Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa TK A Melalui Metode Role Play BCCT (Beyond Centers And Circle Times) Di Tk Centeh Bandung (Studi Pada Anak Dengan Kepercayaan Diri Rendah)

Azizah Pahmawati, Temi Damayanti Dj

Abstract


Abstract. In TK Centeh looks still many children who lack confidence. This can be seen from children who are more silent when asked by the teacher to do assignments, are embarrassed to appear in public, and are more often alone than joining other friends. Lack of confidence in children will make it difficult for them to socialize with other people in their environment. To handle such confidence issues, it's can be handled by providing the right method of learning in school to increase the confidence of children (Restu, 2013). One method of learning that can be used is the method of the role play of the BCCT (Beyond Centers and Circle Times). This study aims to find out that the method of playing the role of BCCT can increase children's self-confidence in TK Centeh Bandung. Subjects in this study were students of TK A at TK Centeh Bandung. The method used is True Experimental with Posttest-Only Control Design design. Data collection is done by using a measuring instrument in the form of observation with a checklist recording technique that lists the child's self-confidence behavior. The sampling technique used is random sampling. Based on the results of data processing obtained the results of t = 6.56 with tα = 2.831, so that t ≥ tα. This shows that on average there is a difference in the level of confidence of children in the experimental group with the control group children. This means that the role playing method BCCT can increase the confidence of children in TK Centeh Bandung.

Keywords :Role Play BCCT(Beyond Centers And Circle Times), Self Confidence, Posttest- Only Control Design

Abstrak. Di TK Centeh terlihat masih banyak anak yang kurang memiliki kepercayaan diri. Hal ini terlihat dari anak yang lebih banyak diam saat diminta guru mengerjakan tugas, malu untuk tampil di depan umum, dan lebih sering menyendiri dibandingkan bergabung dengan temannya yang lain. Kurangnya kepercayaan diri pada anak akan membuat ia kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain di lingkungannya. Untuk menangani permasalahan kepercayaan diri tersebut, dapat ditangani salah satunya dengan pemberian metode pembelajaran yang tepat di sekolah agar meningkatkan kepercayaan diri anak (Restu,2013). Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan ialah metode bermain peran BCCT (Beyond Centers And Circle Times). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran BCCT dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Centeh Bandung. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa TK A di TK Centeh Bandung. Metode yang digunakan ialah True Experimental dengan desain Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa observasi dengan teknik pencatatan checklist yang berisi daftar perilaku kepercayaan diri anak. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat hasil t = 6,56 dengan tα = 2,831, sehingga t ≥ tα. Hal ini menunjukkan bahwa secara rata-rata terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri anak kelompok eksperimen dengan anak kelompok kontrol. Artinya metode bermain peran BCCT dapat meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Centeh Bandung.

Kata Kunci: Bermain Peran BCCT (Beyond Centers And Circle Times), Kepercayaan Diri, Posttest- Only Control Design

Keywords


Bermain Peran BCCT (Beyond Centers And Circle Times), Kepercayaan Diri, Posttest- Only Control Design

Full Text:

PDF

References


Christensen,L.B., Johnson,R.B & Turner, L.A. (2014). Research Methods, Design, and Analysis (12th ed). England : Pearson.

Chofivah, Siti.(2008). Penerapan Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) Di PAUD Nasional Anak Saleh Malang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Hakim, Thursan. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: PT. Puspaswara.

Mufrihatin. (2008). Aplikasi Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Times) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Restu, Adhita. (2013). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Aktif Di TK Pembinaan Kecamatan Bantul. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumber lain :

https://www.liputan6.com/health/read/3462397/kepercayaan-diri-anak-perempuan-indonesia-rendah-apa-sebabnya (Diakses :19 April 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11725

Flag Counter    Â