Studi Deskriptif Mengenai Komitmen Organisasi pada Karyawan CV. CIT

Tiara Puspa Salsabila, Anna Rozana

Abstract


Abstract. CV. CIT is a small micro medium enterprise (UKM) in the manufacturing sector with two fields: engineering and manufacturing (engineering division) and traditional West Java beverage industry (food and beverage division). Currently, the position of the company is unstable, causes many employees resigning. However, most employees in the food and beverage division prefer to stay because they feel have a common value and goals with the company. Besides that, their other reason to stay is believing that the company can continue to develop through their contributions in time and energy. These make employees want to stay and become part of the company. The purpose of this study is to see an overview of organizational commitment in the employees of CV. CIT. The total sample of this study is 32 employees from the food and beverage division. The measuring instrument used a measure of organizational commitment compiled based on theories from Mowday, Steers, and Porter (1982). The method used is descriptive analysis. The results from this study prove that 23 employees have a high organizational commitment and 9 employees in a low organizational commitment with the highest aspects is involvement.

 

Keywords: Organizational Commitment, Identification, Involvement, Loyalty

 

 

Abstrak. CV. CIT merupakan UKM yang bergerak di bidang manufaktur, yang terbagi menjadi dua bidang, yaitu bidang rekayasa dan manufaktur (divisi teknik) serta industri minuman tradisional khas Jawa Barat (divisi makanan dan minuman). Kondisi perusahaan yang sedang dalam kondisi tidak stabil, membuat banyaknya karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan. Namun sebagian besar karyawan pada divisi makanan dan minuman, lebih banyak memilih untuk tetap bertahan pada perusahaan karena karyawan merasa memiliki kesamaan nilai dan tujuan dengan perusahaan, dan memiliki keyakinan bahwa perusahaan dapat terus berkembang melalui kontribusi yang diberikan, sehingga karyawan rela menyumbangkan tenaga dan waktunya. Hal tersebut membuat karyawan ingin terus bekerja dan menjadi bagian dari perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran komitmen organisasi pada karyawan CV. CIT. Sampel penelitian ini adalah 32 karyawan pada divisi makanan dan minuman. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur komitmen organisasi yang disusun berdasarkan teori dari Mowday, Steers, dan Porter (1982). Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 23 karyawan yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi dan sebanyak 9 karyawan memiliki komitmen organisasi yang rendah, dengan aspek yang paling tinggi yaitu keterlibatan.

Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Identifikasi, Keterlibatan, Loyalitas.


Keywords


Komitmen Organisasi, Identifikasi, Keterlibatan, Loyalitas.

Full Text:

PDF

References


Kaswan. (2017). Psikologi Industri dan Organisasi. Cetakan 1, Bandung: Alfabeta

Mowday, R.T., Porter, L.W., dan Steers, R.M., (1982), Employee-Organization Linkages : The Psychology of Commitment, Absenteeism and Turnover, New York : Academic Press

Mowday, Steers, R., dan Porter, L.W. (1983). Motivation and Work Behavior, New York: Academic Press

Santrock, J. W. (2008). Educational psychology (edisi 2). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17592

Flag Counter    Â