Hubungan Dukungan Sosial dengan Kepatuhan Pengobatan Antiretroviral (ARV) pada Penderita HIV/AIDS

Fridia Anjani Putri, Agus Budiman

Abstract


Abstract. HIV/AIDS is a desease that until now hasn’t found the cure for it, however, curenttl there has been found a treatment that helps to suppress the number of the viruses in people with HIV/AIDS, it calls antiretroviral treatment. ARV should be consumed every day as directed by a doctor. People with HIV/AIDS are very susceptible to disobedience in taking ARV drugs every day, one of the factors that make people with HIV/AIDS sufferers disobedient is the uncomfortable side effect of the ARV. Social support is an important factor that can help people with HIV/AIDS sufferers remain adherent to the ARV treatment every day. So the purpose of this research are : (1) Obataining empirical data on the relationship between social support with medication adherence for people with HIV/AIDS in Ciamis District. (2) Obtaining empirical data about social support for people with HIV/AIDS in Ciamis District. (3) Obtaining empirical data about medication adherence for people with HIV/AIDS in Ciamis District. This research uses quantitative methods with correlational design. Data collected using the Social Support Questionnaire by Masyithah (2012) based of House’s Social Support Theory (1994) and adapted by  Handayani (2018) which consists of 31 items. For medication adherence data collected using Morisky Medication Adherence Scale (MMAS-8) by Morisky (1986) translated and adapted by Manuaba dan Yasa (2017) according to the conditions of the research subject people with HIV/AIDS which consists of 8 items. The sampling techniques in this study used purposive sampling with 65 respondents. The analytical technique used is the Spearman Rank correlation. The results showed there was a strong positive relationship between social support with medication adherence of 0.783 so that the lower social support the the lowes medication adherence of people with HIV/AIDS in Ciamis District.

Keywords: HIV/AIDS, Social Support, ARV Medication Adherence

Abstrak. HIV/AIDS merupakan penyakit yang sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya, namun saat ini telah ditemukan pengobatan yang dapat membantu untuk menekan jumlah virus penderita HIV/AIDS yaitu pengobatan antiretroviral (ARV). ARV ini harus dikonsumsi setiap hari sesuai anjuran dokter. Penderita HIV/AIDS sangat rentan untuk tidak patuh dalam mengkonsumsi obat ARV setiap harinya, salah satu faktor yang mebuat penderita HIV/AIDS tidak patuh ada efek samping obat ARV yang tidak nyaman. Dukungan sosial merupakan salah satu faktor penting yang dapat membantu penderita HIV/AIDS agar tetap patuh pada pengobatan ARV setiap harinya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendapatkan data empiris mengenai hubungan dukungan sosial dengan kepatuhan pengobatan antiretroviral pada penderita HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis. (2) Mendapatkan data empiris mengenai dukungan sosial penderita HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis. (3) Mendapatkan data empiris mengenai kepatuhan pengobatan antiretroviral (ARV) penderita HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Pegumpulan data dilakukan menggunakan alat ukur dukungan sosial yang dibuat oleh Masyithah (2012) berdasarkan Teori Dukungan Sosial dari House (1994) yang telah diadaptasi kembali oleh Handayani (2018) sesuai dengan subjek penelitian yaitu penderita HIV/AIDS, yang terdiri dari 31 item pertanyaan. Alat ukur kepatuhan Morisky Medication Adherence Scale (MMAS-8) dari Morisky (1986) yang dimodifikasi oleh Manuaba dan Yasa (2017) sesuai kondisi subjek penelitian yaitu pasien HIV/AIDS, yang terdiri dari 8 item pertanyaan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah rank spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat antara dukungan sosial dengan kepatuhan pengobatan antiretroviral (ARV) sebesar 0.783 sehingga semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah kepatuhan pengobatan antiretroviral (ARV) pada penderita HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis.

Kata Kunci: HIV/AIDS, Dukungan Sosial, Kepatuhan Pengobatan Antiretroviral (ARV)

Keywords


HIV/AIDS, Dukungan Sosial, Kepatuhan Pengobatan Antiretroviral (ARV)

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustin, Lusiana. (2018). Hubungan Antara Spritualitas Dengan Kualitas Hidup Pada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Asra, E., Supriyatni, N., & Mansyur, S. (2019). Stigma terhadap Orang dengan HIV dan AIDS ( ODHA ) pada Masyarakat di Kelurahan Kayu Merah Kota Ternate Tahun 2019.

Attari Kurnia. (2018). Dukungan Sosial Pada Penderita HIV/AIDS Atau ODHA.

Bachrun. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Antiretroviral Pada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Baidowi, Khotima, dan Andayani. (2020). Hubungan Dukungan Sosial dan Spiritual Penderita HIV / AIDS dengan Kualitas Hidup Penderita HIV / AIDS.

Banna, Triadi. Inggerid A. Manoppo (2019). Kualitas Hidup Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) Ditinjau dari Kepatuhan Minum Obat Antiretroviral (ARV).

Fajar P.P, Elizabeth, Sorfo, Muchlis A.U. (2013). Hubungan Antara Stadium Klinis, Viral Load dan Jumlah CD4 Pada Pasien Human Immunodeficiency Virus (HIV)/ Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) Di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Firdayanti, Iqma Diah. (2018). “Hubungan Antara Kebersyukuran Dengan Kualitas Hidup Pada ODHAâ€.

Handayani, Nuratri. (2018). "Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Optimisme Yang Dimiliki Oleh ODHA"

Ilmiah. Azizah. Amelia. (2017). Hubungan Konsep Diri dan Tingkat Religiusitas Dengan Kepatuhan Minum Obat ARV Pada Wanita HIV Positif.

Karyadi. (2017). Keberhasilan Pengobatan Antiretroviral (ARV).

Kim, et.al. (2014). Adherence to antiretroviral therapy in adolescents living with HIV: systematic review and meta-analysis. AIDS. 2014 Aug 24;28(13):1945-56. doi: 10.1097/QAD.0000000000000316.

Kusuma, Henni. (2011). "Hubungan Antara Depresi Dan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas HidupPasien HIV/AIDS Yang Menjalani Perawaran Di RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta".

Latif, Fachri. Maria, Ida Leida. Syafar, Muhammad. (2014). "Efek Samping Obat terhadap Kepatuhan Pengobatan Antiretroviral Orang dengan HIV/AIDS"

Lestari, Kadek Ari Dwi. (2018). "Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Pengobatan Antiretroviral (ARV) Pada Ibu Hamil Dengan Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).

Mahardining, Anggipita Budi. (2010). "Hubungan Antara Pengetahuan Dengan, Motivasi, dan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Terapi ARV ODHA"

Munasir, Zakiudin. (2001). Respons Imun Terhadap Infeksi Bakteri

Neferi Andri. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Tentang HIV dan AIDS Dengan Respon Masyarakat Terhadap ODHA

Pradana, Yoga Aji. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Stigma Pelajar Pada Penderita HIV dan AIDS Berdasarkan Teori Health Belief Model Di SMAN 1 Genteng

Rahmayuni, Ayu. (2014). Hubungan Kepatuhan Menjalankan Terapi Anti Retro Viral Terhadap Kualitas Hidup ODHA (Orang Dengan HIv AIDS) Di Klinik Voluntary Conseling And Testing RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2014

Rihaliza, Murni, Alfitri. (2019). Hubungan Kepatuhan Minum Obat dan Jumlah CD4 Terhadap Kualitas Hidup Orang dengan HIV AIDS di Poliklinik Voluntary Counseling and Testing RSUP Dr M Djamil Padang. http://jurnal.fk.unand.ac.id

Sapnas, Kathryn G. Zeller, Richard A. (2002). Minimizing Sample Size When Using Exploratory Factor Analysis for Measurement.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Subuh,. Dr. H.M,.MPPM. (2011). " Pedoman Nasional Tatalaksana Klinis Infeksi HIV dan Terapi Antiretroviral pada orang Dewasa". Jakarta. Kementerian Kesehatan RI

Shaluhiyah, Musthofa, Widjanarko. (2015). Stigma Masyarakat terhadap Orang dengan HIV/AIDS.

Suharsimi Arikunto. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumantri, Rachmat. (2013). Kegagala Terapi Infeksi HIV/AIDS dan Resistensi Antiretroviral

Sukarno, Oktavianti. (2019). Komunikasi Antarpribadi Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang Sudah Melakukan Self - Disclosure.

Sukiani, Ardana. (2020). Persepsi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) Terhadap Perlakuan Keluarga Hindu dan Sekitarnya.

Pratiwi, Ayu., Wanufika, Isna.,& Sukamara, Yosep. (2019). "Dukungan Tenaga Kesehatan Dengan Kepatuhan Minum ARV Pada Penderita HIV Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang"

Purwaningsih, S. S., & Widayatun, N. (2008). Perkembangan HIV dan AIds di Indonesia : Tinjauan Sosio Demografis. ejurnal.kependudukan.lipi.go.id › index.php › jki › article › download

Sarafino, E.P. (2011). "Health Psychology : Biopsychosocial Interaction (7th Edition) USA : John Willey & Sons, Inc.

Sarason, I. G., Levine, H. M., Basham, R. B & Sarason, B. R. (1983). Assesing social support: The Social Support Questionaire. Journal of Personality and Social Psychology, 44(1), 127-139. http://dx.doi.org/10.1037/0022-3514.44.1.127

Smet, B. (1994) . Psikologi Kesehatan. Jakarta : PT Grasindo.

Ubra, Reynold R. (2012). "Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pengobatan Minum ARV Pada Pasien HIV Di Kabupaten Mimika - Provinsi Papua Tahun 2012"

Widyastuti. (2007). "Radiofarmaka Berbasis Antibodi"

Windari, Mei. (2017). "Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kepatuhan Pasien Gagal Ginjal Kronik Dalam Menjalani Terapi Hemodialisa.

Yuniar, Handayani, Aryastami. (2012). Faktor-Faktor Pendukung Kepatuhan Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) Dalam Minum Obat Antiretroviral di Kota Bandung dan Cimahi.

Zimet, G.D. & Dahlem, N.W. (1988). "The Multidimentional Scale of Percieved Social Support". Journal of Personality




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23999

Flag Counter    Â