Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang Menggunakan Permainan Kartu Angka di Kelompok B PAUD Nur Insani Ngamprah Kabupaten Bandung Barat

Sumiarti Sumiarti, Masnipal Marhun, Dinar Nur Inten

Abstract


 

Abstract. Efforts to improve the ability to say numerically using a number card game in Group B Paud Nur Insani Ngamprah, West Bandung Regency Sumiarti. NPM 10030216079. The purpose of this study was to obtain a picture of the teacher's efforts to improve children's ability to numerate using number card games in group B Paud Nur Insani Ngamprah District, West Bandung Regency.The ability to count in this study is the ability of children to recognize numbers, mention numbers, sort numbers and match numbers.This research is a classroom action research. The subjects of this study were group B students, amounting to 16 children, consisting of 9 girls and 7 boys. Data collection techniques carried out by observation, performance and documentation. The research instrument is the observation guide. Analysis of the data used in this research is descriptive quantitative with a percentage.The results showed that the ability to count among group B children Paud Nur Insani Ngamprah in West Bandung could be improved using a number card game. The effective steps of this research in an effort to improve the ability of children in group B Paud Nur Insani Ngamprah West Bandung, namely (1) teachers change the implementation technique classically divided into two groups, (2) provide rewards in the form of asterisks for children who are able to count well, (3) the size of the number card is made with a size of 15 × 10 cm.

Keywords: numeracy ability, games, number cards

ABSTRAK. Upaya meningkatkan Kemampuan  Membilang Menggunakan Permainan Kartu Angka di Kelompok B Paud Nur Insani Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Sumiarti. NPM 10030216079.Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang upaya guru meningkatkan kemampuan membilang anak menggunakan permainan kartu angka di kelompok B Paud Nur Insani Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Kemampuan membilang dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal angka, menyebutkan angka, mengurutkan angka dan mencocokkan angka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 16 anak, yang terdiri dari 9 anak perempuan, dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang pada anak kelompok  B Paud Nur Insani Ngamprah Bandung Barat dapat ditingkatkan menggunakan permainan kartu angka. Langkah-langkah yang efektif penelitian ini dalam upaya meningkatkan kemampuan membilang anak kelompok B Paud Nur Insani Ngamprah Bandung Barat, yaitu (1) guru mengubah teknik pelaksanaan secara klasikal dibagi menjadi dua kelompok, (2) memberikan reward berupa tanda bintang untuk anak yang mampu membilang dengan baik, (3) ukuran kartu angka dibuat dengan ukuran 15×10 cm.

Kata kunci: kemampuan membilang, permainan, kartu angka


Keywords


kemampuan membilang, permainan, kartu angka

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suhardjono, dan Supardi (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, M (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung : Cv Wacana Prima.

Asrul, Sitorus Dkk (2016). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membina Sdm yang Berkarakter. Medan: Perdana Publising.

Eliyawati, C (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk AnakUsia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Hartanti, S (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan ketenagaan perguruan tinggi.

Kamtini dan Husni Tanjung (2005).Bermain Melalui Gerak Dan Lagu di TamanKanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Khadijah (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publising.

Masitoh, Laksmi Dewi. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia. (2009). Peraturan MenteriPendidikan Nasional nomor 58 Tahun 2009. Diakses dari http:/www.paudni.kemdikbud.go.id/wpContent/uploads/2012/08/permen 58 2009-ttg-standar-PAUD.pdf pada tanggal 19 Desember 2019 jam 15.00

Musfiroh, T (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan ketenagaan perguruan tinggi.

Masnipal (2013). Siap menjadi guru dan perilaku PAUD professional. Jakarta: PTElekmedia Kompas Gramedia.

Masnipal (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung PT Rosda Karya.

Riduawan (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Rahayu ( 2011 ). Penggunaan Media Kartu Angka Dengan Pasangan Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. ( Online ). Tersedia:

Rasyid H, Mansyur, dan Suratno (2009). Asesment Perkembangan anak usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sriningsih, N (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak UsiaDini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Sudijono, A (2011). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press http://library.um.ac.id/ptk/index.php.mod=detail7id=48611. Pada Tanggal

Novemberr 2019 pukul 16.00 Wib

Solehuddin (2000). Konsep Dasar pendidikan Pra Sekolah. Bandung: UPI.

Suyanto, S (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan ketenagaan perguruan tinggi.

Seefeldt dan Wasik (2008). Pendidikan Anak Usia dini. Jakarta: Pt Indeks

Sugiyono (2010). Pemahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Saputra, T (2001). Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Sanjaya, W (2009). Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Tajudin (2008). Pembelajaran Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Investasi Bermain Tata Angka PLB. Bandung PLB UPI: tidak diterbitkan.

Yus, A (2005). Penilaian Perkembangan belajar Anak Taman kanak-kanak.Jakarta: Departemen pendidikan Nasional direktorat Jenderal perguruan tinggi Direktorat Pembinaan pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.




Flag Counter