HUBUNGAN CHARACTER STRENGTH DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA KELOMPOK KERJA REPORTER STASIUN RRI BANDUNG

DANI MUHAMMAD RAMDHAN, DEWI SARTIKA AKBAR

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja reporter pada stasiun RRI Bandung yang dapat menunjukan kerjanya secara efektif dan dapat mencapai target kerja setiap harinya meskipun ketika bekerja reporter dihadapi oleh berbagai kendala. Kendala tersebut adalah seperti sulitnya bertemu dengan narasumber, lokasi peliputan yang sulit terjangkau, jam kerja yang tidak tentu, bonus dari item juga menjadi kendala. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara character strength dengan Employee Engagement pada Reporter. Dalam kajian positif psikologi telah menyebutkan bahwa individu memiliki karakter positif yang dinamakan sebagai character strength yaitu adalah kekuatan dan kebajikan yang memunculkan perasaan positif dan perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam menjalankan pekerjaannya. Reporter bekerja dengan bersemangat dilandasi oleh rasa keterikatan reporter terhadap stasiun RRI Bandung. Macey Mengunkapkan bahwa Employee Engagement adalah kesadaran dan kesediaan individu untuk memfokuskan seluruh energi, menunjukkan personal inisiatif, kemauan adaptasi, berusaha keras dan gigih untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan subjek dalam penelitian adalah populasi. Alat ukur yang digunakan untuk Character Strength mengacu kepada VIA-IS (Values In Action Inventory Strengths) sedangkan untuk Employee Engagement Mengacu kepada teori dari Macey. Dari hasil uji korelasi Rank Spearman didapatkan kesimpulan bahwa dari 10 karakter hanya 2 yang berkorelasi tinggi dengan employee engagement. Karakter tersebut adalah, Bravery dengan nilai rs = 0,74, dan citizenship dengan nilai rs = 0,73. Sedangkan untuk 10 karakter tersebut adalah Bravery, Citizenship, Hope, Self Regulation, Creativity, Persistence, Curiosity, Vitality, Open Mindedness, dan Love Of Learning.


Keywords


Character Strength, Employee Engagement, Reporter

References


Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Armanda Ayu Lintangsari, Munawir yusuf, dan Aditya Nanda Priyatama (Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Solo) hubungan antara employee satisfaction dan budaya Organisasi dengan Employee Engagement pada karyawan tetap PT. BPD Jawa tengah Cabang utama Semarang (candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id › Home › Vol 2, No 2 (2013)) Diunduh pada 27 Desember 2014

Azwar, Syaifuddin. (2010). Reabilitas dan Validitas Edisi ke-3. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. (2009). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: PustakaBelajar

Compton, W. C. (2005). An Introduction to Positive Psychology. USA: Thomson Wadsworth.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamaludin, Ancok. (1989). Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta : Pusat Penelitian Universitas Gajah Mada.

Macey, William H., Schneider, Benyamin., Barbera, Karen M., Young, Scott A, (2009) Employee Engagement, tools for analysis, Practice, and Competitive Advantage, Wileyâ€Blackwell, Chichester, West Sussex, United Kingdom

MacLeod, A.& Clarke, N. (2011) Engaging for Success: enhancingperformance through employee engagement

.__________ (2014) Concept of Employee Engagement: An Analysis based on the Workplace Employment Relations StudyPark, N., Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Strengths of character and well-being. Journal of Social and Clinical Psychology, 23, 603–619.

Meida Rachmawati, (2010). International Journal of Business and Management, Vol. 5, No. 12, December 2010)

M. Sandhya Sridevi (December 2010) Employee Engagement: The Key to Improving Performance Vol. 5, No. 12

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri ;Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen pengukuran perilaku. Bandung : Universitas Islam Bandung.

Park, N., Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2006). Character strengths in fifty-four nations and the fifty US states. Journal of Positive Psychology, 1, 118–129.

Peterson, C.& Seligman, M.E.P (2004). Character strengths and virtues; A handbook and classification. New York: Oxford University Press, Inc.

Seligman, M. (2002). Authentic Happiness: Menciptakan kebahagiaan dengan psikologi positif. (Eva Yulia Nukman, Trans.). Jakarta: PT Mizan Pustaka.

Seligman, M. (2002). Authentic Happiness: Using the New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting Fulfillment. New York: The Free Press.

Sugiono, Prof. Dr. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sujana (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1627

Flag Counter    Â