STUDI DESKRIPTIF MENGENAI PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TENAGA NONPENDIDIK UNISBA

MIRA MARIANI, SUHANA SUHANA

Abstract


Persaingan di dunia pendidikan semakin ketat. Beberapa Perguruan Tinggi berbenah diri untuk bersaing dengan menyelenggarakan BPM (Badan Penjamin Mutu) yang bertugas merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. BPM mendapatkan data mengenai keluhan-keluhan mahasiswa, yaitu mengenai ketersediaan informasi akademik (kalender akademik, jadwal kuliah, nilai, dll), keramahan dan sikap ingin membantu dari petugas layanan, fasilitas loket dan ruang kantor pelayanan, kecakapan dan kecepatan petugas dalam memberikan layanan, dan mengenai waktu layanan, jam buka dan jam tutup layanan. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, Parasuraman & Berry (1990) yang menyatakan kualitas pelayanan adalah besarnya perbedaan antara harapan konsumen dan persepsi konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang lebih rinci mengenai aspek-aspek yang ada di dalam kualitas pelayanan yang di persepsi oleh mahasiswa Universitas Islam Bandung dilihat dari lima aspek dengan menggunakan teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, Parasuraman & Berry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan jumlah subjek 106 mahasiswa Universitas Islam Bandung. Skala pengukuran untuk persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan tenaga nonpendidik Universitas Islam Bandung yaitu menggunakan model skala Likert. Hasil pengolahan data diketahui bahwa sebanyak 66,98% mahasiswa Universitas Islam Bandung memiliki persepsi yang negatif dan 33,02% mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap kualitas pelayanan tenaga nonpendidik UNISBA.


Keywords


Persepsi, Kualitas Pelayanan, Tenaga nonpedidik UNISBA

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kotler, Phillip. 1995. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Buku Satu. Edisi Kedelapan, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Milton, Charles R., 1981. Human Behavior in Organizations. Englewood Cliffs, New York: Prentice-Hall, Inc.

Noor, Hasanuddin. 2009. PSIKOMETRI, Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Oliver, Richard L. 1997. Satisfaction A Behavioral Perspective on The Consumer. Singapore: International Edition.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sylviani, Vivi. 2002. Hubungan Antara Persepsi terhadap Pelayanan dengan Kepuasan Nasabah Tabungan Bank Muamalat Cabang Cihampelas Bandung. Skripsi. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Zeithaml, V. A.; Parasuraman, A.; Berry, L. L. 1990. Delivering Quality Service Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.

Sumber Lain:

http://9wiki.net/pengertian-pendidikan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Indonesia

http://edukasi.kompas.com/read/2015/01/13/01183401/Puan.Maharani.Wajib.Belajar.12.Tahun.Dimulai.Juni.2015

http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Indonesia#Jenjang

http://id.wikipedia.org/wiki/Perguruan_tinggi

http://id.wikipedia.org/wiki/Perguruan_tinggi#Perguruan_tinggi_swasta_di_Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Islam_Bandung

http://izzazhoetd.blogspot.com/2011/12/komponen-komponen-pendidikan.html

https://alfanfauzi13.wordpress.com/2013/11/12/pengertian-pendidikan-tenaga-kependidikan-unsur-unsur-pendidikanestimologi-atau-pengertian-pendidikan-dan-guru/

http://dbagus.com/pengertian-dan-fungsi-pendidikan-menurut-para-ahli

http://seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/05/tujuan-dan-fungsi-pendidikan.html




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1596

Flag Counter    Â