Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter oleh Guru pada Siswa di Sd Gagas Ceria Bandung

Indri Hanidya, Eneng Nurlalili Wangi

Abstract


Abstract. Character is the foundation of human life. Education can be done at school. Character education is an effort that is done intentionally to help someone to know, understand, and act in accordance with the ethics that apply in society. The teacher is the model and character of students in the school. One of the schools that has a character education program is Gagas Ceria Elementary School Bandung. This research was designed to describe and obtain an overview of the character education programs that exist at SD Gagas Ceria Bandung. The method used in this study is a descriptive study with subjects totaling 24 teachers. Data collection using the Twelve Component Assessment and Planning (TCAP) measurement tool. The results of this study are the character education program at Gagas Ceria Elementary School Bandung which has been effective with a percentage value of 79%.

Keywords: Character education, Teacher, Elementary School

 

Abstrak. Karakter merupakan pondasi kehidupan manusia. Karakter dapat dibentuk salah satunya melalui pendidikan di sekolah. Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja untuk membantu seseorang agar dapat mengetahui, memahami, dan bertindak sesuai dengan etika yang berlaku di masyarakat (Lickona, 2012). Guru merupakan model serta pembentuk karakter siswa di sekolah. Salah satu sekolah yang memiliki program pendidikan karakter yaitu SD Gagas Ceria Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh gambaran mengenai program pendidikan karakter yang terdapat di SD Gagas Ceria Bandung. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan subjek sebanyak 24 orang guru. Pengumpulan data dengan menggunakan alat ukur Twelve Component Assessment and Planning (TCAP). Hasil dari penelitian ini yaitu program pendidikan karakter di SD Gagas Ceria Bandung sudah berjalan secara efektif dengan nilai persentase sebesar 79%.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Guru, Sekolah Dasar


Keywords


Pendidikan Karakter, Guru, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Burhan, M. Bungin. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. 2019. Kekerasan dalam Bidang Pendidikan 2019. Retrieved from http://www.kpai.go.id/berita/kpai-67-persen-kekerasan-bidang-pendidikan-terjadi-di-jenjang-sd

Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character : Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Lococo, Michael. 2004. Teaching Character Development in Elementary Schools: An Integrated Approach. Retrieved from https://www.academia.edu/1651698/Teaching_Character_Development_in_Elementary_Schools_An_Integrated_Approach

Mafrukha, Hilda. 2015. Studi Deskriptif penerapan Pendidikan Karakter di Sentra Main Peran PAUD Anak Cerdas Ungaran. Semarang : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Minsih, Honest U.K, & Ratnasari D.U. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Guru, Siswa, dan Orangtua dalam Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Surakarta : Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Noor, Juliansyah. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta : Prenadamedia Group

Noor, H. 2009. Psikometri : Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Bandung

Rahardjo, Sumargi. 2008. Ringkasan Padat Seven Habits of Highly Effective People. MGI

Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta

Saliman, Anik Widiastuti, & Taat Wulandari. 2013. Persepsi dan Sikap Mahasiswa terhadap Pendidikan Karakter di Prodi pendidikan IPS UNY. Yogyakarta : Jurnal Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Sasiwi, Esti N. H. 2017. Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta : FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiawan, Deny. 2013. Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Medan : Jurnal Pendidikan Karakter FIS Universitas Negeri Medan.

Zulhijrah. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Palembang : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17174

Flag Counter    Â