Meningkatkan Budaya Antri Melalui Teknik Modeling (Penelitian Tindakan Kelas Pola Kolaboratif di Kelompok A TK Tunas Mekar Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung)

Dhinda Annisa Ermatisya, Erham Wilda, Arif Hakim

Abstract


Anak Usia Dini memiliki dunia dan karakteristik tersendiri yang jauh berbeda dengan karakteristik orang dewasa. Periode ini dapat digunakan untuk membiasakan anak untuk berperilaku disiplin dan menanamkan budaya-budaya positif yang berlaku umum di masyarakat, misalnya menyangkut budaya antri. Anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Tunas Mekar sebagian besar dari mereka semuanya ingin cepat keluar dengan berhimpitan di pintu dan tidak mau menunggu giliran saat antri. Untuk itu penelitian ini terkait dengan budaya antri di kelompok A Taman Kanak-kanak Tunas Mekar.Tujuan penelitian ini untuk meningkatan budaya antri di kelompok A melalui teknik modeling di Taman Kanak-kanak Tunas Mekar dengan penelitian tindakan kelas pola kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian siswa kelompok A Taman Kanak-kanak Tunas Mekar yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung.Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) teknik modeling dapat meningkatan   budaya antri di kelompok A dengan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media slide video/gambar dan bermain peran, 2) terjadi peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus 1 adanya peningkatan yang terhadap pada budaya antri, pada siklus 2 peningkatan sudah terlihat dengan jelas, sebagian besar anak sudah mulai terlihat peningkatannya pada siklus 3 sudah terlihat anak-anak dapat melakukan budaya antri.Penggunaan teknik modeling dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam meningkatkan budaya antri dapat dikatakan berhasil, walaupun masih ada 1 orang anak yang merupakan Anak Berkebutuhan Khusus sehingga penilaian untuk anak tersebut tidak dapat disamakan dengan anak yang lainnya.

Keywords


Budaya antri, Teknik modeling

References


Purwanta, Edi 2012. Modifikasi Perilaku (Alternative Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hidayah, Zulyani, Hartati dan Herliswanny. 1996. Sikap budaya antri masyarakat yogyakarta. Jakarta: CV.BUPARA Nugraha

Depdiknas. 2004. UU. RI NO. 20 Tahun 2004 (UUSPN) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Sinar Grafika

Al-Qur’an dan Terjemahannya

Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.

Darsono dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UPT UNNES Press.




Flag Counter