Meningkatkan Kemampuan Mengekspresikan Emosi melalui Pembelajaran Daring dengan Metode Bercerita menggunakan Media Boneka Puppet Pada Anak Usia Dini

Amanda Reka Dini, Ayi Sobarna, Nurul Afrianti

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the increase in the ability to express emotions through online learning with storytelling methods using puppet puppet media in group A children. Data collection in this study was obtained by conducting experiments. The experimental design used was a quasi experimental design model nonequivalent control group design. The experiment was carried out with two groups, namely the experimental group and the control group. In this study, data on the ability to express emotions was obtained through observation. Observations were made to measure the level of ability to express emotions before and after being treated with the storytelling method using puppet media. The method used in this study refers to a quantitative research approach. The research was conducted on group A students aged 4-5 years. The first step is to take a pretest. This initial test was conducted to determine students' initial ability to express emotions before being given treatment. After the initial test was carried out, the next step was to provide treatment to group A with the form of treatment is the storytelling method using puppet puppet media. After the treatment was completed, the next step was the researcher carried out the final test (posttest) which in practice was the same as during the initial test. Based on the results of the calculation of the final test, it is known that the average ability to express emotions in the storytelling method group using puppet puppet media through zoom is 13.00 and the average ability to express emotions in the direct storytelling method group through the zoom application is 9.67, so it can be concluded that the average -The average ability to express emotions in the storytelling method group using puppet puppet media was 3.33 greater than the direct storytelling method group through the zoom application.

Keywords: Emotional Expression, Storytelling Methods, Early Childhood.

Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengekspresikan emosi melalui pembelajaran daring dengan metode bercerita menggunakan media boneka puppet pada anak kelompok A. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design model nonequivalent control group design. Eksperimen dilaksanakan dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini data kemampuan mengekspresikan emosi diperoleh melalui observasi. Observasi dilakukan guna mengukur tingkat kemampuan mengekspresikan emosi sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode bercerita dengan media boneka puppet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelompok A usia 4-5 tahun. Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan tes awal (pretest). Tes awal ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam mengekspresikan emosi sebelum diberi perlakuan (treatment). Setelah dilakukan tes awal, langkah selanjutnya yaitu memberikan perlakuan terhadap kelompok A dengan bentuk perlakuannya adalah metode bercerita dengan media boneka puppet, Setelah perlakuan selesai diberikan, langkah selanjutnya peneliti melakukan tes akhir (posttest) yang dalam pelaksanaanya sama dengan pada saat tes awal.  Berdasarkan hasil perhitungan tes akhir diketahui rata-rata kemampuan mengekspresikan emosi pada kelompok metode bercerita menggunakan media boneka puppet melalui zoom sebesar 13,00 dan rata-rata kemampuan mengekspresikan emosi kelompok metode bercerita langsung melalui zoom sebesar 9,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan mengekspresikan emosi kelompok metode bercerita menggunakan media boneka puppet 3,33 lebih besar dibandingkan dengan kelompok metode bercerita langsung melalui zoom.

Kata Kunci: Ekspresi Emosi, Metode Bercerita, Anak Usia Dini.



Keywords


Ekspresi Emosi, Metode Bercerita, Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Ali Nugraha. 2008. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Darwin, P., Hadisukanto, G., & Elvira, D. Sylvia. 2013. Beban Perawatan dan Ekspresi Emosi pada Pramurawat Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa. Jurnal Indon Med Assoc, Volum: 63, Nomor: 2, Februari 2013

Matsumoto, David & Ekman, Paul. 2007. Facial Expression Analysis. Journal of Paul Ekman Group LLC.

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Mustakim Nur Muh. 2005. Peranan cerita dalam pembentukan perkembangan anak TK, Jakarta.

Purwanti. 2012. Mengembangkan Kecerdasan Emosional pada Anak Taman Kanak kanak sebagai Upaya Menciptakan Anak Cerdas, Ceria dan Berakhlak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.

Safaria, Triantoro & Saputra, E. Nofrans. 2009. Manajemen Emosi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26412

Flag Counter      Â