Hubungan Implementasi Pendidikan Karakter dengan Konsep Diri di SD Plus Al-Ghifari

Muhamad Fadlilah Panji Subroto, Dewi Sartika, Nanan Nuraini

Abstract


Abstract. Character education is a deliberate effort to help someone so that he can understand, pay attention to, and practice ethical values, so that understanding and implementing character education can influence students' self-concepts. Besides that, self-concept is a person's description of himself. This research was conducted to determine the relationship between the implementation of character education and self-concept in grade V and VI SD Plus Al-Ghifari Bandung City. This study aims to examine the effect and significance of the relationship between the implementation of character education and self-concept in grade V and VI SD Plus Al-Ghifari in Bandung, which was conducted on 170 respondents. This study uses a measuring tool for the implementation of character education from Febrian Nur Al Fajri and self-concept from Muhammad Abdul Aziz Robbani. This research data processing using the Spearman rank analysis technique. The results of this study indicate that the implementation of character education with self-concept has a significant positive relationship with 0.000, which means less than 0.05 and an r value of 0.798.

Keywords : Character Education, Self-Concept, Student.

Abstrak. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika, sehingga dengan memahami dan menerapkan pendidikan karakter dapat mempengaruhi konsep diri siswa. selain itu konsep diri merupakan gambaran seseorang mengenai dirinya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan natara implementasi pendidikan karakter dengan konsep diri pada siswa kelas V-VI SD Plus Al-Ghifari Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keeratan dan signifikansi hubungan dari implementasi pendidikan karakter dengan konsep diri pada siswa kelas V-VI SD Plus Al-Ghifari Kota Bandung dan dilakukan pada 170 responden. Penelitian ini menggunakan alat ukur implementasi pendidikan karakter dari Febrian Nur Al Fajri dan konsep diri dari Muhammad Abdul Aziz Robbani. Analisis data penelitian ini menggunakan Teknik analisis rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan karakter dengan konsep diri memiliki hubungan positif yang signifikan dengan 0.000 yang berarti lebih kecil dari 0.05 dan dengan nilai r sebesar 0.798

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Konsep Diri, Siswa.



Keywords


Pendidikan Karakter, Konsep Diri, Siswa

Full Text:

PDF

References


Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Al Ulum, 14(1), 269–288. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=175387&val=6174&title=PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character)

Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20–38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750

Riko, R., Lestari, F. A. P., & Lestari, I. D. (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Konsep Diri Peserta Didik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.30998/sap.v4i2.4448

Shavelson, R. J., & Bolus, R. (1982). Self concept: The interplay of theory and methods. In Journal of Educational Psychology (Vol. 74, Issue 1, pp. 3–17). https://doi.org/10.1037/0022-0663.74.1.3

Sihotang, H., & Datrix, S. (2018). Character education in schools baccalaureate. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 192. https://doi.org/10.26539/1387

Tannir, A., & Al-hroub, A. (2013). Effects of Character Education on the Self-Esteem of. International Journal of Special Education, 28(2), 1–14.

Teratai, S. D. N., S, D. F. C., Si, M., S, A. R. K., Pd, M., & Melinda, L. G. (2019). Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi. 4(2), 137–145.

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26896

Flag Counter    Â