Hubungan Hardiness dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Penerima Program BIDIKMISI di Institut Teknologi

Anisa Nur Afifah, Sita Rositawati

Abstract


Dalam mencapai prestasi akademik yang tinggi, mahasiswa melalui berbagai macam hambatan dan tantangan dalam prosesnya. Hal itu dirasakan pula oleh mahasiswa penerima program BIDIKMISI di Institut Teknologi Bandung. Dalam prosesnya, mereka harus dapat memenuhi tuntutan dari pihak universitas, dan juga tuntutan dari orangtuanya. Selain hal itu, hambatan yang dirasakan juga berasal dari keterbatasan biaya untuk dapat memenuhi semua keperluan yang dibutuhkan untuk dapat menunjang pembelajaran. Meskipun dihadapkan dengan berbagai tantangan dan hambatan dalam prosesnya, mahasiswa BIDIKMISI ITB dapat memiliki prestasi akademik yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik mengenai gambaran keeratan hubungan antara kepribadian hardiness dengan prestasi akademik pada mahasiswa penerima program BIDIKMISI di Institut Teknologi Bandung. Metode yang digunakan adalah analisis korelasional menggunakan teknik analisis Pearson. Alat ukur yang digunakan berupa kuisioner academic hardiness yang diadaptasi dari Benishek & Lopez. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif sebesar 0,562 yang artinya terdapat hubungan yang sedang / cukup kuat antara hardiness dengan prestasi akademik.


Keywords


mahasiswa BIDIKMISI, hardiness, prestasi akademik

Full Text:

PDF

References


Anita, Dian. (2015). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Tahun ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Renika Cipta. Jakarta

Ahmad, Intan. (2017). Pedoman Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI Tahun 2017. Ristekdikti: Jakarta

Creed, A. Peter. Conlon, G. Elizabeth. Dhaliwal, Kamal.(2013). Revisiting the Academic Hardiness Scale: Revison and Revalidation. Journal of Career Assesment: Australia.

Kobasa, Suzane C. Maddi, Salvatore R. Khan, Stephen. (1982). Hardiness and Health : A Prospective Study. Journal of Personality and Social Psychology : Chicago

N, Sastri. (2015). Perbedaan Hardiness pada Mahasiswa Fakultas Psikologi dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Ditinjau dari Jenis Kelamin. Universitas Sultan Syarif Kasim: Riau.

Salvatore, Maddi R. (2013) Hardiness Turning Stressful Circumstances into Resilient Growth. Springer : London

Santoso, S. (1999) SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Gramedia: Jakarta

Silalahi, Ulber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung, MA: Refika Aditama

Sitepu, Sisca Fransisca. Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Berorganisasi. Universitas Sumatera Utara.

Widjadati, Yusri. (2013). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. GEOGRAFI: Semarang.

Link : http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/geografi/article/view/242




Flag Counter