STUDY DESKRIPTIF MENGENAI KEMATANGAN KARIR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNISBA

TERASELTA WIDYATAMA, YULI ASLAMAWATI

Abstract


Fakultas psikologi merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati oleh calon mahasiswa yang mendaftar di Unisba. Dalam upaya realisasi lulusan psikologi yang berkompeten, Fakultas Psikologi Unisba sudah menyiapkan program-program dari proses penerimaan hingga tahap tingkat akhir baik secara akademik maupun non akademik. Mahasiswa tingkat akhir merupakan calon sarjana yang diharapkan telah memiliki arah tujuannya dalam menjalankan tugas perkembangan berikutnya dalam hidup yaitu dapat bekerja pada bidang pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya, namun yang ditemui di lapangan ada sebagian mahasiswa psikologi tingkat akhir yang menyatakan bahwa mereka belum mampu menentukan peminatan pilihan tugas akhir pada salah satu bidang psikologi, wawasan mengenai karir masih minim, dan bahkan mengatakan akan bekerja di luar bidang psikologi yang menjadi latar belakang pendidikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi di Universitas Islam Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan sampel sebanyak 39. Data yang diperoleh merupakan data ordinal. Pengumpulan data dilakukan dengan alat ukur kematangan karir yang diadaptasi berdasarkan konsep teori Perkembangan Karir dari Donald Super dengan jumlah item valid sebanyak 42 item dengan reliabilitas kematangan karir 0,952. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat kematangan karir yang belum matang pada mahasiswa tingkat akhir psikologi yaitu 46% (19 orang) Persentase dimensi yang paling tinggi dimiliki oleh mahasiswa psikologi adalah dimensi perencanaan karir sejumlah 81%, sedangkan yang paling rendah adalah dimensi eksplorasi karir dengan jumlah 46%.

Keywords


Mahasiswa tingkat akhir, Kematangan karir

References


Arikunto, Suharsimi. (2007). Manajemen Penelitian Cetakan Ke

Sembilan. Jakarta :Rineka Cipta

Anggraeni, Zulfiyatni. (2013), Studi Deskriptif Mengenai Kematangan KarirPada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2007 Yang Belum Menyelesaikan Kuliah Di Universitas Islam Bandung

Dewan Amanat Mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba, Petunjuk Pelaksanaan Penerimaan Anggota Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Unisba (2014)

Healy, Ch. C. (1982). Career Guidance Through the Life Stages. Los

Angeles:Allyn and Bacon, Inc.

Natsir, M. 2003. Metode Penelitian. Penerbit Ghallia Indonesia, Jakarta. Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri: Aplikasi dalam penyusunan

instrumen pengukuran perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi

Unisba.

Savickas, M. L. (2001). A Developmental Perspective on Vocational Behavior: Career Pattern, Salience, and Themes, International Journal for Educational and Vocational Guidance

Sharf, Ricard S,. (2006). Applying career development theory to counseling.

Wadsworth Inc, Belmont, California.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung

Winkel, W.S & Sri Hastuti. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi

Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1553

Flag Counter    Â