HUBUNGAN ANTARA CHARACTER STRENGTH DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU HONORER DI SLB NEGERI CINTA ASIH SOREANG

Devina Kristanti, Dewi Sartika Akbar

Abstract


Abstrak. SLB Negeri Cinta Asih Soreang merupakan sekolah luar biasa negeri yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan khusus di daerah. Di sekolah ini terdapat guru-guru honorer. Dalam menjalankan pekerjaannya, mereka mengalami berbagai kendala. Seperti lokasi sekolah yang sangat jauh, bingung menghadapi murid jika sudah sulit dikendalikan, fasilitas sekolah minim, dan upah yang minim. Meskipun begitu, mereka tetap melakukan usaha yang terbaik dan tanpa menganggapnya sebagai beban. Mereka tetap memiliki pikiran dan pandangan positif yang menunjukkan optimisme mereka dalam menjalani tugas dan tanggung jawabnya. Pikiran dan pandangan positif ini, menurut kajian psikologi positif dikatakan sebagai character strength. Character strength adalah kekuatan dan kebajikan yang memunculkan perasaan positif dan perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam menjalankan pekerjaannya. Banyaknya kendala ini membuat turnover pada guru honorer yang lain. Walaupun demikian masih ada guru yang bertahan. Mereka tetap berperilaku sejalan dengan tuntutan sekolah dan memiliki rasa bangga bekerja di SLB ini. Para guru honorer ini pula yang masih kerasan bekerja, dan memiliki keinginan untuk memajukan sekolah agar SLB tersebut selalu dipercaya oleh masyarakat sebagai SLB yang bagus. Hal ini berhubungan dengan komitmen terhadap organisasi. Salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya komitmen ialah ditentukan karakteristik pribadi. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat hubungan character strength dengan komitmen organisasi pada guru honorer di SLB Negeri Cinta Asih Soreang. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah 13 orang guru honorer SLB Negeri Cinta Asih Soreang. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner  Values in Action Inventory Strength (VIA–IS) 2004 dari Martin E. P Seligman dan Organizational Commitment Questionnare (OCQ) yang disusun oleh Lyman W.Porters. Dari hasil uji korelasi rank spearman, character strength yang berkorelasi paling erat dengan komitmen organisasi adalah gratitude dengan nilai rs = 0.567 dan persentase kontribusinya sebesar 32.1%.

Kata kunci : Character Strength, Komitmen Organisasi, Guru Honorer

 


Keywords


Character Strength, Komitmen Organisasi, Guru Honorer

References


Arikunto, S. (2009). Manajemen penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomer 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. diunduh dari http://inherent-dikti.net/files/sisdiknaspdf (diakses tanggal 9 November 2014)

Efendi, M. (2006). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Efivanias, Hendra. (2012). Tak semua guru mampu mengajar di SLB. Diunduh darihttp://pekanbaru.tribunnews.com/2012/06/08/tak-semua-guru-mampu-mengajar-di-slb (diakses tanggal 25 Maret 2015)

Irawati, Yulia. (2013). Hubungan antara profil character strength dengan komitmen organisasi pada karyawan staff hotel p bandung. Skripsi. Universitas Islam Bandung. Bandung

Jin et al., (2014). Relation of character strengths to personal teaching efficacy in korean special education teacher. International journal of special education. Vol. 29, No. 2, tahun 2014.

Khoiriyah, Dhurul. (2013). Emosi positif pada guru sekolah luar biasa (SLB) C. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta

Lestari, Elita. (2013). Studi deskriptif gambaran kekuatan karakter guru honorer di SMP negeri satu atap cikoneng kabupaten bandung. Skripsi. Universitas Islam Bandung. Bandung

Mowday, R.T., Porter, L.W., & Steers, R.M. (1982). Employee organization linkages; the psychology of commitment, abseenteism, and turnover. New York: Academic Press, Inc

Noor, H. (2012). Psikometri, aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku. Bandung: Jauhar Mandiri.

Peterson, C.& Seligman, M.EP. (2004). Character strength and virtues; a handbook and classification. New York: Oxford University Press, Inc.

Porter, L.W., (1979). Journal of vocational behavior “the measurement of organizational commitmentâ€. University of Oregon and University California

Rakhmat, D. (2001). Metode penelitian komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sartika, D., et al (2014). Kontribusi kekuatan karakter terhadap komitmen pada organisasi karyawan hotel bintang 4 & 5 di kota Bandung. Prosiding SNaPP 2014 Sosial, Ekonomi, Humaniora

Sugiono, Prof. Dr. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sydney, S. (1997). Statistic non parametric untuk ilmu-ilmu sosial. Bandung: PT. Gramedia Pustaka Utama

Uzer Usman, Moh. (2000). Menjadi guru profesional edisi kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wakiran., et al (2004). Pengkajian sistem penggajian pegawai tidak tetap. Jakarta: Puslitbang Badan Kepegawaian Negara




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1197

Flag Counter    Â