Kecanduan Smartphone dan Perilaku Agresif pada Anak Prasekolah

Dinah Purnama, Makmuroh Sri Rahayu, Andhita Nurul Khasanah

Abstract


Abstract. There have been many preschool children using smartphones, even though at that age children are not yet fit to use smartphones. Based on research, excessive smartphone use can lead to smartphone addiction in children. Some experts say that children with smartphone addiction can lead to aggressive behavior. The purpose of this study was to see the effect of smartphone addiction and aggressive behavior in preschool children. The method used in this research is quantitative causality. The sample in this study used a population study with 52 students as subjects. Data collection was carried out using observation sheets with parents as observers. The smartphone addiction observation sheet refers to the Smartphone Addiction Scale Short Version (SAS-SV) from Kwon, et al., and the aggressive behavior observation sheet refers to the Aggression Questionnaire from Buss and Perry. The results show that there is a significant effect of smartphone addiction on aggressive behavior in preschool children in PAUD Kampung X with the result of R Square 0.47 (47%), a high rate of smartphone addiction as much as 71.2%, and a high rate of aggressive behavior as much as 50%.

Keywords: Preschool Children, Smartphone Addiction, Aggressive Behavior

Abstrak. Sudah banyak anak prasekolah yang menggunakan smartphone, padahal pada usia tersebut anak belum layak untuk menggunakan smartphone. Berdasarkan riset, penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan smartphone pada anak. Beberapa ahli mengatakan bahwa anak dengan kecanduan smartphone dapat berakibat pada munculnya perilaku agresif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kecanduan smartphone dan perilaku agresif pada anak prasekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausalitas. Sampel pada penelitian ini menggunakan studi populasi dengan jumlah subjek sebanyak 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dengan orangtua sebagai observer. Lembar observasi kecanduan smartphone yang mengacu pada Smartphone Addiction Scale Short Version (SAS-SV) dari Kwon, dkk., dan lembar observasi perilaku agresif yang mengacu pada Aggression Questionnaire dari Buss dan Perry. Hasil menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan kecanduan smartphone terhadap perilaku agresif pada anak prasekolah di PAUD Kampung X dengan hasil R Square 0.47 (47%), tingkat kecanduan smartphone yang tinggi sebanyak 71,2%, dan tingkat perilaku agresif yang tinggi sebanyak 50%.

Kata Kunci: Anak Prasekolah, Kecanduan Smartphone, Perilaku Agresif

Keywords


Anak Prasekolah, Kecanduan Smartphone, Perilaku Agresif

Full Text:

PDF

References


Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. 17(2), 315–330.

Dewi, E. T. R. (2014). Upaya Mengatasi Munculnya Tingkah Laku Agresif Anak Melalui Mendengarkan Cerita Di Kelompok B Tk Aba Tegal Doman Tempel Sleman.

Dini. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.

Efraim Palar, J., Onibala, F., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget Di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan, 6(2).

Karuniawan, A., & Cahyanti, I. Y. (2013). Hubungan Antara Academic Stress Dengan Smartphone Addiction Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 2(1), 16–21.

Kothgassner, L. F. O. D., & Felnhofer, A. (2019). Risk Factors For Problematic Smartphone Use In Children And Adolescents : A Review Of Existing Literature. Neuropsychiatr, 33, 179–190. Https://Doi.Org/10.1007/S40211-019-00319-8

Kristianto, A. (2009). Perilaku Agresif Anak-Anak Perkampungan Sosial Pingit Yayasan Sosial Soegijapranata (Psp Yss). Https://Doi.Org/10.18860/Ling.V5i1.609

Kurniawati, R. (2017). Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dengan Metode Pembiasaan Pada Paud Berbasis Full Day School Di Tkit Kendarti Mu’adz Bin Jabal Berbah Sleman.

Kwon, M., Kim, D. J., Cho, H., & Yang, S. (2013). The Smartphone Addiction Scale: Development And Validation Of A Short Version For Adolescents. Plos One, 8(12), 1–7. Https://Doi.Org/10.1371/Journal.Pone.0083558

Meirianto, M. T. (2018). Hubungan Kecanduan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Nova, E. (2018). Mengurangi Perilaku Agresif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Penelitian Kuantitatif) Di Tk Harapan Bangsa Tanjung Barulak Kec. Batipuh Kab. Tanah Datar.

Nurfaujiyanti. (2010). Hubungan Pengendalian Diri (Self-Control) Dengan Agresivitas Anak Jalanan.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111.

Park, C., & Park, Y. R. (2014). The Conceptual Model On Smart Phone Addiction Among Early Childhood. International Journal Of Social Science And Humanity, 4(2), 147–150. Https://Doi.Org/10.7763/Ijssh.2014.V4.336

Prasetya, B. W. (2017). Hubungan Antara Kecanduan Gadget Dan Empati Pada Remaja Akhir Di Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Simo Kabupaten Boyolali.

Prianto, V. R. (2017). Hubungan Peran Ibu Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah.

Purnomo, B. H. (2011). Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pengembangan Pendidikan, 8(1), 251–256.

Putri, A. Y. (2018). Hubungan Antara Kecanduan Smarthphone Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja (Vol. 1). Https://Doi.Org/10.1145/2505515.2507827

Putri, R. Y., & Hazizah, N. (2018). Pengaruh Bermain Gagdet Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini.

Putri Wardhani, F. (2018). Student Gadget Addiction Behavior In The Perspective Of Respectful Framework. Konselor, 7(3), 116–123. Https://Doi.Org/10.24036/0201872100184-0-00

Reyna, C., Ivacevich, M. G. L., Sanchez, A., & Brussino, S. (2011). The Buss-Perry Aggression Questionnaire : Construct Validity And Gender Invariance Among Argentinean Adolescents Cuestionario De Agresión De Buss-Perry : Validez De Constructo E Invarianza De Género En. International Journal Of Psychological Research, 4(2), 30–37.

Sari, I. P. (2017). Pengaruh Terapi Puzzle Terhadap Perilaku Agresif Anak.

Yuliara, I. M. (2016). Regresi Linier Sederhana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23937

Flag Counter