Studi Deskriptif Mengenai Kepuasan Kerja Karyawan Divisi Pengembangan Bisnis dan Produk di PT INTI (Persero) Bandung

Kemala Oktavia Pratami, Ali Mubarak

Abstract


Abstract. Business and Product Development division at the PT INTI (Persero) is the one that able to achive the highest target compare to their other divisions.  Despite that achievement, there are still some employess who complain about work satisfaction’s issues. The objectives of this research is to find out profile the 31 subjects of the Business and Product Development division’s work satisfaction of PT INTI (Persero) based on Herzberg – two factor theory with reliability value measurement of 0.935 dissastifiers factor and 0.879 of sastisfiers factor.  Based on the data analysis, 7 employees are on the high level of dissatisfiers and satisfiers; meanwhile 4 employees are on the high level of dissatisfiers with low levels of satisfiers; 11 employees are on the low disatisfiers level and high satisfiers level; 9 employees are on both low levels of the dissatisfiers and satisfiers.

Keywords: PT INTI, Job Satisfaction, Herzberg Two Factor Theory

Abstrak. Divisi Pengembangan Bisnis dan Produk di PT INTI (Persero) merupakan divisi yang mampu mencapai target tertinggi dibandingkan dengan divisi-divisi lain. Namun dibalik pencapaian target yang tinggi tersebut masih ada karyawan yang mengeluhkan beberapa hal dalam pekerjaannya yang diindikasi sebagai masalah kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran profil kepuasan kerja karyawan di Divisi Pengembangan Bisnis dan Produk tersebut. Metoda yang digunakan adalah metoda deskriptif dengan menganalisis hasil kuesioner menggunakan skala likert yang telah dijawab oleh sebanyak 31 orang subjek penelitian. Pengukuran dilakukan berdasarkan two factor theory Herzberg dengan reliabilitas alat ukur sebesar 0,935 untuk faktor dissatisfiers dan 0,879 untuk faktor satisfiers. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui 7 orang karyawan berada pada kondisi dissatisfiers tinggi dan satisfiers tinggi; 4 orang karyawan di kondisi dissatisfiers tinggi dan satisfiers rendah; 11 orang karyawan di kondisi dissatisfiers rendah dan satisfiers tinggi; dan 9 orang karyawan di kondisi dissatisfiers rendah dan satisfiers rendah.

Kata Kunci: PT INTI, Kepuasan Kerja, Herzberg Two Factor Theory


Keywords


PT INTI, Kepuasan Kerja, Herzberg Two Factor Theory

Full Text:

PDF

References


Admin. Sejarah Singkat PT. INTI (Persero). Diakses dari: http://inti.co.id pada November 2018

______. Struktur Organisasi PT. INTI (Persero). Diakses dari: http://inti.co.id pada November 2018

Davis, Keith., Newstrom, John W. (1985). Perilaku dalam organisasi. Jakarta: Erlangga

Dizgah, Morad Rezaei, Mehrdad Goodarzvand and Roghayeh Bisokhan. (2012). Relationship Between Job Satisfaction and Employee Job Performance in Guilan Public Sector. Iran: Rasht University

Dwiputri, Dewanti Farah & Ali Mubarak. (2017). Studi Deskriptif Kepuasan Kerja Pegawai Direktorat Sumber Daya Manusia PT Pos Indonesia (Persero) Pusat (Skripsi). Bandung: Universitas Islam Bandung

Etikan, Ilker, Sulaiman Abubakar Musa, Rukayya Sunusi Alkassim. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics

Gibson, James L., John M. Ivancevich, James H. Donelly, Jr., Robert Konopaske. (2012). Organizations Behavior, Stucture, Processes. Fourteenth Edition. New York : McGraw-Hill, Inc.

Kreitner, Robert., Kinicki Angelo. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Luthans, Fred. (2011). Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach. United States: University of Nebraska

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri : Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung : Jauhar Mandiri

Putra, Tri Nanda & Ali Mubarak. (2017). Studi Deskriptif Kepuasan Kerja Trainer Internal Penunjukkan PT. Kereta Api Indonesia Area Bandung (Skripsi). Bandung: Universitas Islam Bandung

Robins, Stephen P & Judge, T. (2008). Perilaku Organisasi, Edisi 12. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

_______. (2015). Perilaku Organisasi, Edisi 16. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Ruthankoon, R & Olu Ogunlana, Stephen. (2003). Testing Herzberg’s Two-Factor Theory In The Thai Construction Industry. Proquest Journal

Salatina, Novi Idris & Ali Mubarak. (2016). Hubungan Employee Engagement dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan Gudang PT. X Bandung (Skripsi). Bandung: Universitas Islam Bandung

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan, Research and Development. Bandung : Penerbit Alfabeta

Wexley, Kenneth N., Ph.D and Gary A. Yukl, Ph.D. (1977). Organizational Behavior and Personnel Psychology. Homewood, Illinois : Ricard D. Irwin, Inc.

Ziegler, Rene, Britta Hagen and Michael Diehl. (2012). Relationship Between Job Satisfaction and Job Performance: Job Ambivalence as a Moderator. Germany: University of Tubingen




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16934

Flag Counter    Â