Kajian Biaya Kepemilikan (Owning Cost) dan Biaya Operasi (Operating Cost) pada Peralatan Penambangan Batuan Andesit di PT Panghegar Mitra Abadi, Blok Gunung Gadung, Kampung Cikuya Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat

Ekky S, Zaenal Zaenal, Sri Widayati

Abstract


PT Panghegar Mitra Abadi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penambangan, pengolahan, dan pemasaran batu andesit. Lokasi penambangan terletak di Blok Gunung Gadung, Kampung Cikuya, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa PT Panghegar Mitra Abadi memeiliki beberapa masalah yang timbul seperti kurang efisiennya penggunaan alat, kerusakan alat secara mendadak, kurang disiplinnya operator dan berbagai faktor lainnya sehingga masalah tersebut menyebabkan biaya kegiatan produksi penambangan yang harus dikeluarkan menjadi besar.

Maka dari itu perlu dilakukannya penelitian untuk mengetahui biaya kepemilikan (owning cost) dan biaya operasi (operating cost) yang harus dikeluarkan serta untuk mengetahui biaya produksi yang harus diinvestasikian pada 10 tahun kedepan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada PT Panghegar Mitra Abadi telah diketahui bahwa total biaya kepemilikan (owning cost) per jam yaitu sebesar Rp 1.562.990,17 dan total biaya operasi (operating cost) per jam yaitu sebesar Rp 3.222.931,29. Sedangkan biaya yang harus diinvestasikan perusahaan untuk 10 tahun kedepan yaitu sebesar Rp 87.347.772.606,51.             

 

 


Keywords


Biaya Kepemilikan, Biaya Operasi, Biaya Produksi.

References


Anonim, 2017, “Tax And Insurance”, Aglo Info Indonesia

Anonim, 2017,”Economic Survey of Germany Launches” OCED, Germany

Anonim, 2017, “BI Rate Data Default”, Bank Indonesia

Anonim, 2017, “Profil Desa Lagadar”, Jawa Barat

Arif, Irwandi, 2008, “Analisis Investasi Tambang”, Program Studi Teknik Pertambangan, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Bangun, Filianti Teta Ateta, 2009, “Pengembangan Tanah Mekanik dan Alat Berat”, Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara.

Ohasi,Tetsuji, 2009, “Specifications & Application Handbook Komatsu Edition 30”, Komatsu, Tokyo.

Pradjosumarto, Partanto, 1993, “Pemindahan Tanah Mekanis”, Jurusan Teknik Pertambangan, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Rattu Vahlevi, 2015, “Owning Cost dan Operating Cost Pada Penambangan Nikel Di PT Fajar Bhakti Lintas Nusantara Sub-Kontraktor PT Sinar Karya Mustika”, Maluku Utara.

Stermole, Franklin J, 1996, “Economic Evaluation and Investment Decision Methods”, Invesment Evaluation corporation 2000 Golden drive, Colorado.

Suryamin, 2015, “Tingkat Inflasi dan Tingkat Suku Bunga di Indonesia Tahun 2015”,Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Wenwoth, C.K., 1922,”A Scale of Grade and Slass Term for Clastic Sediment”, Journal of Geology, 30: 377-392.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.8268

Flag Counter