Studi Deskriptif Pola Asuh Ibu dari Anak di Tempat Penitipan Anak (TPA) Kota Bandung

Yusri Nur 'Alimah, Yuli Aslamawati

Abstract


Abstract. The mother is a family member who determines the growth and development of children under five, especially on their physical, social and emotional levels, which depend on the quantity and quality of relationships between children and parents, patterns of educating children, giving attention and fulfilling what the child needs (MOH, 2009b ). Because mothers are busy working, mothers choose to entrust their children to the Child Care Center rather than family or babysitters, because they are considered more trustworthy in caring for and providing education. Even though it has been entrusted to a good party, the role of the mother is still important in the growth and development of children. The purpose of this study was to obtain an overview of the mother's upbringing of children in child care centers (TPA) in the city of Bandung. The research method used is descriptive, with accidental sampling technique and the number of respondents is 63 mothers. Data collection was carried out through a standard measuring instrument questionnaire from Robinson, Mandleco, Olsen, Hart (1995). The results showed that the description of the type of parenting style of mothers from children in TPA in Bandung City was mostly authoritative parenting, namely 56%. Based on the three themes that have been grouped, it is known that the description of the parenting style of mothers of children in TPA in Bandung is dominated by authoritative accompanied by authoritarian tendencies.

Keywords : Parenting Style, Mother, Daycare.

Abstrak.  Ibu adalah seorang anggota keluarga yang menjadi penentu pertumbuhan serta perkembangan balita, utamanya pada fisik, sosial serta emosionalnya, yang bergantung pada kuantitas serta kualitas dari antarhubungan anak serta orangtua, pola mendidik anak, memberikan perhatian dan memenuhi yang dibutuhkan anak tersebut (Depkes RI, 2009b). Karena ibu memiliki kesibukan bekerja, Ibu memilih menitipkan anaknya pada Tempat Penitipan Anak dibandingkan pada keluarga ataupun babysitter, karena dianggap lebih dapat dipercaya dalam merawat dan memberikan pendidikan. Walaupun sudah dititipkan pada pihak yang baik, peran Ibu tetaplah penting pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai pola asuh Ibu dari anak di tempat penitipan anak (TPA) di kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan teknik sampling  accidental dan jumlah responden sebanyak 63 Ibu. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner alat ukur baku dari  Robinson, Mandleco, Olsen, Hart (1995). Hasil penelitian didapatkan bahwa gambaran tipe pola asuh ibu dari anak di TPA  Kota Bandung, paling banyak adalah pola asuh authoritative yakni 56%. Berdasarkan ketiga tema yang telah dikelompokkan, diketahui bahwa gambaran pola asuh ibu dari anak di TPA kota Bandung adalah didominasi oleh authoritative disertai kecenderungan authoritarian.

Kata Kunci : Pola Asuh, Ibu, Tempat Penitipan Anak.


Keywords


Pola Asuh, Ibu, Tempat Penitipan Anak.

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orangtua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). 33-48.

Alifaah, M., A., N., & Aslamawati, Y. (2018). Hubungan Persepsi Parental Involvement Dalam Pendidikan dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMP “X” Kota Bandung. Bandung. Universitas Islam Bandung: Fakultas Psikologi.

Alodokter. (2018). Pilih Babysitter atau Daycare? Ini Kelebihan dan Kekurangannya. Diakses pada 17 Juli 2020, dari https://www.alodokter.com/pilih-babysitter-atau-daycare-ini-kelebihan-dankekurangannya#:~:text=Beberapa%20kelebihan%20jika%20anak%20berada,memasak%20khusus%20untuk%20si%20Kecil.&text=Beberapa%20daycare%20menyediakan%20fasilitas%20agar,memantau%20kegiatan%20anak%20secara%20daring.

Aslamawati, Yuli., Nurlaili Wangi, Aryani Ramli. (2020). Laporan Kemajuan Penelitian Survei PSGA UNISBA : Pola Asuh Orang Tua Generasi Millenial, Program Kerja Day Care dalam Pembentukan Karakter Positif Anak, LPPM UNISBA.

Azwar, Saifuddin. (2017). Metode Penelitian Psikologi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. --- : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Baumrind, Diana. (1971). Current patterns of parental authority. Developmental Psychology, 4(1, Pt.2), 1–103. https://doi.org/10.1037/h0030372.

Departemen Kesehatan RI. (2009b). Pedoman Penggunaan Kartu Menuju Sehat (KMS) Balita. Jakarta : Direktorat Bina Gizi Masyarakat, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Departemen Kesehatan RI.

Engelhard, Einat., Klein, Pnina S., Yablon, Yacoov B. (1995). Quality care at home and in tempat penitipan anak and social behaviour in early childhood. Early Child Development and Care, 184:7, 1063-1074, DOI: 10.1080/03004430.2013.842563.

Giallo, Rebecca., Treyvaud, Karli., Cookin, Amanda., Wade, Catherine. (2012). Mother’s And Father’s Involvement In Home Activities With Their Children: Psychosocial Factors And The Role Of Parental Self Efficacy. Early Child Development and Care, 184:7, 1063-1074, DOI: 10.1080/03004430.2013.842563

Hidayah, Nurul., Prabowo, Tri., Najmuna, Army. Pola Asuh Ibu Berhubungan dengan Tingkat Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah di TK Al Farabi Yogyakarta. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 1(2). 48-54.

Hsu, Hsien-Yuan., Zhang, Dalun., Kwok, Oi-Man., Li, Yan., Ju, Song. (2010). Distinguishing the Influences of Father’s and Mother’s Involvement on Adolescent Academic Achievement: Analyses of Taiwan Education Panel Survey Data. The Journal of Early Adolescence, Volume 20 No10, DOI : 10.1177/0272431610373101.

Ismawati. ----.8 Ciri Pola Asuh Anak Dari Orang Tua Milenial. Diakses pada 16 Juli 2020, dari https://www.ibupedia.com/artikel/keluarga/8-ciri-pola-asuh-anak-dari-orang-tua-millennial

Joni. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di PAUD Al-Hasanah Tahun 2014. Jurnal PAUD Tambusai, 1(1). 42-48.

Kusdiyati, S., Sirodj, D., A., N., & Aslamawati, Y. (2019). The Influence of Parental Support on Student Engagement through Self-System Processes. Bandung. Universitas Islam Bandung: Fakultas Psikologi.

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri : Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung : Jauhar Mandiri.

Robbiyah., Ekasari, Diyan., Witarsa, Ramdhan. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi. 2 (1). 74-81.

Robinson, CC., Mandleco, B., Olsen, SF., Hart, CH. (1995). Authoritative, Authoritarian, And Permissive Parenting Practices: Development Of A New Measure. Provo: Brigham Young University

Sri Asri, IGAA. (2018). Hubungan Pola Asuh Ibu Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1). 1-9.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trisna, Aulia. (2014). 6 Manfaat daycare untuk anak. Diakses pada 17 Juli 2020, dari https://www.motherandbaby.co.id/article/2014/3/35/1743/6-Manfaat-Daycare-untuk-Anak.

Yanuar Jatnika. (2018). Pembiasaan di Rumah Dukung Kesuksesan Anak. Diakses pada 17 Juli 2020, dari https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=4533.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24440

Flag Counter