Hubungan Stress Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Masa Pandemi

Iman Maharani, Agus Budiman

Abstract


Abstract. Academic stress is a phenomenon that weakens students who are working on their thesis. Especially during this pandemic. Government policies make it increasingly difficult to work on a thesis. This results in academic stress. Academic stress can measure and influence one of the behaviors, is academic procrastination. The purpose of this study is to determine whether there is a relationship between academic stress and academic procrastination in students who are working on their thesis during the Corona Virus pandemic. The population in this study were students of the Faculty of Psychology in Islamic University of  Bandung (UNISBA) who are working on their thesis as many as 177 students. The research sample of 100 students was obtained using random sampling technique. The data were collected using a measuring instrument in the form of a questionnaire that had been constructed by Rizka Hadian Permana.,S.Psi.,M.Psi and Lilim Halimah.,BHSc.,MHSPY based on Sarafino's theory (in Sarafino & Smith, 2011) and the Academic Procrastination questionnaire that have been constructed by Muhammad Sholihin.,S.Psi which is based on Ferarri's theory (in Ferrari, Joseph R., Judith L. Johnson, William G. McCown. ,1995). This research is analyzed using simple correlation analysis. The results of the analysis show that there is a negative relationship between academic stress and academic procrastination in Psychology students who are working on their thesis at the Islamic University of Bandung (UNISBA) during the Corona Virus Pandemic, with a significance value of 0.002, which means less than 0.05 (0.002 <0.05). So it can be if academic stress has increased then academic procrastination will decrease, and So is, if academic stress has decreased then academic procrastination will increase. Keywords: Academic Stress, Academic Procrastination, Psychology Students, Thesis, Corona Virus Pandemic

Abstrak. Stress akademik merupakan fenomena yang dialami oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Terutama dalam masa pandemi ini. Adanya kebijakan pemerintah menyebabkan semakin sulitnya pengerjaan skripsi. Hal tersebut mengakibatkan Stress akademik. Stress akademik dapat dipengaruhi dan di mempengaruhi salah satu perilaku yaitu prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang antara stress akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dalam masa pandemi Virus Corona. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung (UNISBA) yang sedang mengerjakan skripsi sebanyak 177 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 100 mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan Teknik random sampling. Data diambil menggunakan alat ukur berupa kuesioner yang telah dikontstrukikan oleh Rizka Hadian Permana.,S.Psi.,M.Psi dan Lilim Halimah.,BHSc.,MHSPY berdasarkan teori Sarafino (dalam Sarafino & Smith, 2011) dan kuesioner Prokrastinasi Akademik dengan jumlah 19 item  yang telah dikonstruksikan oleh Muhammad Sholihin.,S.Psi yang berdasarkan pada teori Ferarri (dalam Ferrari, Joseph R., Judith L. Johnson, William G. McCown. ,1995). Penelitian ini di analisis dengan menggunakan analisis korelasi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa Terdapat hubungan negatif antara stress akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Islam Bandung (UNISBA) dalam masa Pandemi Virus Corona, dengan nilai signifikansi sebesar 0.002, yang berarti lebih kecil dari 0.05 (0,002 < 0,05). Sehingga dapat apabila stress akademik mengalami peningkatan maka prokrastinasi akademik akan mengalami penurunan, begitu pula sebaliknya, jika stress akademik mengalami penurunan maka prokrastinasi akademik akan peningkatan.

Kata Kunci : Stress Akademik, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Psikologi, Skripsi, Pandemi Virus Corona


Keywords


Stress Akademik, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Psikologi, Skripsi, Pandemi Virus Corona

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A & E.S Indrawati. 2015. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Santri Asrama Mts Pondok Pesantren Pabelan Magelang. Empati, vol. 2, no. 4, pp. 33-42, Jan. 2015.

Armsden, G. & Greenberg, M. T (1987). The inventory of parent and peer attachment: Individual differences and their relationship to psychological well-being in adolescence. Journal of youth and adolescence, 16(5), 427-454

Bandura, A, (1989). Self-efficacy mechanism in physiological activation and health-promoting behavior. In J. Madden, S. Matthysse, & J. Barchas (Eds.), Adaptation, learning and affect (pp. 1169-1188). New York: Raven.

Barrocas, A. L. (2009). Adolescent attachement to parents and peers. Diunduh pada tanggal 2 Agutus 2020 darihttp://www.marial.emory.edu/pdfs/barrocas%20thesisfinal.doc

Berinato, S (2020) That Discomfort You’re Feeling Is Grief . Harvard Business Review. (Hrb.org)

Bressert, S. 2016. The impact of stress. Psych Central. Diunduh dari https://psychcentral.com/lib/the-impact-of-stress.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., Zheng, J., 2020. The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Res. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934.

Cox, T. 1978. Stress. London: The Macmillan Press LTD.

Farisa, F.C., Deti, M.P., & Dian, E.N (2020). NasionalKompas.com : UPDATE: Total Ada 93.657 Kasus Covid-19 di Indonesia, Bertambah 1.906. https://nasional.kompas.com/read/2020/07/23/16000631/update-total-ada-93657-kasus-covid-19-di-indonesia-bertambah-1906?page=all. Diakses pada tanggal 25 Juli 2020.

Ferrari, Joseph R., Judith L. Johnson, William G. McCown. 1995. Procrastination and Task Avoidance, Theory, Research, and Treatment. New York and London: Plenum Press

Ferrari, J.R., Keane, S.M., Wolfe, R.N., & Beck, L.B. 1998. The Antecedents And Consequences Of Academic Excuse-Making: Examining Individual Differences In Procrastination. Research In Higher Education.

Fikri, H.T. 2017. Hubungan Antara Stress Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Putra Indonesia “Yptk” Padang Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Majalah Ilmiah Upi Yptk.

Gadzella, B. M., &Balolu, M. 2001.Confirmatory Factor Analysis And Internal Consistency Of The Student-Life Stress Inventory. Journal Of Instructional

Halodoc.com : Corona Virus. https://www.halodoc.com/kesehatan/coronavirus .Diakses pada tanggal 25 Juli 2020.

Heiman Dan Kariv. 2005. Task-Oriented Versus Emotion-Oriented Coping Strategies: The Case Of College Students. College Student Journal.

Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan.Jakarta : Erlangga.

Imansyah, Y & I. Setyawan. 2019. Peran Konformitas Teman Sebaya Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Laki-Laki Ma Boarding School Al-Irsyad," Empati, vol. 7, no. 4, pp. 233-237, Mar. 2019

Joseph, A, DeVito. 1989. The Interpersonal Communication Book, Professional Book, Jakarta

Kementrian Luar Negeri, Kedutaan Besar Republik Indonesia Di Brussels, Belgia, Luksemburg Dan Uni Eropa : Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia Terkait Wabah Covid-19. Https://Kemlu.Go.Id/Brussels/Id/News/6349/Kebijakan-Pemerintah-Republik-Indonesia-Terkait-Wabah-Covid-19 . Diakses pada tanggal 25 Juli 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020) Ini Deretan Perubahan Kebijakan Pendidikan Selama Masa Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/ini-deretan-perubahan-kebijakan-pendidikan-selama-masa-covid19 Diakses pada tanggal 28 Juli 2020

Lay, C.H. 1995. Trait Procrastination,Agitation,Dejection,And Self Discrepancy.In J.R.Ferrari, J.A.Johnson&W.G.M Cown(Eds).Procrastination And Task Avoidance:Theory.Research,And Treatment. New York : Plenmum Publications.

Lee, S.A (2020) Replication analysis of the Coronavirus Anxiety Scale. Death Stud

Lilis, E & Diana, R (2015) Dukungan Sosial Orang Tua Dan Stres Akademik Pada Siswa Smk Yang Menggunakan Kurikulum 2013. Jurnal Empati

Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi. Edisi Sepuluh. Alih bahasa oleh Yuwono, V. A., dkk. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Milgram, N. 1991. Procrastination: Encyclopedy Of Human Biology. New York: Academic Press.

Milgram, N. & Tenne, R. 2000.“Personality Correlates Of Decisional And Task Avoidant Procrastination”.European Journal Of Personality.

Mulya, H A., & Endang, S I . (2016) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang . Jurnal Empati

Octafiani, I.A., Aspin & Sitti, M.K. 2020. Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Perilaku Prokrastinasi Pada Mahasiswa Fkip Uho Yang Sedang Menyusun Skripsi . SUBLIMAPSI

Olejnik, S.N Dan Holschuh, J.P. 2007. College Rules 2nd Edition How To Study, Survive, And Succes. New York: Ten Speed Press.

Oman, D., Shauna, L.S., Carl, E.T., Thomas, G.P & Tim Flinders BA .2010. Meditation Lowers Stress and Supports Forgiveness Among College Students: A Randomized Controlled Trial. Journal of American Collage Health.

Pratiwi, E.W. (2020) Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia . Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Permana, RH & Lilim, H. 2019. Alat Ukur Stress Akademik, Psikologi Universitas Islam Bandung.

Purwati, M & Amalia, R (2018) Hubungan Antara Kelekatan Pada Teman Sebaya Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati

Putri, S.A & Dian, R.S (2017) Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Taruna Tingkat Ii Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang . Jurnal Empati

Roosdianto, W (2015) Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Semarang. Unika Repository

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. 2017. Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52

Santrock, J.W. 2011. Life-Span Development : Perkembangan Masa Hidup Edisi ke-13 Jilid I. Erlangga.

Sarafino, E. Smith, T. 2011. Health Psychology Biopsychosocial Interactions. (USA: The College of New Jersey, University of Utah.

Sardogan E. M., Kaygusuz, C. ve Karahan, T. F. 2006. “A Human Relations Skills Training Program, University Students’ Internal locus of control Levels”, Mersin University Journal of the Faculty of Education, 2 (2), 184-194.

Sapnas, KG & Richard, AZ. 2002. Minimizing Sample Size When Using Exploratory Factor Analysis For Measurement. Journal of Nursing Measurement.

Syarkiki, H and J. Ariati (2015) . Hubungan Antara Problem Focused Coping Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xii Sma Islam Hidayatullah Semarang. Empati, vol. 3, no. 4, pp. 235-244, Jan. 2015.

Selye, H (1984) The Stress Of Life. New York : McGraw Hill

Setiawan, M. 2019. Kompasiana.com : Membumikan Kembali Kata Akademik. https://www.kompasiana.com/mahbub-s/5c7399d5aeebe14d7413773c/membumikan-kembali-kata-akademik?page=all .Diakses tanggah 7 Juli 2020.

Sholihin, M. 2009. Alat Ukur Prokrastinasi Akademik. www.academia.ac.id

Schultz, D.& Schultz, E. S. 2010. Psychology and work today (10 edition). New York: Pearson.

Sri Santika, W and D.R Sawitri. 2017. Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Purwokerto, Empati, vol. 5, no. 1, pp. 44-49, Jan. 2017.

Subramaniam, V. 2015. Hubungan Antara Stres Dan Tekanan Darah Tinggi Pada Mahasiswa. Intisari Sains Medis. Https://Doi.Org/10.15562/Ism.V2i1.74

Suherman, M.M., Siti, F.,Euis, E.R.,Ragil, A.A.D & Riska, H (2019) Hubungan Internallocus Of Control Dengan Stres Akademik Siswa Sman 2 Cimahi. Jurnal Psikodidaktika.

Syarkiki, H and J. Ariati. 2015. Hubungan Antara Problem Focused Coping Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xii Sma Islam Hidayatullah Semarang. Empati, vol. 3, no. 4, pp. 235-244, Jan. 2015.

Solomon, L. J., Rothblum, E. D. 1984. Procrastination Assessment Scale Students. Dalam M. Hersen & A. S. Bellack. Dictionary of Behavioral Assessment Techniques. New York: Pergammon Press

Tuckman, B. W. 1991. “The Development And Concurrent Validity Of The Procrastination Scale”. Educational And Psychological Measurement.

Undang-Undang no 2 tahun 1989, pasal 16 ayat 1. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/1989/2TAHUN~1989UU.HTM

Undang – Undang no 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Wolters, C.A., Pintrich, P.R., Dan Karabenick, S.A. 2003. Assesing Academic Self- Regulated Learning. Conference On Indicators Of Positive Developmen: Child Trends.

World Health Organization (2020) Coronavirus Disease Covid-19 Pandemic. https://www.who.int/ . Diakses pada tanggal 27 Juli 2020

Yosep, I. 2013. Keperawatan Jiwa (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.

Yulia, P C., Henny, A & Vethy, A . (2015) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dan Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Gejala Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi . Jurnal Professional FIS UNIVED.

Zimet, G. D. (1988). The Multi Dimentional Scale of Preceived SocialSupport.Journal of Personality Sssesment, 52(1), 30-41.

Zimmerman, B. J. 1998. Theories of self-regulated learning and academic achievement: An overview and analysis. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24257

Flag Counter