Studi Terhadap Pendapat Guru Paud dan Orang Tua Tentang Pembelajaran Membaca, Menulis, Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Samarang Garut

Sifa Idulia Fitriani, Masnipal Marhun, Arif Hakim

Abstract


Abstract. The problems of reading, writing, and arithmetic are a phenomenon that is increasingly being discussed by young teachers and parents. This study aims to obtain an overview of the study of the opinions of young teachers and parents about learning to read, write, and count in kindergartens in Samarang Garut District. This research uses a descriptive approach, and data collection is done through a questionnaire. The results of this study were (1) the opinion of the paud teacher about learning to read, write and count in kindergarten, (2) how the parents thought about learning to read, write and count in kindergarten, and (3) how the differences in opinion of young teachers and parents about learning to read, write, and count in kindergarten.

Keywords: Opinion, learning to read, write and count

Abstrak. Persoalan membaca, menulis, dan berhitung merupakan fenomena yang semakin hangat dibicarakan oleh para guru paud dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang studi terhadap pendapat guru paud dan orang tua tentang pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung di taman kanak-kanak Se-Kecamatan Samarang Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pendapat guru paud tentang pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung di taman kanak-kanak, (2) bagaimana pendapat orang tua tentang pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung di taman kanak-kanak, dan (3) bagaimana perbedaan pendapat guru paud dan orang tua tentang pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung di taman kanak-kanak.

Kata Kunci: Pendapat, pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung



Keywords


Pendapat, pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung

Full Text:

PDF

References


Hurlock, B. (1978). Perkembangan Anak (Edisi Keenam). Jakarta : Erlangga .

Makarim, N. (2019, November 18). Mendikbud: Pentingnya Konsep Bermain dan Belajar di Jenjang PAUD. Retrieved from Kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/mendikbud-pentingnya-konsep-bermain-dan-belajar-di-jenjang-paud

Marwoto, S. (2015, Maret Senin ). Metode Calistung Anak Usia Dini Dengan Bermain Bersama. Retrieved from Slide Share: www.slideshare.net/su7ud/belajar-calistung-pada-paud

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola Paud Profesional. Jakarta: PT Gramedia.

Pratiwi, E. (2015). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat Akademik Dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental anak . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 279.

Setiawan, D. (2019, Desember Rabu). Fenomena PAUD Ajarkan Calistung. Retrieved from Pikiran Rakyat: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01327975/fenomena-paud-ajarkan-calistung-mendikbud-nadiem-makarim-beri-kritik-soal-kebahagiaan-anak




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22659

Flag Counter      Â