Analisis Terhadap Pelaksanaan Pengembangan Kemandirian Pada Anak Usi Dini Di TK Little Smart

Eti Suprapti, Dedih Surana, Arif Hakim

Abstract


Abstrac. Independent is a form of success in the transition that was developed. Independence of Early Childhood is part of the development process that is expected to occur in the framework of maturity, the point is Children's Independence is the ability to think, experience, and children who can help, in accordance with their daily needs.This research uses the method used in this research is descriptive qualitative. The participants of this study were kindergarten children aged 5-6 years at Little Smart Kindergarten. This research provides habituation training for children to be more independent. While the technique of taking data uses the techniques of observation, interviews, and documentation.From the results of research that shows the results of observations at the Little Smart Kindergarten the independence of children has been seen from the form of daily activities at school in the morning to have to go home which becomes daily habituation so that it can argue that independence activities can be adjusted for children who want to know independence and with this research, the process of forming self-reliant habituation activities will be able to become a new phenomenon to be applied to early childhood.

Keywords: Independence, habituatio

Abstrak. Mandiri adalah bentuk keberhasilan dalam mengelola emosi sehingga tumbuh kecerdasan emosi. Kemandirian Anak Usia Dini merupakan bagian dari proses perkembangan yang diharapkan terjadi dalam rangka menuju ke kedewasaan, intinya bahwa Kemandirian Anak merupakan suatu kemampuan untuk brfikir, merasakan, serta anak melakukan sesuatu atas dorongan diri sendiri sesuai kewajibannya dalam kehidupan sehari – hari. Penelitian ini menggunakan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif Adapun partisipan dari penelitian ini adalah anak-anak kelompok TK usia 5-6 tahun di TK Little Smart. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kegiatan pembiasaan anak untuk lebih mandiri. Adapun tekhnik pengambilan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi di TK Little Smart kemandirian anak sudah terlihat dari bentuk kegiatan harian di sekolah pada pagi hari hingga menjelang pulang yang menjadi pembiasaan sehari hari sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan kemandirian anak dapat menjadi acuan bagi sekolah lain yang dirasa peserta didiknya belum mandiri Dan dengan adanya penelitian ini maka proses pembentukan kegiatan pembiasaan kemandirian akan dapat menjadi fenomena baru untuk diterapkan pada anak usia dini.

Kata Kunci : Kemandirian, Pembiasaan


Keywords


Kemandirian, Pembiasaan

Full Text:

PDF

References


Perkembangan anak jilid I

Terjemahan : Med Meijasari Tjandrasa dan Muchlihah Zakarsil,Jakarta PT.Gelora Aksara Pratama

Materi pokok pengembangan kecerdasan majemuk

Musfiroh Tadkiroatun,2008 Jakarta Universitas Terbuka.

Permendiknas no 58 tahun 2009 Tentang pendidikan Anak Usia Dini .ImanSantoso5699:

Permendikbud no 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD

http://Imansantoso5699.wordpress.com/2012/02/16/Permendiknas.no58.tahun.2009.tentang.Pendidikan.Anak.usia.Dini

Suharsini Ariyanto suhrdjono supar. Penelitian Tindakan kelas edisi Revisi,PT Bumi Aksara jl.SawoRaya no 18,jakarta 13220

Bahan Ajar Psikologi Perkembangan I bagi guru dan calon guru oleh DR.HJ.Erhamwilda,M.PD Nurul Afrianti,M.PD,2014`

Diktat Mata Kuliah Metode Penelitian oleh Nurul Afrianti,M.PD,2016

Diktat Pengantar Psikologi umum oleh Drs.H.Dedih Surana Ibnu Syukur,M.AG,2011

Buku-buku Menjadi Guru Paud Profesional,oleh DR.Masnipal,M.PD, PT Remaja Rosdakarya jl.Ibu Inggit Banarsih no 4,tahun 2008

Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Panduan bagi mahasiswi calon guru dan pengelola paud oleh Dr.Masnipal,M.PD cetakan ke 4,september 2015

Pembentukan karakter Dimulai sejak Anak Usia Dini oleh Wiwi Rosmawati,

CV OMAHIMA JL.Luna No 169/86 jendral Sudirman Bandung

Teknik pengumpulan data –dokumentasi-metodologi penelitian kualitatif:

https://metodologi-penelitian-kualitatif.blogspot.com

Pengasuhan dan Pembinan Tumbuh Kembang Anak, Badan Penyuluhan BKB, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana tahun 2013

Pengantar Psikiatri Anak, CHATDJAH.Psikiater

fakultas Kedokteran Unpad Bandung

MIF.Baihaqi,Ortopedagog.Fakultas Ilmu Pendidikan IKF Bandung

Penerbit MITRA GRAFIKA Bandung

Teori Pembelajara Anak Usia Dini, Suyadi.M.Pd.I,

Penerbit ALFABETA,CV, Cetakan kelima 2011

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan kelompok bermain, Prof.Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psi

DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, NONFORMAL DAN INFORMAL

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22985

Flag Counter