Sistem Penguatan Batuan dengan menggunakan Baut Batuan (Rockbolt) dan Beton Tembak (Shotcrete) di Lubang Bukaan Pengembangan Blok Cikoneng PT Cibaliung Sumberdaya, Kab. Pandeglang, Prov. Banten

Eli Ambarini, Febri Hirnawan, Dono Guntoro

Abstract


PT Cibaliung Sumberdaya yang beroperasi dalam penambangan emas menerapkan sistem tambang bawah tanah dengan metoda cut and fill. Aktifitas penambangannya tidak akan terlepas dari penggalian lubang bukaan, baik lubang bukaan produksi maupun pengembangan. Blok penambangan (Cikoneng dan Cibitung) masih dalam tahap pengembangan. Lokasi penelitian berada di lubang bukaan pengembangan blok Cikoneng dengan panjang area teliti 20,5 m.

Penerapan sistem penguatan di lokasi penelitian tidak sesuai rekomendasi. Rockbolt dengan panjang 2 m seharusnya terpasang 9 buah dengan shotcrete setebal 8 cm. Namun pada keadaan aktual, rockbolt yang terpasang memiliki panjang 1,42 m. Hal tersebut karena keterbatasan jumbo drill, maka alternatif pemasangannya yaitu dengan jet leg yang hanya mampu memasang rockbolt sepanjang 1,5 m. Selain itu, ketersediaan rockbolt untuk daerah pengembangan hanya dengan panjang 1,42 m. Berdasarkan keadaan demikian, perlu kajian sistem penguatan dengan mempertimbangkan nilai faktor keamanan (FK), efektif, efisien, dan ekonomis.

Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan data empirik berupa klasifikasi massa batuan dengan metoda Rock Mass Rating (RMR), pemantauan keadaan aktual, serta perhitungan analitik baik teoritis maupun penerapan rekomendasi teoritis dalam keadaan aktual dengan software Phase 2 versi 8.0. Data tersebut dikombinasikan dengan hasil pemantauan sebagai perbandingan rekomendasi teoritis dan penerapan rekomendasi teoritis dalam keadaan aktual.

Kajian model stabilitas lubang bukaan teoritis pada keadaan aktual menghasilkan 5 kombinasi. Kombinasi D diambil sebagai rekomendasi akhir sistem penguatan. Kombinasinya yaitu 3 buah rockbolt sepanjang 1,42 meter dan 4 buah rockbolt sepanjang 2,40 meter (safety bolt). FK minimum sebesar 2,21 dan menghabiskan biaya pembelian rockbolt sebesar Rp 985.050.


Keywords


RMR, Rockbolt, dan Shotcrete



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.2018

Flag Counter    Â