Analisis terhadap Kemampuan Peserta Diklat Tingkat Mahir Pendidik PAUD dalam Pengelolaan Kelas di Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung

Nenden Siti Nurjanah, Nan Rahminawati, Aep Saepudin

Abstract


Abstract. The quality of education is one of the factors that determines the quality of Early Childhood Education services. Improving the competency of PAUD educators is a very important things to do, an sdvanced Advanced level education and training is one of the programs designed by the Government to improve the competencies of Early Childhood Educators. Classroom management is a movement to create an effective learning environment as expected. The scope of classroom management includes academic activities, administrative activities and organizational activities. This study aims to map the ability of PAUD educators in conducting academic activities, administrative activities, and organizational activities after participating in Advanced Level of Education amd training activities in Kiaracondong District, Bandung. The research method that used is descriptive analytic with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The data that have been collected will analyzed with descriptively qualitative. The results of the research showed that: 1) the ability of PAUD educators in conducting academic activities; 2) the ability of PAUD educators while handling the administrative activities; and 3) the ability of PAUD educators in conducting organizational activities, generaliy they are already capable es[ecially in understanding theory, but in the practice it is still not able to reach the maximum level, there are still some deficiency that makes them not exactly competent when referring to Permendikbud no. 137 of 2014 concerning standards of educators and education personnel.
Keywords: PAUD Educators, Advanced Education and Training, Classroom Management
 

Abstrak. Mutu pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan mutu layanan Pendidikan Anak Usia Dini. Peningkatan kompetensi pendidik PAUD merupakan kebutuhan yang sangat urgent. Pendidikan dan pelatihan berjenjang tingkat mahir merupakan salah satu program yang dirancang Pemerintah untuk peningkatan kompetensi Pendidik Anak Usia Dini. Pengelolaan kelas adalah suatu usaha untuk mewujudkan suasana belajar yang efektif sesuai dengan yang diharapkan. Ruang lingkup pengelolaan kelas meliputi aktivitas akademik, aktivitas dministratif dan aktivitas organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kemampuan pendidik PAUD dalam melakukan aktivitas akademik, aktivitas administratif, dan aktivitas organisasional setelah mengikuti kegiatan Diklat Tingkat Mahir di Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pendidik PAUD dalam melakukan aktivitas akademik; 2) kemampuan pendidik PAUD dalam melakukan aktivitas administratif; dan 3) kemampuan pendidik PAUD dalam melakukan aktivitas organisasional, umumnya mereka sudah mampu terutama dalam pemahaman teori, tetapi dalam prakteknya masih belum maksimal, masih ada beberapa kekurangan sehingga belum bisa dikatakan kompeten jika merujuk kepada  Permendikbud no. 137 tahun 2014 tentang standar pendidik dan tenaga kependidikan.

Kata Kunci: Pendidik PAUD, Diklat mahir, Pengelolaan Kelas

 


Keywords


Pendidik PAUD, Diklat mahir, Pengelolaan Kelas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta,

Arikunto, Suharsimi. 1986. Pengelolaan Kelas dan Siswa (Sebuah Pedekatan Evaluatif). Rajawali, Jakarta.

Asa, Enar Ratriani. 2015. Strategy of Learning. Araska. Yogyakarta

Asmani, Jamal Makmur. 2014. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, Dan Inovatif. DIVA Press. Yogyakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Faturrahman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. PT Refika Aditama, Bandung.

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal Direktorat Pembinaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan PAUDNI Tahun 2011. Petunjuk Teknis Diklat Berjenjang Penidik PAUD. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2015. Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini (Pedoman). Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2015. Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (Pedoman). Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2015. Materi Penguatan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Masnipal, 2018. Menjadi Guru PAUD Profesional. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mursid, 2015. Belajar dan Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa, 2014. Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa, 2012. Manajemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Prihatin, Eka. 2011. Manajemen Peserta Didik.Alfabeta. Bandung

Priansa, Doni Juni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran (Cerdas, Kreatif, dan Inovatif).Alfabeta. Bandumg

Rahminawati, Nan, 2015. Manajemen Pendidikan Sekolah (Diktat Mata Kuliah),Unisba. Bandung

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Rineka Cpta, Jakarta.

Rukaesih, Cahyana Ucu. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kharisma Utama Offest, Jakarta

Sardiman, 2018. Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Raja grafindo Perkasa, Jakarta.

Sugiono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D), Alfabeta, Bandung

Sugiono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif, Alfabeta, Bandung

Setyosari, Punaji, 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Kencana Predana Media Group, Jakarta.

Unadang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan nasional

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2006 Tentang Guru dan Dosen




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21092

Flag Counter      Â