Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai (Remaining Service Life / RSL) pada Jalur Pipa Transportasi Crude Oil Bs Cemara – Mgs Terminal Balongan di PT Pertamina Ep Asset 3 Oil & Gas Transportation Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat

Muhamad Enggar Hayatullah, Elfida Moralista, Sri Widayati

Abstract


Abstract. PT Pertamina is one of the large BUMN in Indonesia. Its main task is to manage Indonesia's oil and gas mining. In the management process, PT Pertamina uses a lot of metal equipment. The biggest problem experienced by such equipment is corrosion. Corrosion is a material damage caused by environmental influences or its surroundings. The corrosion process that occurs is caused by electrochemical process. The surrounding environment can be acidic, air, dew, freshwater, river and soil. The fluid composition contained in the oil is calcium, magnesium, barium, ferum and sodium, chloride, bicarbonate, carbonate, hydroxide and sulphate. This research was conducted to control and monitor the corrosion rate of 25 km of oil transportation pipeline from BS Cemara - MGS Balongan Indramayu West Java. The tool used in measurement of pipe thickness is Smart Sensor Ultra Sonic Guage DM 5. Based on the data of the thickness of the pipe can be calculated the rate of corrosion and the remaining life of the pipe. The type of corrosion that occurs in the transportation pipe is the uniform corrosion, corrosion wells and gap corrosion. The method used in PT Pertamina EP Asset 3 Oil and Gas Transportation to protect the pipe from corrosion is cathodic protection method of sacrificial anode using magnesium installed every 500 meters and using primary, secondary and tertiary coatings under Polyken brand. The corrosion rate of BS Cemara - MGS Balongan oil pipeline transportation line ranges from 0.066 mm / y to 0.217 mm / yr and is categorized as good to excellent. Meanwhile, the remaining service life or Remaining Service Life (RSL) of the pipe ranges from 15 years to 81 years.

Keywords: Corrosion Rate, Remaining Life Of Pipe, Oil Transportation Pipeline and Smart Sensor Ultra Sonic Guage DM 5

Abstrak. PT Pertamina merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia. Tugas utamanya adalah mengelola pertambangan minyak dan gas bumi Indonesia. Dalam proses pengelolaan tersebut, PT Pertamina banyak menggunakan peralatan dari bahan logam. Masalah terbesar yang dialami peralatan tersebut adalah korosi. Korosi merupakan kerusakan material yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan atau sekelilingnya. Proses korosi yang terjadi diakibatkan oleh proses elektrokimia. Lingkungan sekelilingnya dapat berupa lingkungan asam, udara, embun, air tawar, air sungai dan tanah. Komposisi fluida yang terkandung dalam minyak tersebut adalah kalsium, magnesium, barium, ferum dan natrium, klorida, bikarbonat, karbonat, hidroksida dan sulfat. Penelitian ini dilakukan untuk mengontrol dan memonitoring laju korosi pada jalur pipa transportasi minyak sepanjang 25 km dari BS Cemara – MGS Balongan Indramayu Jawa Barat. Alat yang digunakan dalam pengukuran ketebalan pipa yaitu Smart Sensor Ultra Sonic Guage DM 5. Berdasarkan data penurunan ketebalan pipa tersebut dapat dihitung laju korosi dan sisa umur pakai pipa. Jenis korosi yang terjadi pada pipa transportasi tersebut yaitu korosi merata, korosi sumuran dan korosi celah. Metoda yang digunakan di PT Pertamina EP Asset 3 Oil and Gas Transportation untuk melindungi pipa dari korosi yaitu metoda proteksi katodik anoda korban menggunakan magnesium yang dipasang setiap 500 meter dan menggunakan coating primer, sekunder serta tersier dengan merek Polyken. Laju korosi pada jalur pipa transportasi minyak BS Cemara – MGS Balongan  berkisar antara  0,066 mm/tahun sampai 0,217 mm/tahun dan tergolong dalam kategori good hingga excellent. Sementara itu sisa umur pakai atau Remaining Service Life (RSL) pipa tersebut berkisar antara 15 tahun sampai 81 tahun.

Kata Kunci: Laju korosi, Sisa Umur Pakai Pipa, Pipa Transportasi Minyak dan Smart Sensor Ultra Sonic Guage DM 5


Keywords


Laju korosi, Sisa Umur Pakai Pipa, Pipa Transportasi Minyak dan Smart Sensor Ultra Sonic Guage DM 5

Full Text:

PDF

References


Agung, 2012. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Korosi†agungfirdausi.my.id/2012/04/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-korosi.html.

Akbar, Fatwa Ath-thaariq. 2017. “Penentuan Laju Korosi Dan Remaining Service Life (RSL) Pipa Transportasi Jalur 1 di PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Balongan Indramayu Jawa Barat Sampai Plumpang Jakarta Utaraâ€. Skripsi Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik. Universitas Islam Bandung.

API . 2004. Spesification 5L Forty Third edition, Spesification for line pipe. Washington : API Published Service.

Furqan, Muhammad, 2013 “Perhitungan Laju Korosiâ€. m10mechanicalengineering.blogspot.co.id/2013/11/laju korosi.html

Jonnes, Danny A. 1991. “Principles and Prevention of Corrosionâ€. New York. Macmillan Publishing Company.

Kenneth R Trethewey dan John Chamberlain, 1991 “Korosi Untuk Mahasiswa Sains dan Rekayasaâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama,Jakarta.

Marcus P., and Oudar J., 1995. Corrosion Mechanisms in Theory and Practice, Marcel Dekker Inc.

NACE Standard RP0169 - Control of ExternalCorrosion on Underground or Submerged MetallicPiping Systems.

Olivia, Denise. 2013. “Studi Teknis Penentuan Sisa Umur Pakai (Remaining Service Life) Pada Jaringan Pipa Produksi Minyak Bumi di Autoride Nasional Do Petroleo Dili-Timor Lesteâ€. Skripsi Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik. Universitas Islam Bandung.

Supriyanto. 2007. Tugas Akhir. “Pengaruh Konsentrasi Larutan NaCl 2% dan 3,5% Terhadap Laju Korosi Pada Baja Karbon Rendahâ€. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta

West J.M., 1986. Basic Corrosion and Oxidation, Second Ed., Ellis Horwood Publishers Limited, England.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.9665

Flag Counter    Â