STUDI DESKRIPTIF STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

RIDA AYU MUSTIKA, SULISWORO KUSDIYATI

Abstract


Masa remaja adalah masa peralihan antara masa anak-anak ke masa dewasa, salah satu tugas perkembangan remaja adalah mengembangkan keterampilan intelektual (Hurlock, 1996). Untuk mempersiapkan itu, remaja dididik di sekolah untuk belajar dan menerima pendidikan. Manfaat dari pendidikannya, dapat ditentukan dengan pemahaman dan pendalaman siswa dalam proses belajarnya. Pada siswa SMA Pasundan 1 Bandung, terdapat siswa yang memiliki nilai dibawah KKM terutama di kelas XI IPS. Siswa-siswa tersebut memperlihatkan perilaku seperti siswa sering tidak mengikuti kegiatan belajar, siswa tidak memperhatikan dan fokus pada pelajaran, siswa sering merasa bosan dan jenuh dengan kegiatan belajar yang ada di sekolah, padahal keterlibatan siswa dalam belajar merupakan hal yang penting dan dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empirik siswa mengenai Student engagement dan faktor-faktor terkait di SMA Pasundan 1 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi deskriptif dengan populasinya yaitu 50 siswa. Pengumpulan data Student engagement dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang didasarkan pada konsep dari James.P. Connell. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan hasil bahwa 33 siswa memiliki Student engagement rendah dan 17 siswa memiliki Student engagement tinggi.


Keywords


Remaja, Student engagement, Studi Deskriptif

References


Connell, J. P., & Wellborn, J. G. (1990). Competence, autonomy, and relatedness: a motivational analysis of self system process. University of Rochester

Klem, A. M., & Connell, J. P. (2004). Relationships matter: linking teacher support to student engagement and achievement. Journal of School Health., Vol. 74, No. 7

Klem, A. M., & Connell, J. P. (2004). Engaging youth in school. Institute For Research

And Reform In Education

Noor, H. (2009). Psikometri, aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba

Patrick, B. C., Skinner, E. A., & Connell, J. P., (1993). What motivates children’s behavior and emotion? joint effects of perceived control and autonomy in the academic domain. Journal of Personality and Social Psychology 1993, vol. 65, No. 4, 781-791.

Skinner, E. A., Kindermann, Thomas, A., Connell, J. P., & Wellborn, J. G. (2009). Engagement and disafection as organizational constructs in the dynamics of

motivational development.

Siregar, S., (2013). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

(http://smapasundan1-bandung.sch.id//) di unduh tanggal 2 Desember 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1204

Flag Counter