STUDI DESKRIPTIF MENGENAI CHARACTER STRENGTH PADA PERAWAT DI RS. MUHAMMADIYAH KOTA BANDUNG

LAILA ANDINI PUSPITASARI, AGUS BUDIMAN

Abstract


Rumah sakit adalah salah satu penyelenggara pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang di dalamnya terdapat beberapa unsur penunjang yaitu tenaga medis, paramedis, obat-obatan dan para karyawan sebagai pengelola rumah sakit. Di dalam suatu rumah sakit, perawat merupakan tenaga kerja mayoritas dan peranannya juga menentukan baik buruknya mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit, begitu pula dengan RS. Muhammadiyah kota Bandung. Perawat memegang peranan penting dalam melayani pasien. Di dalam bekerjapun perawat ini mengalami berbagai kendala. Character strength merupakan karakter yang mengarahkan pada pencapaian tujuan atau trait posifit yang terefleksikan dalam pikiran, perasaan dan tingkah laku (Park, Peterson & Seligman, 2004). Character strength ini berkaitan dengan kinerja perawat di dalam bekerja sehingga membuat perawat tersebut bertahan untuk bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai character strength pada perawat di RS. Muhammadiyah kota Bandung. Penelitian ini menggunakan alat ukur Values In Action-Inventory Scale dari Peterson dan Seligman (2004). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah 78 orang perawat di RS. Muhammadiyah kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa character strength yang dominan adalah hope, fairness, kindness, appreciation of beauty and excellence dan citizenship. Kemudian virtue dominan dari perawat adalah transcendence dan justice.


Keywords


Perawat, character strength, virtue

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penellitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Farran, Carol J., McCann, Judith J & Fogg, Louis G. (2019). Developing a measurement strategy for assessing family caregiver skills: conceptual issues. Vol 10, No 3, pp. 129-139.

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2009). Pengantar konsep dasar keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Institute on Character. (2013). VIA Institute and character. (http://www.viacharacter.org) (diunduh pada 10 Juni 2015)

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri: aplikasi dalam penyusunan instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Jauhar Mandiri.

Park, N., Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2006). Character strengths in fifty-four nations and the fifty US states. Journal of Positive Psychology, 1, 118-129.

Pennsylvania. (2006). The trustees of the University of Pennsylvania. (http://www.authentichappiness.org) (diunduh pada 8 Juni 2015)

Peterson, C. & Seligman, M.E.P. (2004). Character strengths and virtues: a handbook and classification. New York: Oxford University.

Rahayu, Makmuroh Sri. (2010). Diktat kuliah metodologi penelitian I. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Rashib, Tayyab & Anjum, Afroze. (2005). 340 Ways to use VIA character strenghs. University of Pennsylvania.

Sugiyono, Prof. Dr. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1272

Flag Counter    Â