Hubungan antara College Adjustment dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA Angkatan 2017 yang Berprestasi Rendah

Zharfa Fitria, Susandari Susandari

Abstract


Abstract. First year students when entering College have to make adjustments from senior high school to the higher education. During the adjustment process, these students experience various kinds of  problems thats occur in the College both academically and socially. The problems would be in academic, social, personal-emotional, and institution attachment areas. The purpose of this study was to find relationship between College Adjustment and Achievement in first year students of the Faculty of Psychology UNISBA with low achievement. The method used was a correlational, which is a method used to determine the relationship or attachment between one variable and another variable. The subjects were 32 students of the 2017 Psychology Faculty of UNISBA who have GPA <2.5. The results is there is  high correlation (rs = 0.807) it can be concluded that the lower college adjustment of UNISBA psychology faculty students, the lower, the achievement.

Keywords: College Adjustment, Achievement, First Year Student

Abstrak. Mahasiswa baru ketika memasuki perguruan tinggi melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungannya, dari Sekolah Menengah Pertama bertransisi ke Perguruan Tinggi. Selama proses penyesuaian diri, mahasiswa baru ini mengalami berbagai macam perubahan yang terjadi di lingkungan Perguruan Tinggi baik secara akademik maupun sosial, dengan perubahan yang terjadi muncul masalah-masalah yang dialami oleh mahasiswa baru. Berbagai macam persoalan selama proses penyesuaian diri di perguruan tinggi baik dalam hal penyesuaian akademik, penyesuaian sosial , penyesuaian personal emosional maupun terhadap kelekatan dengan Institusinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan Hubungan College Adjustment dengan Prestasi belajar pada mahasiswa fakultas Psikologi UNISBA angkatan 2017 yang berprestasi rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional, yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan atau keterikatan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 orang mahasiswa  fakultas Psikologi Unisba angkatan 2017 yang memiliki IPK <2,5. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan taraf signifikansi a  =  0,01 diperoleh nilai korelasi rs= 0,807 dengan thit= 37.19 dan ttab= 2,04 Hal ini berarti Ho ditolak dan Hi diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara College Adjustment dengan prestasi belajar. Hubungan ini bersifat positif artinya semakin rendah College Adjustment mahasiswa fakultas psikologi UNISBA angkatan 2017 maka semakin rendah pula prestasi belajarnya. Sedangkan berdasarkan uji koefesien determinasi, College Adjustment memberikan kontribusi sebesar 65,12% terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas Psikologi UNISBA angkatan 2017.

Kata kunci: Penyesuaian diri di perguruan tinggi, Prestasi Belajar, Mahasiswa tahun petama


Keywords


Kata kunci: Penyesuaian diri di perguruan tinggi, Prestasi Belajar, Mahasiswa tahun petama

Full Text:

PDF

References


Baker, R. W. & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of Counseling Psychology Vol. 31, No. 2, 179-189.

Chairun,Milcham.(2014).Pengaruh Motivasi Akademik, Gaya belajar, dan Penyesuaian diri di Perguruan Tinggi terhadap Prestasi Akademik mahasiswa tahun pertama.Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Davis, D.L. (2011). Gambaran Masalah Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Indonesia. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Ancok, j. 1989. Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta : Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Islam Bandung

Hurlock, Elizabeth. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan), Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga

Anggraini, E. N. (2014). Hubungan antara Kemandirian dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru yang Merantau di Kota Malang. Skripsi, tidak diterbitkan. Malang: Universitas Brawijaya

Amalia, Elly N. Hubungan Antara Kecemasan Dalam Menghadapi Ulangan Dengan

Prestasi Belajar Pada Siswa-siswi Kelas 1 Unggulan SMUN 8 Jakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. 2004.

Berliner, Gage, David. Educational Psychology. Chicago USA : Houghton Miffin Company, 1979

Safura, L. (2006). Hubungan antara penyesuaian diri anak di sekolah dengan prestasi belajar. Skripsi (tidak diterbitkan). Sumatra Utara: Fakultas Kedokteran Program Studi Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Muhibbin Syah, 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14200

Flag Counter    Â