Hubungan Hardiness dengan Stres pada Ibu dalam Mendampingi Anak MI Al-Islam Belajar di Rumah

Saeful Islam Restu Fajri, Ria Dewi Eryani

Abstract


AbstractThe occurrence of the Covid19 pandemic requires students grades 1-3 at Al-Islam primary school, Arjasari District, Bandung Regency to carry out their learning activities at home. With the change in learning activities, many mothers object and complain about having to accompany their children while studying at home. some of them feel frustrated, annoyed, dizzy, irritable when guiding children to learn. However, of the many mothers who complain, some mothers can shows a hardiness personality. Hardiness is a pattern of attitude that causes individuals to be able to turn stressful conditions into opportunities for growth and development. This study aims to determine how closely the relationship between hardiness and stress is. The purpose of this study was to determine how closely the relationship between hardiness and stress on mothers in accompanying Al-Islam primary school children learning at home. This research method uses a quantitative approach with a correlational research type. The subjects in this study were 67 mothers who assisted their children to study at home. The measuring instrument used in this study is a hardiness measuring tool made based on the theory of Kobasa and Maddi and a stress measuring instrument Perceived Stress Scale-10 (PSS-10). The results showed the correlation coefficient between hardiness and stress was -0.489 and a significance coefficient of 0.00. This shows that there is a strong, significant, and negative relationship between hardiness and stress.

Keywords Hardiness, stress, mother, accompanying learning.

Abstrak­.Terjadinya pandemi Covid19 mengharuskan siswa kelas bawah (kelas 1-3) di MI Al-Islam Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan belajarnya dirumah. Dengan berubahnya kegiatan belajar ini, banyak ibu yang merasa keberatan dan mengeluh karena harus mendampingi anak selama belajar dirumah. diantaranya ada yang merasa lelas, kesal, pusing, cepat marah ketika membimbing anak belajar. Namun dari banyaknya ibu yang mengeluh, ada beberapa ibu yang menunjukan kepribadian hardiness. Hardiness adalah pola sikap yang menyebabkan individu mampu mengubah kondisi yang penuh tekanan menjadi peluang untuk tumbuh dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara hardiness dengan stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan Hardiness  dengan stress pada ibu dalam mendampingi anak MI Al-Islam belajar dirumah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah 67 ibu yang mendampingi anak belajar dirumah. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat ukur hardiness yang dibuat dengan berdasarkan teori dari Kobasa dan Maddi dan alat ukur stress Perceived Stress Scale-10 (PSS-10). Hasil penelitian menunjukan koefisien korelasi antara hardiness dengan stress adalah -0,489 dan koefisien signifikansi sebesar 0,00. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat, signifikan, dan negatif antara hardiness dengan stres.

Kata Kunci : Hardiness, Stres, Ibu, mendampingi belajar.

Keywords


hardiness, stres, ibu, mendampingi belajar

Full Text:

PDF

References


American Psychological Association. (2012). Stress by Generation. Stressinamerica.Org, 19–21.

Apreviadizy, Pirous. (2014). Perbedaan Stres Ditinjau dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja. Jurnal Psikologi Tabularasa. vol 9, no 1.

Astri. Kusuma, F.H.D. & Widiani, E. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stress pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News, 3(1), 348–357.

Brown, S. M., Doom, J. R., Lechuga-Peña, S., Watamura, S. E., & Koppels, T. (2020). Stress and parenting during the global COVID-19 pandemic. Child Abuse and Neglect, (August). https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2020.104699

Cohen, S., & Deverts, D. J. (2012). Who ’ s Stressed ? Distributions of Psychological Stress in the United States in Probability Samples from. Journal of Applied Social Psychology, 1320–1334. https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.2012.00900.x

Cohen, S., Kamarck, T., & Mermelstein, R. (2013). Stress A Global Measure of Perceived. 24(4), 385–396.

Cohen, S., Kessler, ronald C., & Gordon, L. U. (1997). MEASURING STRESS. New York: OXFORD UNIVERSITY PRESS.

Gaol, Nasib Tua Lumban. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi. Vol.24. No.1, 1-11

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Pusat, P. (2020). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Peraturan Pemerintah (PP). https://doi.org/10.1201/9781420065121

Rajab, M. (2020). Pendidikan di Tengah Pusaran Wabah Corona. Retrieved June 22, 2020, from Detiknews website: https://news.detik.com/kolom/d-4945590/pendidikan-di-tengah-pusaran-wabah-corona

Sadaghiani, N. S. K. (2011). The role of hardiness in decreasing the stressors and biological, cognitive and mental reactions. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 2427–2430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.474

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887

Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of Covid-19 Pandemic in Indonesia. 2(3), 1–12. https://doi.org/10.200609/ijsoc.v2i3.117

WHO. (2020). Pertanyaan jawaban terkait COVID-19 untuk publik. Retrieved June 21, 2020, from https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25608

Flag Counter