Analisis Terhadap Proses Pembiasaan Disiplin Pada Anak Usia Dini Melalui Perilaku Budaya Sekolah

Fauziyyah Zulfa Saputri, Nan Rahminawati, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to obtain an overview of the Analysis of the Discipline Habitual Process in Early Childhood through School Cultural Behavior which includes planning, implementation, and evaluation of disciplinary habituation. The research method used is to use a qualitative descriptive analysis method to describe and explain the results of the analysis of the disciplinary habituation process in early childhood through school cultural behavior, so that this research will be described as the results of interviews and the results of observations of researchers in the field as is. The data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documentation study. The results of the study illustrate that the process of disciplinary habituation in early childhood through school cultural behavior related to planning, implementation, and evaluation has referred to the Indonesian Republic's cultural and education regulations 137 concerning national standards for early childhood education and 146 early childhood education curriculum 2013. Discipline habituation program planning through school culture includes standard operating procedures (SOP), weekly learning implementation plans (RPPM), daily learning implementation plans (RPPH). The implementation of disciplinary habituation through school culture is carried out every day using daily learning plans that have been made by the school and learning SOPs, and teachers and parents will cooperate in the implementation of this disciplinary habituation to be taught at home. Evaluation of disciplinary habituation assessment through school crocodiles, namely using regular assessments, namely daily, weekly, monthly, quarterly and six-month assessments. Evaluations will be reported to the parents of students once a month to explain the school program, the strengths and weaknesses of the child.

Keywords: disciplinary habituation, school cultural behavior.

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Analisis Terhadap Proses Pembiasaan Disiplin Pada Anak Usia Dini Melalui Perilaku Budaya Sekolah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembiasaan disiplin. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis untuk menggambarkan dan menjelaskan hasil analisis terhadap proses pembiasaan disiplin pada anak usia dini melalui perilaku budaya sekolah, sehingga penelitian ini akan di deskripsikan sebagaimana hasil wawancara dan hasil pengamatan peneliti pada lapangan dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa proses pembiasaan disiplin pada anak usia dini melalui perilaku budaya sekolah terkait perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi telah mengacu pada peraturan pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia 137 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini dan 146 kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Perencanaan program pembiasaan disiplin melalui budaya sekolah meliputi standar operasional prosedur (SOP), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH). Pelaksanaan pembiasaan disiplin melalui budaya sekolah dilaksanakan setiap hari menggunakan perencanaan pembelajaran harian yang telah di buat sekolah serta SOP pembelajaran, dan guru dan orang tua akan berkerjasama dalam pelaksanaan pembiasaan disiplin ini untuk di ajarkan dirumah. Evaluasi penilaian pembiasaan disiplin melalui buaya sekolah yaitu menggunakan penilaian secara berkala yakni penilaian harian, mingguan, bulanan, pertiga bulan dan per enam bulan. Evaluasi akan di laporkan kepada orang tua murid satu bulan sekali untuk menjelaskan program sekolah, kelebihan dan kekurangan anak.

Kata Kunci: c


Keywords


Pembiasaan disiplin, Perilaku budaya sekolah.

Full Text:

PDF

References


Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: Rosda.

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar. Depok: PRENADAMEDIA GROUP.

Arisana, A. L. (2012). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akutansi Siswa Kelas IX IPS MAN Yogyakarta II Tahnun Ajaran 2011/2012. Pendidikan Akutansi Indonesia, Vol. X. No. 2, 26.

Khansanah, N., & Ningrum, M. A. (2017, September). Meningkatkan Kedieiplinan Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Bermain Bola Estafet di PPT Hasanah Terpadu Sambikerep Surabaya. PAUD Teratai, 6, 2.

Purwati, & Rakhmawati, N. I. (2017). Meningatkan Kedisplinan Dalam Budaya Antri Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan FUN GAME di PPT Mentari Pagi Surabaya. PAUD Teratai, volume 06 nomor 1.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23847

Flag Counter      Â