Perencanaan Project Perbaikan Segmen Jalan Tanggulungan dan Pemasangan Culvert di PT Vale Indonesia Tbk, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan

Jerry Dwifajar Prabowo, Dono Guntoro, Maryanto Maryanto

Abstract


Abstract. PT Vale Indonesia Tbk located on District of Nuha, Region of Luwu Timur, South Sulawesi. This company operated at nickel mining sectoral, side by mining and processing laterit nickel ore to product nickel matte with district of mining on two block mining are West Block and East Block, with one processing fabric between on two mining mining area.Review of the state of the pitch, Tanggulungan haul road segments have a width of the road not meet the standard operational procedure and has a standing water problem, so it needs to do maintenance on the road segment. Maintenance activities begin with modeling of roadside segment Tanggulungan design in accordance with SOP, widening and road weaping, excavation and installation of culvert, spreading pavement material, and ending with compaction activities.On the activities carried out there are parts that must be disassembled (cut) and parts of dump (fill). The amount of material that must be disassembled in the activity as much as 12.628,474 Wmt and material must be dumped as much as 18.756,950 Wmt. In addition, there is a pave fill material that is slag material as much as 18.722,163 Wmt. Disassembling and dumping activities require various types of mechanical devices in their activities, namely excavator backhoe, dump truck, motor grader, and compactor. The tool is then scheduled for road repairs performed, if the transport of pavement material is done with a dump truck type Volvo FMX 370, then the scheduling plan that is done to complete the road improvement activities lasts 37 days, when using the number of conveyance units close to the value Match factor equal to 1 or by using 4 units of conveyance then the time required only 17 days. While the use of Caterpillar 777 C dump truck unit, road repair activities are planned to be completed in 11 days with 1 unit, when using the number of conveyance units approaching the value of match factor equal to 1 or using 4 units of conveyance then the time required is nly 9 days.

Keywords: Road Maintenance, SOP, Planning Time of Activities

Abstrak. PT Vale Indonesia Tbk terletak di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Perusahaan ini beroperasi dalam bidang pertambangan nikel, baik dalam segi penambangan dan pengolahan bijih nikel laterit menjadi produk nikel matte dengan daerah penambangan terletak di dua area blok penambangan yaitu Blok Barat (West Block) ) dan Blok Timur (East Block), serta satu buah pabrik pengolahan yang terletak di antara dua area penambangan. Meninjau dari keadaan lapangan, segmen mine haul road Tanggulungan memiliki lebar jalan yang belum memenuhi standart operational procedure dan memiliki permasalahan air yang menggenang, sehingga perlu dilakukannya maintenance pada segmen jalan tersebut. Kegiatan maintenance yang dilakukan diawali dengan pemodelan rancangan segmen jalan Tanggulungan sesuai dengan SOP, pelebaran dan perapihan jalan, penggalian dan pemasangan culvert, spreading pavement material, dan diakhiri dengan kegiatan kompaksi. Pada kegiatan yang dilakukan terdapat bagian yang harus dibongkar (cut) dan bagian yang ditimbun (fill). Banyaknya material yang harus dibongkar pada kegiatan tersebut sebanyak 12.628,474 Wmt dan material yang harus ditimbun sebanyak 18.756,950 Wmt. Selain itu, terdapat material pave fill yaitu material slag sebanyak 18.722,163 Wmt. Kegiatan pembongkaran dan penimbunan tersebut membutuhkan berbagai jenis alat mekanis dalam kegiatannya, yaitu excavator backhoe, dump truck, motor grader, dan compactor. Alat tersebut kemudian dijadwalkan untuk perbaikan jalan yang dilakukan, apabila kegiatan pengangkutan material pavement dilakukan dengan satu dump truck tipe Volvo FMX 370, maka rencana penjadwalan yang dilakukan untuk menyelesaikan kegiatan perbaikan jalan tersebut berlangsung selama 35 hari, apabila menggunakan jumlah unit alat angkut yang mendekati nilai match factor sama dengan 1 atau dengan menggunakan 3 unit alat angkut maka waktu yang dibutuhkan hanya 17 hari. Sementara penggunaan unit dump truck tipe Caterpillar 777 C, kegiatan perbaikan jalan direcanakan akan selesai dengan waktu 11 hari dengan 1 unit, apabila menggunakan jumlah unit alat angkut yang mendekati nilai match factor sama dengan 1 atau dengan menggunakan 4 unit alat angkut maka waktu yang dibutuhkan hanya 9 hari.

Kata Kunci: Perbaikan Jalan, SOP, Perencanaan Waktu Kegiatan


Keywords


Perbaikan Jalan, SOP, Perencanaan Waktu Kegiatan

Full Text:

PDF

References


Aniceto, Natalia Vieira. 2012. Kajian Perhitungan Produktivitas Grader Dan Penentuan Availability Serta Utilisasi Minimum Untuk Perawatan Jalan Di Mine Department And Exploration PT. Vale Indonesia Tbk. Skripsi Program Studi Teknik Pertambangan. Yogyakarta : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Anonymous (A). 2007. Hydraulic Excavator 320D L Cat. USA : Caterpillar.

Anonymous (B). 1998. 16 H Motor Grader Cat. USA : Caterpillar.

Anonymous (C). 1996. 777 C Off-Highway Truck Cat. USA : Caterpillar.

Anonymous (D). 2007. 777 D Off-Highway Truck Cat. USA : Caterpillar.

Anonymous (E). 2006. SD-160 & SD-200 TF Series Soil Compactors. Ingersoll Rand

Anonymous (F). 2007. Spesicifications & Application Handbook Edition 28. Japan : Komatsu.

Anonymous (G). 2013. Komatsu PC2000-8. Japan : Komatsu.

Anonymous (H). 2011. Volvo FMX 370 6 x 4R 6x6R. United Kingdom & Ireland : Volvo.

Asmar, Harry. 2008. Mine Haul Road Design, Construction, Maintenance & Operation Manual. Soroako : PT International Nickel Indonesia Tbk.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2008. Peta Wilayah Administrasi Pulau Sulawesi.

Gujarati, Amodar N. 1995. Basic Econometrics. Third Edition. New York: McGraw-Hill. p. 809.

Hayati, Enty Nur. 2010. Model Optimasi Penjadwalan Produksi yang Terintegrasi dengan Mempertimbangkan Faktor Biaya. Semarang : Universitas Stikubank Semarang.

Holman, Pete. 2006. Caterpillar Haul Road Design and Management. Big Iron University : St.Charles, IL.

Kaufman, Walter W. Dan James C. Ault. 2001. Design of Surface Mine Haulage Roads – A Manual. Pittsburch : United States Department of The Interior.

Kelompok Kerja Senitasi Kabupaten Luwu Timur. 2010. Buku Putih Sanitasi. Kabupaten Luwu Timur.

Maryanto. 2014. Buku Ajar Perencanaan Tambang. Bandung : Universitas Islam Bandung.

Pd-T-14-2005-B tentang Inspeksi dan Pemeliharaan Drainase Jalan.

Pratama, Devi Diansyah R. 2017. Kajian Efisiensi Bahan Bakar HD465 di Jalan Tambang Quarry PT Indocement. Skripsi Program Studi Teknik Pertambangan. Bandung : Universitas Islam Bandung.

Prodjosumarto, Partanto, 1993. Pemindahan Tanah Mekanis. Direktorat Jenderal Pertambangan Umum, Pusat Pengembangan Tenaga Pertambangan, Bandung.

Pusat Data dan Informasi ESDM. 2012. Kajian Supply Demand Mineral. Jakarta.

Rismawati. 2016. Desain Maintenance Mine Haul Road Anoa North. Makassar : Universitas Karya Dharma.

Simanjduntak, T.D., et. Al. 1991. Peta Geologi Lembar Malili, Sulawesi. Pusat Penelitian dan Pengembagan Geologi : Bandung

Tannant, D. and Regensburg, B. 2001. Guidelines for mine haul road design. School of Mining and Petroleum Engineering. Canada : University of Alberta, Edmonton.

Thompson, RJ. 2011. Mining Roads, Mine Haul Road Design, Construction & Maintenance Management. Western Australia’s Eastern Goldfields : Curtin University WA School of Mines.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.9647

Flag Counter    Â