Kajian Pemberian Pictorial Health Warning (PHW) Sebagai Usaha Untuk Menurunkan Intensi Merokok

Putri Nur Pratiwi, Stephani Raihana Hamdan

Abstract


Abstract. Tobacco is one of the ingredients in cigarettes that may cause health problems. smoking is an activity that we usually find in Indonesia. Its users ranging from adults, teenagers to children have started smoking. Teenagers smokers have increased every year and this is a problem that afflicts. Efforts made by the government to reduce the number of smokers are with Pictorial Health Warnings printed on cigarette packs as messages conveyed through visual communication. The purpose of this study was to determine how high the pictorial health warnings listed on cigarette packs are on the intensity of smoking in adolescents. The method used is a quasi-experimental method with a design without pre-treatment measurements. The measuring instrument uses Intentions by Ajzen (2005) adapted by (Stephani Raihana Hamdan, 2015) and Pictorial Health Warnings (Jufri, 2017). Data analysis used T-test and Kruska Wallis. The subjects were 15 subjects in each experimental group and control group. The results of this study showed that there was no significant difference between the average smoking intensity in the control group and the experimental group Sig. (2 –tailed) 0.410>0.05 and there was no difference between the treated groups in the experimental group 0.994>0.05.

Keywords: Intensi, Merokok, Peringatan Kesehatan Bergambar.

Abstrak. Tembakau adalah salah satu bahan yan terdapat dalam rokok yang berpotensi menyebabkan terganggunya kesehatan. Merokok merupakan aktivitas yang sudah biasa kita temukan di Indonesia. Para penggunanya mulai dari dewasa, remaja hingga anak-anak sudah mulai merokok. Perokok remaja mengalami kenaikan tiap tahunnya dan ini menjadi masalah yang memprihatinkan. Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menurunkan jumlah perokok yaitu dengan Pictorial Health Warning yang tertera pada bungkus rokok sebagai pesan yang disampaikan melalui komunikasi visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi seberapa pengaruh Pictorial Health Warning yang tertera pada bungkus rokok terhadap intensi merokok pada remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan rancangan post-test only control group design. Alat ukur menggunakan Ajzen (2005) Theory of Planned Behavior yang diadaptasi oleh (Stephani Raihana Hamdan,  2015) dan Pictorial Health Warning ( Jufri, 2017). Dalam penelitian ini menggunakan t-test dan kruska wallis. Jumlah subjek dalam penelian ini adalah 15 subjek pada masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata intensi merokok pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen Sig. (2 –tailed) 0,410>0,05 dan tidak terdapat perbedaan antara kelompok treatment pada kelompok eksperimen 0,994>0,05.

Kata Kunci: Intensi , Merokok, Pictorial Health Warning.


Keywords


Intensi , Merokok, Pictorial Health Warning.

Full Text:

PDF

References


Devhy, N. L. P., & Widana, A. A. G. O. (2020). Opini Remaja tentang Peringatan Kesehatan Bergambar dan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok. Gorontalo Journal of Public Health, 3(1). https://doi.org/10.32662/gjph.v3i1.932

Hamdan, S. R. (2015). Pengaruh Peringatan Bahaya Rokok Bergambar Pada Intensi Berhenti Merokok. MIMBAR Jurnal Sosial Dan Pembangunan.

Hutabarat, E. N., Rochad, R. K., & Aulia, D. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI INDIVIDU TENTANG PERINGATAN BAHAYA MEROKOK PADA BUNGKUS ROKOK TERHADAP PERUBAHAN SIKAP PEROKOK AKTIF DI LINGKUNGAN XXVII KELURAHAN PEKAN LABUHAN KECAMATAN MEDAN LABUHAN. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, Dan Ilmu Kesehatan, 3(1), 9–20.

Jufri, A. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN PICTORIAL HEALTH WARNING PADA KEMASAN ROKOK TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MEROKOK (Studi Pada Remaja di SMK Negeri 3 Depok). Skripsi, 42.

Siregar, S. F., Siregar, P. A., & Siregar, R. E. (2021). The Effect of Image Message Perception on Cigarette Background and The Intention to Stop Smoking Teenagers. 8(1), 41–50.

Sumardiyani, W. R. (2018). Perokok Remaja Capai 9,1 Juta Jiwa. Pikiran Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-01311722/perokok-remaja-capai-91-juta-jiwa#:~:text=- Jumlah perokok remaja di Indonesia,mencapai 9%2C1 juta jiwa.

Uly, Y. A. (2020). Gambar Peringatan pada Bungkus Rokok Efektif Kurangi Perokok, Ahli Jelaskan Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Gambar Peringatan pada Bungkus Rokok Efektif Kurangi Perokok, Ahli Jelaskanâ€, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/re. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/15/180300323/gambar-peringatan-pada-bungkus-rokok-efektif-kurangi-perokok-ahli-jelaskan?page=all

WHO. (2020). Pernyataan: Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020. Https://Www.Who.Int/. https://www.who.int/indonesia/news/detail/30-05-2020-pernyataan-hari-tanpa-tembakau-sedunia-2020




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28226

Flag Counter    Â