Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelompok Usia 4 - 5 Tahun Tema Alam Semesta Melalui Percobaan Sains di Kober Cahaya Ibu Kota Bandung

Hernawati Hernawati, Aep Saepudin, Arif Hakim

Abstract


Abstrak : Latar belakang Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar anak kelompok A Kober Cahaya Ibu kota Bandung terhadap pembelajaran tema Alam semesta, Subjek penelitian berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 4 orang siswa laki – laki. Penelitian ini dilaksanakan sebagai Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelompok Usia 4-5 tahun dengan Tema Alam Semesta Melalui Percobaan Sains di Kober Cahaya Ibu Kota Bandung. Tujuan penelitian yaitu 1. Untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum diterapkan percobaan sains, 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan percobaan sains terhadap minat belajar siswa, 3. Untuk mengetahui hasil minat belajar siswa kelompok A Kober Cahaya Ibu Kota Bandung melalui percobaan sains. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian pada pra siklus dan siklus I sebanyak 25% angka ini menjelaskan dari jumlah 12 siswa hanya 3 orang siswa yang memiliki minat, hal ini tentu tidak sesuai seperti yang diharapkan. Baru ada perubahan pada tindakan siklus II di kategori belum berkembang menjadi 4 anak (33,3%), mulai berkembang sebanyak 6 anak 50%. Perubahan yang signifikan terjadi di siklus 3 yaitu dikategori belum berkembang sudah tidak ada ( 0 ) kategori mulai berkembang 1 (8,3%), kategori anak berkembang sesuai harapan 4 (33,3%) dan kategori anak berkembang sangat baik 7 anak (58,3%) Dapat disimpulkan melalui percobaan sains mampu meningkatkan minat belajar serta pengalaman pembelajaran yang bermakna bagi siswa kelompok A kober Cahaya Ibu Kota Bandung
Kata kunci : Minat Belajar, Percobaan Sains
Abstract : Background The problem in this study is the low interest in learning of group A children in Kober Cahaya, the capital city of Bandung towards learning the theme of the Universe. The research subjects were 12 children consisting of 8 female students and 4 male students. This research was carried out as a teacher's effort to increase student interest in the 4-5 year age group with the theme of the Universe through Science Experiments in Kober Cahaya, the capital city of Bandung. The research objectives are 1. To determine students' interest in learning prior to application of science experiments, 2. To determine the effect of the application of science experiments on student interest in learning, 3. To determine the results of student interest in group A Kober Cahaya Capital City Bandung through science experiments. This research uses Classroom Action Research. Data collection methods used in this research are observation, interview and documentation methods. The results of research in pre-cycle and cycle I were 25%. This figure explains that from 12 students only 3 students have an interest, this is certainly not as expected. Recently there was a change in the second cycle action in the underdeveloped category to 4 children (33.3%), starting to develop as many as 6 children 50%. Significant changes occurred in cycle 3, namely in the undeveloped category there was no (0) starting to develop category 1 (8.3%), the category of developing children according to expectations 4 (33.3%) and the category of children developing very well 7 children (58 , 3%) It can be concluded that through scientific experiments it can increase interest in learning and meaningful learning experiences for group A kober Cahaya, the capital city of Bandung.
Keywords: Interest in Learning, Science Experiments


Keywords


Minat Belajar, Percobaan Sains

Full Text:

PDF

References


Susanto Ahmad Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar 2013, Prenadamedia

Mas’ud, Prayono Ilmu Alamiah Dasar 1998. Bandung Pustaka Setia

Ekadharma, Riana, Dkk, pembelajaransains bagi anak usia 4 – 6 tahun di PAUD, PP PAUD, DIKMAS JABAR

Suyono, Hariyanto, Implementasi Belajar dan Pembelajaran hal.177 - 178, Stone, Cara – cara terbaik mengajar sains 2013 PT. Indeks Permata Putri Media

Toharudin, Hendrawati, Ostroff, L.Wendy 2012,

Dahar W.Ratna Toeri - teori Belajar dan Pembelajaran 2011, Gelora Aksara Pratama

Mursid, Pengembangan pembelajaran PAUD PT. Remaja Rosdakarya 2015

Suyadi, Ulfah, konsep dasar paud 2013

. Sudarwan Danim, Perkembangan peserta didik, 2010

Strategi pembelajaran yang menyenangkan, meity H idris 2014 & 2015

Suyono, Hariyanto, Implementasi belajar dan pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas Arikunto,suhardjono,supardi, 2015

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Suwarni, Kupas tuntas dan Lugas Penelitian Tindakan Kelas(PTK) Pengembangan Prefesi Guru, PT.Gelora Aksara Pratama 2010

Ayom Estu Royani1 , Samidi2 , Joko Daryanto2 1 Program Studi PG-PAUD, Universitas Sebelas Maret 2 Program Studi PGSD, Universitas Sebelas Maret Email:ayom.paud@gmail.com, samidi02@gmail.com, mangunsih@yahoo.co.id Peningkatan Pengenalan Konsep Gejala Alam melalui Metode Eksperimen pada Anak Kelompok BTK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24395

Flag Counter      Â