Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Psikologi UNISBA Dengan KBK

Sari Savira, Agus Budiman

Abstract


Abstract. There are 122 college student among 178 Psychology Bandung Islamic Univeristy students that require more time of study than 4 years. They’re having a hard time in managing emotions while doing academic performance, they easily  feel uneasy when interacting with lecturer, they’re having a hard time with managing & motivating themselves in achieving their study goals. These things are indicating emotional intelligences’ aspects. Emotional Intelligence is student character based factor that can impact academic achievement (Cruickshank, 1990, dan Goleman, 1995). The aim is to determine the relationship of emotional intelligence and academic achievement in Psychology Bandung Islamic University with Competency Based Curriculum student who need time of study more than 4 years. The measuring instrument are using instrument that constructed from Goleman’s Emotiona Intelligence concept (1995) with Alpha Cronbach’s score = 0.960. The research method used cross sectional and Rank Spearman correlations with 73 college students as participants. The result of the correlation coeffient is -0.234* (significancy α= 0.05), indicating a weak significant relationship.the negative correlation number indicates that the lower the emotional intelligence, the higher the academic achievement. However, the analysis descriptive result shows that the higher aspect of self awareness and empathy in students goes along with the higher GPA of students. Thus, this research concludes that there’s a relationship between emotional intelligence and academic achievement among psychology Bandung Islamic University with Competency Based Curriculum students. 

Keywords : Emotional Intelligence, Goleman, Academic Performance, Competency Based Curriculum .

Abstrak. Sebanyak 122 dari 178 mahasiswa Psikologi UNISBA 2019/2020 dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi membutuhkan waktu studi lebih dari 4 tahun untuk menyelesaikan studi. Mahasiswa tersebut merasa kesulitan dalam mengelola rasa emosional saat belajar dan mengerjakan tugas, tertekan bila berinteraksi dengan dosen, kesulitan  mengelola diri dan memotivasi diri dalam menyelesaikan pendidikan. Hal-hal tersebut terindikasi ke dalam aspek kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merupakan faktor karakter mahasiswa yang dapat mempengaruhi proses belajar dan prestasi akademik (Cruickshank, 1990, dan Goleman, 1995). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik pada mahasiswa Psikologi UNISBA KBK yang menjalani studi lebih dari 4 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Kecerdasan Emosional yang dikonstruk berdasarkan Goleman (1995) dengan hasil Alpha Cronbach = 0.960. Metode penelitian dengan cross sectional, perhitungan korelasi Rank Spearman, dan responden sebanyak 73 mahasiswa. Hasil koefisien korelasi sebesar -0.234* (signifikansi α =0.05), menunjukkan adanya hubungan yang signifikan secara lemah. Angka korelasi negatif menunjukkan bahwa semakin rendah kecerdasan emosional, maka semakin tinggi prestasi akademik. Adapun hasil analisis deskriptif menunjukkan tingginya aspek self awareness dan empathy pada mahasiswa bersamaan dengan tingginya IPK mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik mahasiswa Psikologi UNISBA dengan KBK.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Goleman, Prestasi Akademik, Kurikulum Berbasis Kompetensi


Keywords


Kecerdasan Emosional, Goleman, Prestasi Akademik, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Emotional Intelligence, Academic Achievement

Full Text:

PDF

References


Ardian, B. (2016) Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Self Efficacy dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Indonesia. Skripsi. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20308724-SpdfBatara%20Ardian.pdf

Carmelia, Talissa, Tiatri, Sri, Wijaya, Erik. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Prestasi Akademik dengan Job Performance pada Mahasiswa Aktif Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Vol.1,No.2, Oktober 2017: hlm.184-197 http://dx.doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.918

Ceha, R., Yudiansyah, E. Widiarso, A., Bachtiar, I., Heni N., Mumung, S., Sucipto, E., Halimah, L., Rosiana, D., Fatmawati, M., Fitriani, R. (2015). Buku Pedoman Akademik Mahasiswa Universitas Islam Bandung 2015/2016.

Christensen, L.B., Johnson, B. & Turner, L. (2014) Research Methods, Design and Analysis. 14th ed. Pearson Higher Ed USA.

Cruickshank, Donald R. (1990) Research that Informs Teachers and Teachers Educators. Information Analyses. Phi Delta Kappa, Bloomington, Ind. ISBN-0-87367-446-4 https://eric.ed.gov/?id=ED325476

D. Culver, "A review of Emotional Intelligence by Daniel Goleman: implications for technical education," FIE '98. 28th Annual Frontiers in Education Conference. Moving from 'Teacher-Centered' to 'Learner-Centered' Education. Conference Proceedings (Cat. No.98CH36214), Tempe, AZ, USA, 1998, pp. 855-860 vol.2, doi: 10.1109/FIE.1998.738818.

Fayombo, Grace A. (2012). Relating emotional intelligence to academic achievement among university students in Barbados. The International Journal of Emotional Education. 2012, Vol. 4(2), p. 43-54 https://www.um.edu.mt/library/oar/handle/123456789/6141

Fariselli, Lorenzo., Ghini, Massimiliani., Freedman, Joshua., (2006). Age and Emotional Intelligence. White Paper: Research on Emotional Intelligence.

Ghufron, Anik (2007). Pemutakhiran Kurikulum di Perguruan Tinggi. Cakrawala Pendidikan Tahun XXVI, No.1, Hal.105-120. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8550

Goleman (1995). Why it can more matter than IQ. Bloomsburg Pres. http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=73b80f86bbc2290531537b7820b4cb74

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan, Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Kaimuddin, Kaimuddin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Al-Ta'dib, vol. 8, no. 1, Jun. 2015, pp. 19-38. http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/391

Kunaefi, T. D., Sailah, I., Dewajani, S., Endrotomo, Mursid, SP., Harsono,M., Djajanto, L., Padmuji, A., & Sarjadi. (2008). Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi DOI: http://lldikti3.ristekdikti.go.id/html/wp-content/uploads/2011/04/BUKU-Panduan-KBK.pdf

Lanawati, Sri. (1999). Hubungan Antara Emotional Intelligence dan Intelectual Quetion dengan Prestasi Belajar Siswa SMU. Tesis. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Lanawati, Sri.(2005). Pengaruh Inteligensi, Kreativitas, Kecerdasan Emosional dan Kepribadian terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Disertasi. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Parker, James D.A, Duffy, John M., Wood, Laura M., Bond, Barbara J., Hogan, Marjorie J. (2005). Academic Achievement a nnd Emotional Intelligence: Predicting The Successful Transition from High School to University. Journal of The First-Year Experience, 2005, Vol. 17, No. 1 p. 67-78. A

Petrides, K.V., Frederickson, Norah., Furnham, Adrian. (2002). The Role of Trait Emotional Intelligence in Aacademic Performance and Deviatn Behaviour at School. Pergamon. Personality and Individual Difference 36 (2004) 277-293

PERMENSRISTEKDIKTI Pasal 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pasal 3 Ayat 3 Hal. 6. (Kem.Ristekdikti RI) https://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/2015/PERMENRISTEKDIKTI_Nomor_44_Tahun_2015_SNPT.pdf

Preeti, B. (2013). Role of Emotional Intelligence for Academic Achievement for Students. Research Journal of Educational Sciences Vol.I (2),8-12, May (2013) ISSN 2321-0508. https://www.semanticscholar.org/paper/Role-of-Emotional-Intelligence-for-Academic-forPreeti/decaf265f1fb1df8bf50f6a9d2147c2336b3c35

Psikologi Universitas Islam Bandung. Program Sarjana (2019, November 29). https://psikologi.unisba.ac.id/program-sarjana/

Puspitasari, Nur Rizky. (2014). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Rahayu, Makmuroh Sri. (2003). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Akademis pada Wisudawan terbaik tiap-tiap program studi di Universitas Islam Bandung. Ethos Vol.I No. 1 Jan-Jun 2003: 12-21. https://doi.org/10.29313/ethos.v1i1.1605

Rahmansyah, Septiadhi. (2014). Studi Komparatif mengenai Profil Tes Paui Mahasiswa dengan IPK <2,75 dan Mahasiswa dengan IPK >2,75 di angkatan 2011.Skripsi. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/4728?show=full

Rahmah, Alvia. (2016) Hubungan antara Kecerdasa Emosional dengan Positivve Well Being. Skripsi Fakultasi Psikologi Universitas Indonesia http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20308724-SpdfAlvia%20Rahmah.pdf

Ramdani, Rizki Ridwan, Kontribusi Fase Self-Regulateed Learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Psikologi Angkatan 2012 Universitas Islam Bandung. Skripsi. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1145

Santrock, John W. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup Jil.II Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Sapnas KG, Zeller RA. (2002). Minimizing sample size when using exploratory factor analysis for measurement. J Nurs Meas. 2002;10(2):135-154. doi:10.1891/jnum.10.2.135.52552

Saragih, Jesica Handayanita., Valentina, Tience Debora. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan Di Lingkungan Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 2, n. 2, oct. 2015. ISSN 2654-4024. DOI:https://doi.org/10.24843/JPU.2015.v02.i02.p13

Silalahi, Ulber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.

Suryana, Ari Hariadi. (2006).Studi Survai mengenai hasil Psikotes Pauli dan IST ujiang saringan mauk sebagai predictor keberhasilan prestasi akademik pada mahasiswa Psikologi angkatan 2003 di Universitas Islam Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung. http://elibrary.unisba.ac.id/files2/09.1387.pdf

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi (Pemerintah Pusat). Hal. 28 Par.2. Pasal 35 Ayat 1 (RI). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012

Universitasi Islam Bandung profil (2019, November 24) https://www.unisba.ac.id/mujahid-mujtahid-mujaddid-3m/

Universitasi Islam Bandung Profil Fakultas Psikologi (2019, November 24) https://www.unisba.ac.id/psikologi/

Wahyuningsih, Amalia S. (2004). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Wiegati, Lutfiana Nisa. (2013). Hubungan Executive Function dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Skripsi. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Wiener, Irving B. (2003). Handbook of Psychology. Vol.7 Educational Psychology. John Wiley & Sons, Inc.

Yahaya, Azizi, Ee Ng Sar., Bachok, Juriah D.J., Yahaya,N., Boon, Yusof, Hashim, Shahrin, Lee, Goh Mo. (2012). The Impact Of Emotional Intelligence Element on Academic Achievement. Archives Des Science Vol.65 No.4; Apr 20




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24396

Flag Counter