Analisis Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Lembaga Bimbingan Meningkatkan Minat Membaca Bagi Anak

Cyntia Pramitha Suhendar, Asep Dudi Suhardini, Dewi Mulyani

Abstract


Abstract. Education is important, in this day and age education becomes the main capital for man to achieve what is the purpose of his life in the future. With functional education, due to the same and similar curriculum and materials taught in formal education, it sometimes makes the child feel bored in the learning process. Thus, researchers want to know the learning process of the child through the method of reading interest of the child along with the motivator or teacher. This research aims to describe early childhood learning in guidance institutions increasing the interest in reading for children. How to grow the interest in reading in children with fun learning methods, self-learning through the approach of teachers and students (individual system), and learning is done gradually (small step system). The type of research used in this study is qualitative research. The data collection techniques in this study use observation methods, interviews, and documentation. The data analysis in this study is qualitatively descriptive.

Keywords: Learning, Reading Interests, Children's Reading Interest Methods

Abstrak. Pendidikan merupakan hal yang penting, pada zaman sekarang pendidikan menjadi modal utama untuk manusia dapat menggapai apa yang menjadi tujuan hidupnya di masa depan. Dengan pendidikan fungsional, karena adanya kurikulum dan materi yang sama dan serupa yang diajarkan dalam pendidikan formal, terkadang membuat anak merasa bosan dalam proses pembelajaran. Sehingga, peneliti ingin mengetahui proses pembelajaran anak melalui metode minat baca anak bersama motivator atau guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran anak usia dini pada lembaga bimbingan meningkatkan minat membaca bagi anak. Bagaimana menumbuhkan minat baca pada anak dengan metode pembelajaran yang menyenangkan (fun learning), pembelajaranan yang dilakukan secara mandiri melalui pendekatan guru dan murid (individual system), dan pembelajaran dilakukan secara bertahap (small step system). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.

Kata Kunci: Pembelajaran, Minat Baca, Metode Minat Baca Anak


Keywords


Pembelajaran, Minat Baca, Metode Minat Baca Anak

Full Text:

PDF

References


Agus. (2011). Karakteristik Pembelajaran untuk Anak Usia Dini (PAUD). Diambil dari Media Pendidik dan Pengawas:

https://mediapengawas.blogspot.com/2011/03/karakteristik-pembelajaran-untuk-anak.html

Masnipal. (2018). Menjadi Guru Paud Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Neneng Permatasari, Andalusia dkk. (2019). Literasi Dini. Bandung: Mediamore Karya Optima.

Hamzah B. (2013). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.

Luluk Asmawati. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mariah B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik. Idaarah, 1(2), 256-259

Masitoh, dkk. (2005). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slamet, Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publising.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Yunia Sari, Dianti. (2017). Peran Guru Menumbuhkan Literasi melalui Bermain pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, volume 1 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23886

Flag Counter