Kajian Sisa Umur Pakai dan Proteksi Katodik Sistem Anoda Korban Pada Pipa Transportasi Gas Pipeline A di Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat

Achmad Adhyana Anwar, Elfida Moralista, Yuliadi Yuliadi

Abstract


Abstract. Gas and petroleum transportation activities generally use metal-based pipes. Metals have good resistance to temperature and pressure. However, metal pipes can experience degradation due to corrosion due to their interaction with the external and internal environment. The loss caused by corrosion is the reduction in thickness of the pipe which causes the pipe to leak and the remaining life of the pipe is low. Therefore it is necessary to monitor the corrosion of gas transportation pipes so that gas transportation activities can run effectively. This study was carried out on 2,367 meters of gas transportation pipeline which has been placed on above and below the surface. This study intended to determine the type of corrosion, the level of sacrificial anode of cathodhic protection, the corrosion rate and the remaining service life of pipe also the external environment factors which can be affected. The methodology used in this research is the measurement of the actual thickness of the pipe to determine the corrosion rate and the remaining service life of the pipe based on API 570. The actual thickness measurement was implemented at 14 test points which was using an Ultrasonic Thickness Gauge Panametrics MG 2 DL device. The environment condition in this location consists of the soil pH 5.6 – 6.1 included in the acidic environment, the average air temperatures 270C and the soil resistivity 2,286 – 3,282 ohm.cm included in the highly corrosive to corrosive category. The type of corrosion that is occurring in gas transportation pipes is uniform corrosion and erosion corrosion. The external environment factors which consists of pH and soil resistivity did not affect the corrosion rate and the remaining service life of the pipe because of coating, wrapping and sacrificial anode of cathodic protection are still working well. The potential of cathodic protection is between -1,077 until -991 mV vs CSE which is included in the protected level based on NACE RP0169. The corrosion rate of the pipe is 0.2382 – 0.2718 mm/year belongs to the good category based on the relative corrosion resistance of steel. The service life of the pipe has been 17 years and the remaining service life of the pipe is 5.56 – 8.73 years, so that the test point can be predicted to pass the pipe design life which is 20 years with a percentage about 13% longer than the design life of the pipe.

Keywords : Carbon Steel Pipe, Natural Gas, Cathodic Protection, Corrosion Rate, Remaining Service Life.

Abstraks. Kegiatan transportasi gas dan minyak bumi pada umumnya menggunakan pipa yang berbahan dasar logam. Logam memiliki sifat ketahanan yang baik terhadap temperatur dan tekanan. Namun demikian, pipa logam dapat mengalami penurunan kualitas yang disebabkan oleh korosi akibat berinteraksi dengan lingkungan eksternal dan internal. Kerugian yang ditimbulkan oleh korosi yaitu terjadinya pengurangan ketebalan pada pipa yang menyebabkan pipa tersebut dapat mengalami kebocoran serta sisa umur pakai pipa menjadi rendah. Oleh karena itu diperlukan monitoring, korosi terhadap pipa transportasi gas agar kegiatan transportasi gas berjalan efektif. Penelitian ini dilakukan pada pipa transportasi gas sepanjang 2.367 meter yang berada di atas dan di bawah permukaan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis korosi, tingkat proteksi metoda proteksi katodik sistem anoda korban, laju korosi dan sisa umur pakai pipa serta faktor-faktor lingkungan eksternal yang mempengaruhinya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran tebal aktual pipa untuk menentukan laju korosi dan sisa umur pakai pipa berdasarkan API 570. Pengukuran tebal aktual pipa dilakukan pada 14 test point dengan menggunakan alat Ultrasonic Thickness Gauge Panametrics MG 2 DL. Kondisi lingkungan pada lokasi penelitian yaitu memiliki pH tanah 5,6 – 6,1 termasuk kategori asam, temperatur udara rata-rata 270C dan resistivitas tanah 2.286 – 3.282 ohm.cm termasuk ke tingkat korosifitas sangat korosif sampai korosif. Jenis korosi yang terjadi pada pipa transportasi gas yaitu korosi merata dan korosi erosi. Faktor-faktor lingkungan eksternal yaitu pH dan resistivitas tanah tidak mempengaruhi laju korosi dan sisa umur pakai pipa karena coating, wrapping dan proteksi katodik sistem anoda korban yang diaplikasikan masih berfungsi dengan baik. Nilai potensial proteksi katodik berkisar -1.077 hingga -991 mV vs CSE yang menunjukan bahwa tingkat proteksi pipa adalah terproteksi berdasarkan standar NACE RP0169. Laju korosi yang terjadi berkisar 0,2382 – 0,2718 mm/tahun termasuk ke dalam kategori good berdasarkan ketahanan korosi relatif baja. Umur pakai pipa adalah 17 tahun dan sisa umur pakai pipa transportasi gas berkisar 5,56 – 8,73 tahun, sehingga umur pipa diprediksi dapat melebihi umur desain pipa yaitu 20 tahun dengan persentase sekitar 13% lebih lama dari umur desain pipa.

Kata kunci : Pipa Baja Karbon, Gas Bumi, Proteksi Katodik, Laju Korosi, Sisa Umur Pakai.


Keywords


Pipa Baja Karbon, Gas Bumi, Proteksi Katodik, Laju Korosi, Sisa Umur Paka

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2012, “Pipeline Transportation System for Liquids and Slurries (ASME 36.1)â€, The American Society of Mechanical Engineers, New York

Anonim, 2015, “Inspector’s Examination, Pressure Piping Inspector (API 570)â€. American Petroleum Institute, Washington DC.

Anonim, 2015, “Welded and Seamless Wrought Steel Pipe (ASME 36.1)â€, The American Society of Mechanical Engineer, New York.

Anonim, 2018, “Kecamatan Karawang Dalam Angka 2018â€, Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang.

Anonim, 2019, “Cadangan Gas Bumi Indonesiaâ€, Kementrian ESDM RI.

Anonim,2002, “Control of External Corrosion on Underground or Submerged Metallic Piping System (NACE RP 1609)â€. National Assocation of Corrosion Engineer, Houston.

Daryanto dan Amanto, 2006, “Ilmu Bahanâ€, Bumi Aksara, Jakarta.

Hutauruk, Franky Yonatan, 2017, “Analisa Laju Korosi pada Pipa Baja Karbon dan Pipa Galvanis dengan Metode Elektrokimiaâ€, Repository Thesis (Undergraduate) ID e-print : 44852, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Jonnes, Danny A. 1996. “Principles and Prevention of Corrosionâ€. New York. Macmillan Publishing Company.

Keneth, R. Trethew, 1991, “Korosi untuk Makahsiswa Sains dan Rekayasaâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Moralista, Elfida, Zaenal, dan Chamid, Chusharini, 2005, “Studi Upaya Peningkatan Umur Pakai Kontruksi Bangunan melalui Penghambatan Korosi Baja Tulangan Beton dengan Menggunakan Inhibitor Korosiâ€, Jurnal Penelitian dan Pengabdian (2 Juli – Desember 2005), ISSN :1693-699X P 104-112, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Musadad, Muhyi Sultoni, Moralista, Elfida, dan Zaenal, 2020, “Kajian Sisa Umur Pakai Pipa Transportasi Gas pada Pipeline F (SP 06 – 07) di Kecamatan Subang Kabupaten Subang Provinsi Jawa Baratâ€, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Agustus, 2020), ISSN: 2460-6499 P 509-514, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Nandi, 2006, “Minyak dan Gas Bumiâ€, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sucahyo Bagyo, 1999, “Ilmu Logamâ€, PT. Tiga Serangkai, Jakarta.

Utomo, Budi, 2009, “Jenis Korosi dan Penanggulangannyaâ€, Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v7i1.25878

Flag Counter    Â