STUDI DESKRIPTIF ADVERSITY QUOTIENT MAHASISWA BERPRESTASI RENDAH FAKULTAS PSIKOLOGI UNISBA ANGKATAN 2012

DIANY DEVYANI SYAFITRI, HEDI WAHYUDI

Abstract


Mahasiswa Fakultas Psikologi merupakan mahasiswa yang terpilih melalui tes saringan masuk Universitas seperti tes akademik dan psikotest. Adanya tes saringan masuk tersebut diharapkan mahasiswa mampu menyesuaikan diri terhadap tuntutan akademik dan mampu memperoleh prestasi yang baik. Namun kenyataannya masih banyak mahasiswa yang memperoleh prestasi rendah, yaitu dengan memiliki IPK kurang dari 2.00. Mahasiswa mengakui adanya beban yang dirasakan sebagai suatu hambatan yang mempengaruhi prestasi akademik. Menurut Stoltz (2000), seseorang akan segera menyerah jika dihadapkan dengan situasi sulit atau tetap bertahan sampai berhasil merupakan Adversity Quotient. Dimensi-dimensi yang terdapat pada Adversity Quotient yaitu Control, Origin and Ownership, Reach, dan Endurance Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana gambaran Adversity Quotient pada mahasiswa berprestasi rendah di Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi sebanyak 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan alat ukur Adversity Quotient yang di adaptasi berdasarkan teori Stoltz (2000) sebanyak 51 item telah diuji validitas dan realibilitas dengan realibitas sebesar 0,942. Dengan metode statistic menunjukan 77,8% (14 orang) memiliki Adversity Quotient rendah dan 22,2% (4 orang) memiliki Adversity Quotient tinggi.


Keywords


Mahasiswa berprestasi rendah, Mahasiswa Fakultas Psikologi, Adversity Quotient

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashardiani, Rizqi Rohima. 2007. Survey Mengenai Adversity Quotient pada Mahasiswa Kurnas

Fakultas Psikologi yang Sedang Menyelesaikan skripsi di Universitas Islam Bandung. Skripsi Sarjana, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Havighurst, R.J. 1992. Development task and education, 3rd edition. New York: David McKay.

Lasmono, Hari. K. 2001. Tinjauan Singkat Adversity Quotient. Anima, Indonesia Psychological

Journal. 63-68.

Noor, Hasanuddin. 2012. Psikometri. Bandung, Jauhar Mandiri. Cetakan kedua.

Silvera, Ria. 2010. Studi Perbandingan Adversity Quotient pada Mahasiswa Berprestasi Tinggi

dengan Mahasiswa Berprestasi Rendah di Fakultas Psikologi UNISBA Angkatan 2005. Skripsi Sarjana. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Stoltz, P.G. 2000. Adversity quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Penerjemah:

T.Hermaya, editor: Yovita Hardiwati. Jakarta: Grasido.

Stoltz, P. G. 2000. Adversity Work: Make everyday challenges the key to your success. New

York: Harper Collins Publishers Inc,

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo

Winkel. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1183

Flag Counter    Â