HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN HARDINESS PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK PENDERITA LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT DI RUMAH CINTA KANKER KOTA BANDUNG

NADYA NUR MAHARANI, LILIM HALIMAH

Abstract


Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan salah satunya kanker leukemia limfoblastik akut yang menyerang pada anak dibawah 5 tahun. Pasien kanker leukemia akan menjalani pengobatan dalam jangka waktu yang lama sekitar 3-5 tahun. Hal ini membuat orang tua mengalami stres dan tekanan yang sangat besar terutama ibu, karena ibu merupakan figure utama bagi anak. Banyaknya situasi yang tidak menyenangkan membuat ibu semakin tertekan, setiap ibu memiliki karakteristik kepribadian yang menjadikan kekuatan dasar untuk menemukan kapasitas dalam menghadapi stres atas tekanan yang dihadapi berkaitan dengan tanggung jawab dalam merawat anaknya. Hal ini disebut dengan hardiness. Menurut Kobasa (2005), hardiness adalah karakteristik kepribadian yang melibatkan kemampuan untuk mengendalikan kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan dan memberi makna positif terhadap kejadian tersebut sehingga tidak menimbulkan stres pada individu yang bersangkutan. Terdapat faktor yang meningkatkan hardiness, salah satunya adalah faktor dukungan sosial. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk memperoleh data empirik mengenai keeratan hubungan antara dukungan sosial dan hardiness pada ibu yang memiliki anak penderita leukemia limfoblastik akut di Rumah Cinta Kanker Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah korelasi. Penelitian ini merupakan populasi yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa kuisioner dari teori Hardiness dari Kobasa (2005) dan dukungan sosial dari Sarafino (2011). Analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil diperoleh nilai rs = 0,654 dengan  0,003, artinya terdapat hubungan yang erat antara dukungan sosial dengan hardiness pada ibu yang memiliki anak penderita leukemia limfoblastik akut di Rumah Cinta Kanker Kota Bandung.


Keywords


Dukungan sosial, Hardiness, Rumah Cinta Kanker Bandung.

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Dian, Oktaria Olivia. (2014). Kepribadian Hardiness dengan Prestasi Kerja Karyawan Bank. Vol.02 No.01. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah

Hurlock, B. Elizabeth. (1996). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2005). Organizational Behavior. New York: The McGraw-Hill.

Kobasa, S. C. (1979). Stressful Life Events, Personality and Health : An Inquiry Into Hardiness. Journal of Personality & Social Psychology, 37, 1-15

Maddi, S. R., Kobasa, S. C. (2005). The Story of Hardiness. Twenty Years of Theorizing Research and Practice. Consulting Psychology Journal Practice and Research, 54(3), 175-185.

Munda, Aprilia. (2013). Resiliensi dan Dukungan Sosial Pada Orangtua Tunggal. Vol.01 No.03 pp. 268-279. Samarinda: Psikologi Fisip Universitas Mulawarman.

Noor, Hasanudin. (2009). Psikometri, Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung : Fakultas Psikologi Unisba.

Nur Hamidah Ihsan, Ritmi. (2011). Studi Perbandingan Hardiness Pasien Kanker Payudara yang Bergabung dengan yang tidak Bergabung dalam Bandung Cancer Society. Skripsi. Bandung. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Riska Dede, Rahmawati. (2013). Penyesuaian Diri Anak Penderita Kanker Leukemia Terhadap Hospitalisasi. Skripsi. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia.

Sarafino, E.P. (2011). Social Support : Health Psychology. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Sarie Puspita, Aulia. (2015). Hubungan Antara Hardiness Dengan Coping Strategy Pada Siswa Yang Bekerja Part Time di SMK Al-Falah Kota Bandung.Skripsi. Bandung. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Sari,Diana. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dengan Hardiness Pada Remaja Di Panti Asuhan Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Schultz, D. dan Schultz, S. E. 2002. Psychology and Work Today. Eight Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supandiman, Iman, dr.,DSPD.H. (1994). Hematologi Klinik. Bandung: Penerbit Alumni

Ulfa, Rizkiani. (2008). Penerimaan Diri Pada Remaja Penderita Leukemia. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.




Flag Counter