardiness Stress and Coping Strategies Among Mid Level Nurse Manager : implications for continuing higher education. University of North Texas

Maddi, S. R. (2006). The Journal of Positive Psychology. Hardiness : The Courage Grow from Stress, 1 (3) 160-168

Masyhuri, Zainuddin. (2009). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Edisi Revisi. PT Refika Aditama : Bandung

Murtiningrum, A. (2005). Analisis Pengaruh Konflik Pekerjaan Keluarga Terhadap Stress Kerja dengan Dukungan Sosial sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Guru Kelas 3 SMP Negeri di Kabupaten Kendal). Masters thesis: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Nazir, Moh.(2009). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Noor, Hasanuddin.(2009). Psikometri Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku: cetakan kedua: Universitas Islam Bandung

Peradita, K. Z., Widodo, P.B .,dkk. (2013). Hardiness di Tempat Kerja ditinjau dari Dukungan Sosial Rekan Kerja pada Guru SLB Se-Kota Semarang. Universitas Diponegoro, Fakultas Psikologi

Sakinatuzahroh, Asti. (2010). Gambaran Stressor dan Coping Stress pada Guru yang Mengajar Anak Mental Retardasi (MR). Skripsi : Universitas Esa Unggul

Santrock, J. W. (2002). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jilid Kedua. Jakarta : PT.Erlangga

Sauri, H. Sofyan. (2012). Membangun Karakter Bangsa melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai, h 2-h 10

Sumber internet:

SNMPTN (2014) keketatan SNMPTN 2014 UPI http://pmb.upi.edu/infografis/wp-content/uploads/2015/01/Keketatan-SNMPTN-2014.jpg (diakses pada 29 April 2015 pukul 8.42)

Undang-undang mengenai Guru SLB http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0CCAQFjABahUKEwi6yp7BiuLIAhWDE5QKHZ5XCyw&url=http%3A%2F%2Fjdih.ristek.go.id%2F%3Fq%3Dsystem%2Ffiles%2Fperundangan%2F656582646_2.pdf&usg=AFQjCNG-Km2_xwXn8-IwzV07pub5QIgweA (diakses pada 27 Oktober 2015 pukul 14.21)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3615

Flag Counter    Â