Analisis Pengelolaan Program Pengenalan dan Hafalan Al-Quran pada Anak Usia Dini di Daycare Syakira Katapang Bandung

Lilis Khaerunnisa, Asep Dudi Suhardini, Khambali Khambali

Abstract


Abstract. This study aims to provide an overview of the management of the introduction and memorization of the Koran in early childhood at Syakira Katapang Daycare, which includes planning, implementing, and evaluating programs. Rasulullah called on parents to provide good education, one of which was Al-Quran education. Learning the Koran for early childhood requires methods and techniques that must be in accordance with the characteristics of the child. The Al-Quran introduction and memorization program is the flagship program of Syakira Daycare. This study uses a qualitative approach with descriptive analytic methods and with data collection techniques through observation, documentation, and interviews. This research will describe the management of Al-Quran introduction and memorization programs. The results showed; 1) program planning begins with a work meeting, 2) Implementation of the program in accordance with the planning, introduction of the Al-Quran using the method of playing murottal Al-Quran and memorizing Al-Quran using talaqqi method, 3) Evaluation of the program is done through observation, interviews with parents and assessment learning outcomes through a child's memorization test.

Keywords: Management, Al-Quran recognition and memorization program, Early Childhood. 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengelolaan program pengenalan dan hafalan Al-Quran pada anak usia dini di Daycare Syakira Katapang, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Rasulullah menyeru para orangtua untuk memberikan pendidikan yang baik, salah satunya adalah pendidikan Al-Quran. Pembelajaran Al-Quran bagi anak usia dini memerlukan metode dan teknik yang harus sesuai dengan karakteristik anak. Program pengenalan dan hafalan Al-Quran merupakan program unggulan Daycare Syakira. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik dan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini akan mendeskripsikan tentang pengelolaan program pengenalan dan hafalan Al-Quran. Hasil penelitian menunjukkan; 1) perencanaan program diawali dengan rapat kerja, 2) Pelaksanaan program sesuai dengan perencanaan, pengenalan Al-Quran menggunakan metode memperdengarkan murottal Al-Quran dan hafalan Al-Quran menggunakan metode talaqqi, 3) Evaluasi program dilakukan melalui pengamatan, wawancara dengan orangtua dan penilaian hasil belajar melalui test hafalan anak.

Kata kunci : Pengelolaan, program  pengenalan dan  hafalan Al-Quran, Anak Usia dini.

 


Keywords


Pengelolaan, program pengenalan dan hafalan Al-Quran, Anak Usia dini.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., & dkk. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Atmosudirjo, P. (1982). Administrasi dan Manajemen Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Erhamwilda. (2018). Psikologi Belajar Islami (1st ed.). Yogyakarta: Psikosain.

Hidayatullah. (2016). Jalan Panjang Menghafal Al-Qur’an 30 Juz. Jakarta: Pustaka Ikadi.

Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132

Masnipal. (2015). Bahan Ajar Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. prodi PG-Paud Fak. Tarbiyah UNISBA.

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72

Rahminawati, N. (2016). Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UNISBA.

Sa’dullah. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran. Jakarta: Gema Insani.

Sujiono, Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Index.

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik anak membaca, menulis dan mencintai Al-Quran. Jakarta: Gema Insani.

Wahid, A. (2014). Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Quran. Jogjakarta: Diva Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21121

Flag Counter      Â