Pengaruh Kecerdasan Adversitas terhadap Kematangan Karir Siswa SMKN Kelas XII di Bandung

Shania Dara Shafira, Dewi Sartika

Abstract


Abstract. One of the tasks of adolescent development is preparing for a career. Adolescents can take the vocational education level, because it is designed to prepare graduates to be ready for work, but the highest unemployment rate in West Java is currently occupied by vocational education. One indicator of the high unemployment rate is due to low career planning. One of the factors that influence career maturity is personality traits. Personality traits needed to face various obstacles are called adversity intelligence. The purpose of this study was to determine the effect of adversity intelligence on career maturity in class XII SMKN students in Bandung. This type of research is a causality research with a quantitative approach. The measuring instrument used is the adversity intelligence scale (Stoltz, 2000) adapted by Iswadi, Elin, and Apriyanto (2019), while the measuring tool for career maturity (Super, 2010) was adapted by Dewi Sartika (2020). The analysis used is the Simple Regression Test technique. The results obtained show that the R Square value is 0.324 which means that career maturity is influenced by 32.4%, a significance value of 0.000 <0.05, it is concluded that there is a significant influence between adversity intelligence on career maturity.

Keywords: Adversity Quotient, Career Maturity, Vocational Student.

Abstrak. Tugas perkembangan remaja salah satunya adalah mempersiapkan karir. Remaja dapat menempuh jenjang pendidikan SMK, karena dirancang untuk mempersiapkan lulusannya siap bekerja, tetapi angka pengangguran tertinggi Jawa Barat saat ini diduduki oleh SMK. Salah satu indikator tingginya angka pengangguran disebabkan rendahnya perencanaan karir. Salah satu faktor yang mempengaruhi kematangan karir adalah ciri kepribadian. Ciri kepribadian yang dibutuhkan dalam menghadapi berbagai hambatan disebut kecerdasan adversitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan adversitas terhadap kematangan karir pada siswa SMKN kelas XII di Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecerdasan adversitas (Stoltz, 2000) diadaptasi oleh Iswadi, Elin, dan Apriyanto (2019), sedangkan alat ukur kematangan karir (Super, 2010) diadaptasi oleh Dewi Sartika (2020). Analisis yang digunakan yaitu teknik Uji Regresi Sederhana. Hasil yang diperoleh menunjukkan  nilai R Square sebesar 0,324 yang berarti kematangan karir dipengaruhi sebesar 32,4%, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan adversitas terhadap kematangan karir.

Kata Kunci: Kecerdasan Adversitas, Kematangan Karir, Siswa SMK 


Keywords


Kecerdasan Adversitas, Kematangan Karir, Siswa SMK 

Full Text:

PDF

References


Amalia & Muhari. (2013). Hubungan antara adversity quotient dengan kematangan karir pada peserta didik di mandiri enterpreneur center (mec) surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi. Volume 2, No 1.

Apriyanto., Karlina, Elin., Iswadi. (2019). The effect of reading interests, communication skill, and adversity quotient towards senior high school students’ prblem solving ability.

Ariana, R. D., & Soetjiningsih, C. H. (2018). Hubungan efikasi diri karir dengan kematangan karir pada siswa kelas xii smkn 2 jepara. Jurnal Psikologi Perseptual, 7–21.

Busthomi, Hamdan. (2016). Kecerdasan adversitas ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Badan Pusat Statistika. (2020). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Damarjati, Taufiq. (2016). Konsep pembelajaran di sekolah menengah kejuruan. Diakses dari http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1869/konsep-pembelajaran-di-sekolah-menengah-kejuruan

Dian Prahesty, I. (2014). Perbedaan kematangan karir siswa ditinjau dari jenis sekolah. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(2), 1–7.

Falentini, Taufik, Mudjiran. (2013). Usaha yang dilakukan siswa dalam menentukan arah pilihan karir dan hambatan-hambatan yang ditemui. Jurnal Ilmiah Konseling, 310-316.

Lestari, T. N., & Rahardjo, P. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karir pada mahasiswa universitas muhammadiyah purwokerto yang sedang menempuh skripsi. Psycho Idea, 11(2), 1–9.

Linasari, W. (2012). Hubungan antara adversity intelligence dengan kematangan karir pada siswa SMK Negeri 2 Temanggung..

Naila Khusna, Nugraha Arif Karyanta, A. T. S. (2017). Hubungan antara adversity quotient dan dukungan keluarga dengan kematangan karir remaja yatim di sma di surakarta. Jurnal Wacana.

Purwadi. (2004). Proses pembentukan identitas diri remaja. Humanitas: Indonesian Psychologycal, 1(1), 43–52.

Ramdhani, Dendi. (2019, Agustus 29). Ridwan Kamil Beberkan Sejumlah Penyebab Lulusan SMK Banyak Nganggur. Diakses dari https://bandung.kompas.com/read/2019/08/29/22581081/ridwan-kamil-beberkan-sejumlah-penyebab-lulusan-smk-banyak-nganggur

Ratnaningsih, I. Z., Diponegoro, U., Prasetyo, A. R., Diponegoro, U., & Fauziah, N. (2016). Kematangan karier siswa smk ditinjau dari jenis kelamin dan jurusan. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i2.6067

Sartika, D. (2003). Hubungan antara self esteem pada sarjana baru UNISBA angkatan ke-3. Thesis (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi: Universitas Padjajaran.

Sharf, R. S. (2010). Applying Career Developpment Theory to Counseling Fifth Edition. United States of America: Cengange Learning.

Silalahi, Ulber. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.

Stoltz, Paul G. (2007). Adversity Quotient. (T. Hermaya, Penerjemah).. Jakarta: PT Grasindo.

Wijaya, T. (2007). Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa smkn 7 yogyakarta). Jurnal Manajemen Dan Wirausaha, 9(2), 117–127. https://doi.org/10.9744/jmk.9.2.pp.117-127

Yuliara, I Made. (2016). Modul regresi linier serhana. diakses dari https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/3218126438990fa0771ddb555f70be42.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23075

Flag Counter    Â