Evaluasi Antri Muat Kapal di Pelabuhan Muat untuk Mengurangi Waktu Tunggu di PT Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung

Helvijar Putra Utama, Linda Pulungan, Dudi Nasrudin Usman

Abstract


Abstrak. Permasalahan yang terjadi di pelabuhan PT Bukit Asam adalah kedatangan kapal yang cukup tinggi, dan terjadi antrian kapal dari proses muat, yang selama ini belum maksimal, sehingga masih terjadi keterlambatan dari waktu yang dijadwalkan. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan kapal yang telah datang di pelabuhan PT Bukit Asam, harus menunggu untuk berlabuh akibat dari keterlambatan proses muat sebelumnya. Antrian kapal untuk berlabuh ini akan mengakibatkan biaya tambahan, karena setiap kapal yang terlambat berlabuh akan meminta tambahan biaya (demurrage) yang dihitung dari berapa lama kapal mengantri. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode statistic probabilitas atau probabilitas distribution (Distribusi Poisson). Data yang telahdikelompokkan akan di uji terlebih dahulu dengan menggunakan uji kecocokan Chi Square. Kecocokan dari suatu distribusi empiric terhadap distribusi teoritik seperti distribusi poisson dapat di uji dengan Chi Square. Uji ini membuat perbandingan antara frekuensi pengamatan dengan frekuensi yang diharapkan untuk berbagai nilai variable random. Frekuensi yang diharapkan selalu timbul dari suatu dugaan atau hipotesa. Dari hasil penelitian ini diperoleh alternative untuk mengurangi antrian kapal dengan menggunakan modelantrian single chanel multiple phase yaitu dengan memanfaatkan dua dermaga, karena tingkat penggunaan dermaga mempunyai nilai sebesar 97% berarti hanya 3% yang menganggur. Sedangkan untuk rata-rata konsumen dalam antrian dikategorikan pada ktriteria sangat baik karena memiliki nilai antrian kurang dari 3 yaitu 1 .28 .

 

Kata Kunci: Distribusi Poisson, Tingkat Pelayanan Dermaga


Keywords


Distribusi Poisson, Tingkat Pelayanan Dermaga

Full Text:

PDF

References


Blank, L. (1980), Statistical Procedures for Engineering, Volume 60, pp. 606-613

Departemen Perhubungan Biro Hukum dan KLNS (2008), Undang-undang Republik Indonesia nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Jakarta.

Keller, G. (2012), Statistics for Management and Economic; Abbreviated. 9th Edition, South Western Cengage Learning: Mason, USA.

Kramadibrata, Soedjono. Perencanaan Pelabuhan. Bandung: Ganeca Exa 1985

M.T. Mardono, Nurhayati. Penelitian Operasional: Teori dan Latihan. Bandung: Dharma Patria. 1986.

PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok. Realisasi Arus Barang Pelabuhan Tanjung Priok. 2006.

Subagyo, Pangestu, Drs, MBA, dkk. Dasar-dasar Operation Research. Edisi kedua. Yogyakarta: BPFE. 1986.

Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi. 1991

Taylor III, Bernard W. Introduction to management Science Sains manajemen. Edisi 8. Jakarta: Salemba empat. 2005




Flag Counter