STUDI DESKRIPTIF MENGENAI CHARACTER STRENGTH PADA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERBUKA CIBEUNYING KIDUL KOTA BANDUNG

MEUTIA SUZANA, LILIM HALIMAH

Abstract


Sekolah Menengah Pertama Terbuka Cibeunying Kidul adalah sekolah yang didirikan pemerintah untuk anak-anak yang tidak mampu secara ekonomi, jarak tempuh dan waktu untuk menempuh pendidikan regular. Dalam proses mengajar para guru menghadapi banyak kendala atau hambatan dari dalam diri juga dari luar seperti siswa yang memiliki motivasi rendah sehingga sulit diatur dan sulit memahami pelajaran karena harus membagi waktu antara sekolah dan bekerja, guru juga dihadapkan pada kurangnya fasilitas di sekolah. Kendala tersebut cukup menyita waktu, tenaga dan harta para guru. Tetapi tidak memutuskan guru untuk berhenti mengajar, guru tetap bertahan mengajar siswa SMP Terbuka. Para guru berusaha melakukan yang terbaik untuk siswa-siswi dengan mengorbankan waktu, tenaga dan harta untuk mengajar siswa-siswi. Hal ini menggambarkan character strength yang dimiliki para guru. Character strength merupakan karakter yang mengarahkan individu pada pencapain atau trait positif yang terefleksikan dalam pikiran, perasaan dan tingkah laku. (Park, Peterson & Seligman, 2004).Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian ini adalah guru SMP Terbuka Cibeunying Kidul yang berjumlah 17 orang. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Values In action-inventory Scale yang dimodifikasi peneliti sesuai dengan fenomena. Hasil penelitian menggambarkan bahwa signature strength yang dimiliki guru di SMP Terbuka Cibeunying Kidul adalah Persistence, Gratitude, Kindness, Forgiveness and Mercy dan Hope.

Keywords


guru, character strength, SMP Terbuka

References


Ancok, J (1989). Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan. Universitas Gajah Mada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Peneltian. Jakarta : Rineka Cipta.

Ikramina, A.P (2012) Studi Deskriptif Character Strength Relawan di Sekolah Menengah Pertama Terbuka Firdaus Arcamanik Kota Bandung. Skripsi. Bandung. Universitas Isalam Bandung.

Kaplan, Robert M. & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Phsycological Testing principles, Application, and Issues. California: Brooks/Cole Publishing Company, Pacific Grove.

Lestari, Elita (2013) Studi Deskriptif Gambaran Kekuatan Karakter Guru Honorer Di SMP Negeri Satu Atap Cikoneng Kabupaten Bandung.

Nasional, Departemen Pendidikan. 2004. 25 tahun SMP Terbuka. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasioanal

Noor, Hasanuddin. 2012. Psikometri: Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung : Fak.Psikologi-UNISBA.

Somantri, Ating dan Sambas Ali Muhidin. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung : Penerbit Pustaka Setia.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Bandung.

Park,N, & Peterson, C (2009). Character strengths: Research and practice. Journal of Collage and Character.

Park, N, Peterson. C, & Seligman M.E.P (2004). Strength of Character and Well Being. Journal of Social and Clinical Psychology, 23, 603-619

Peterson, C. & Seligman , M.E.P. (2004). Character strength and virtues: handbook and classification, New York: Oxford University Press, Inc.

http://www.sarjanaku.com/2011/03/tugas-fungsi-guru.html?m=1 diakses pada 3 April 2015




Flag Counter