Studi Deskriptif Gratitude pada Guru Honorer di SMP Pasundan 1 Cimahi

Anisa Kania Faturochmi, Indri Utami Sumaryanti

Abstract


Abstract. SMP Pasundan 1 Cimahi is one of the private schools in Cimahi city with the number of teachers with honorary status is greater than the number of permanent teachers. The unbalanced teaching hour and income become an obstacle for teachers teaching in the school. However, these constraints are perceived as positive for most teachers in SMP Pasundan 1 Cimahi, where they perceive as an emotion which in this case is called Gratitude. This research was conducted to obtain empirical data about the picture of Gratitude and the factors that affect the gratitude felt to the honorary teachers in SMP Pasundan 1 Cimahi. This study is a population study conducted on all honorary teachers in SMP Pasundan 1 Cimahi which amounted to 32 people and using descriptive method with Gratitude measuring tool derived from the theory of McCullogh made by the researchers themselves with a range of validity of 0.314 - 0.706 and reliability of 0.922. The results of this study showed that 75% of teachers being honorary to teach in SMP Pasundan 1 Cimahi belonging to the category with high Gratitude and 25% other belonging to the low Gratitude category. The dominant dimensions of high Gratitude are Intensity, Span, Frequency and Density. While the factors that influence the level of gratitude of honorary teachers in Pasundan 1 Cimahi Middle School are religiosity.

Keywords: Gratitude, Master Honorer, SMP Pasundan 1 Cimahi


Abstrak. SMP Pasundan 1 Cimahi adalah salah satu sekolah swasta di kota Cimahi dengan jumlah guru yang berstatus honorer yang lebih besar dibandingkan jumlah guru tetap. Tantangan mengajar dan pendapatan yang tidak seimbang menjadi sebuah kendala bagi guru yang mengajar di sekolah tersebut. Namun kendala-kendala tersebut dipersepsikan sebagai hal yang positif bagi sebagian besar guru di SMP Pasundan 1 Cimahi, dimana mereka mempersepsikan sebagai sebuah emosi kebersyukuran yang dalam hal ini disebut sebagai Gratitude. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data empiris mengenai gambaran Gratitude dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebersyukuran yang dirasakan pada guru honorer di SMP Pasundan 1 Cimahi. Penelitian ini merupakan studi populasi yang dilakukan pada seluruh guru honorer di SMP Pasundan 1 Cimahi yang berjumlah 32 orang dan menggunakan metode deskriptif dengan alat ukur Gratitude turunan dari teori McCullogh yang dibuat oleh peneliti sendiri dengan rentang validitas 0,314 – 0,706 dan reliabilitas 0,922. Hasil dari penelitian ini menunjukan 75% guru honorer yang mengajar di SMP Pasundan 1 Cimahi tergolong pada kategori dengan Gratitude yang tinggi dan 25% lainnya tergolong pada kategori Gratitude rendah. Dimensi dominan pada Gratitude tinggi adalah Intensity, Span, Frequency dan Density. Sedangkan faktor yang mempengaruhi tingkat gratitude guru honorer di SMP Pasundan 1 Cimahi adalah religiusitas.

Kata Kunci: Gratitude, Guru Honorer, SMP Pasundan 1 Cimahi


Keywords


Gratitude, Guru Honorer, SMP Pasundan 1 Cimahi

Full Text:

PDF

References


Al-Fauzan, A. B. S.(2008). Menjadi Hamba yang Pandai Bersyukur. Solo:Aqwam.

Anderson, E.T. & McFarlane, J.(2006). Buku Ajar Keperawatan Komunita: Teori

dan praktek (edisi 3). Jakarta:EGC

Astrid Swandira Balkis, Achmad Mujab Masykur. 2016. MemahamiI Subjective Well-Being Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri Volume 5 (2), 223-228

Bono,G & Emmons, R.A & McCullough, M.E. Gratitude In Practiced And The Praticed Of Gratitude. In P.A. Linsey & S. Joseph. Positive Psychology In Practice. Hoboken NJ, US; John Wiley & Sun Inc.(2004), 464-465.

Darmaningtyas.(2015). Pendidikan yang memiskinkan (edisirevisi). Yogyakarta: Intrans Publishing.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyasa. (2006). Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Emmons, R. A, & Shelton, C. M. (2002). Gratitude and the science of positive psychology. Handbook of Positive Psychology.

Emmons, R. (2007). Thanks: how the new scienceof gratitude can make you hapier.Boston: Houghton Miflyn Company.

Hasbullah. (1999). Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

etd.repository.ugm.ac.id/.../S1-2015-299475-introduction.pdf

McCullough, M. E., Kilpatrick, S. D., Emmons, R. A dan Larson, D. B.(2001). Is Gratitude a Moral Effect. Journal Psychological Bulletin. Vol. 127, No. 2, 249-266.

McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J.-A. (2002). The Grateful disposition: A conceptual and empirical topography. Journal of Personality and Social Psychology, 82(1), 112–127.

McCullough, M. E., Kimeldorf, M. B., dan Cohen, A. D.,2008. An Adaptation for Altruism? The Social Causes, Social Effect, and Social Evolution of Gratitude. Journal of Psychological Science. Vol. 17, No. 4, 281-285.

Meiza. (2016). Perbedaan Kebahagiaan pada Guru Berstatus PNS dan Honorer Volume 9. No. 2, Desember 2016

Noor, H. (2009). Psikometri; Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Tingkah Laku. Bandung: Jauhar Mandiri.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi guru profesional.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Character strengths and virtues: A classification andhandbook. New York: Oxford University Press/Washington, DC: American Psycho-logical Association.

Pramitasari. (2016). Hubungan Kebersyukuran dengan Kesejahteraan Subjektif pada Guru SMA Negeri 1 Sewon

Dalam http://digilib.uin-suka.ac.id/20860/

Robert A. Emmons and Michael E. McCullough. The Psychology of Gratitude: Series in Affective sciense. (New York: Oxfort University Press, 2004), 8-9.

Robert A. Emmons and Michael E. McCullough. The Psychology of Gratitude: Series in Affective sciense. 5.

Robert A. Emmons & Michael E. McCullough. 2004. The Psychology of

Kebersyukuran. Published by Oxford University Press, Inc (p. 4-5)

Suryabrata, Sumadi, (1998). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wicaksono, A. R. (2013). Hubungan antara Kebersyukuran dengan Efikasi Diri pada Guru Tidak Tetap di Sekolah Dasar Muhammadiyah. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wood, A.M., Joseph, S., & Maltby , J. (2009). Gratitude Predict Psychological Well-Being

Above the Big Five Facets. Personality and Individual Differences, 46, 443-447.

Wood, A. M., Maltby, J., Gillett, R., Linley, P. A., & Joseph, S. (2008). The role of gratitude in the development of social support, stress, and depression: Two longitudinal studies. Journal of Research in Personality, 42, 854–871.

http://www.disdik.jabarprov.go.id/index.php?r=site/news/id/2b24d495052a8ce66358eb576b8912c8

http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_AA46E7FA-90A3-46D9-BDE6-CA6111248E94_.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11372

Flag Counter    Â