Strategi Penanaman Adab melalui Kegiatan Inti pada Santri Kuttab Awal 1 (Usia 5-6 Tahun) di Kuttab Al Fatih Cimenyan Bandung
Abstract
Abstract. Early childhood education is very important to be implemented as a basis for the cultivation of etiquette. The background of this study was to be able to find out the etiquette planting strategy of the first kuttab students (aged 5-6 years) at Kuttab Al Fatih Cimenyan, Bandung. This research is a descriptive analytic study. The purpose of this study was to formulate a plan for the cultivation of etiquette, to identify the implementation of the etiquette planting, to find the results of the planting of etiquette in the first kuttab santri (age 5-6 years) at Kuttab Al Fatih Cimenyan, Bandung. The results of the study illustrate that first, the planning of etiquette planting: a) teacher preparation; b) preparation of the academic calendar; c) preparation of etiquette mapping; d) preparation of the method of planting manners; e) preparation of kuttab activity plans. Second, the implementation of etiquette planting: a) etiquette motivation by telling stories; b) example; c) habituation; d) reward and punishment. Third, the results of embedding adab in early Kuttab students 1: a) children can distinguish right from wrong according to their age; b) children can communicate well with older and younger people; c) children can obey rules during the core activities.
Keywords: strategy, adab planting, children aged 5-6 years, kuttab Al Fatih Cimenyan
Abstrak.Pendidikan anak usia dini sangat penting dilaksanakan sebagai dasar bagi penanaman adab. Latar belakang penelitian ini agar dapat mengetahui Strategi penanaman adab pada santri kuttab awal 1 (usia 5-6 tahun) di Kuttab Al Fatih Cimenyan Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Tujuan penelitian ini ialah untuk memformulasikan perencanaan penanaman adab, untuk mengidentifikasikan pelaksanaan penanaman adab, untuk menemukan hasil penanaman adab pada santri kuttab awal 1 (usia 5-6 tahun) di Kuttab Al Fatih Cimenyan Bandung. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pertama, perencanaan penanaman adab: a) penyiapan guru; b) penyusunan kalender akademik; c) penyusunan pemetaan adab; d) penyusunan metode penanaman adab; e) penyusunan rencana kegiatan kuttab. Kedua, pelaksanaan penanaman adab: a) motivasi adab dengan berkisah; b) keteladan; c) pembiasaan; d) reward dan punishment. Ketiga, hasil penanaman adab pada santri kuttab awal 1: a) anak dapat membedakan yang benar dan yang salah sesuai dengan usianya; b) anak dapat berkomunikasi yang baik kepada orang yang lebih tua dan yang lebih muda; c) anak dapat menaati peraturan selama kegiatan inti berlangsung.
Kata kunci: strategi, penanaman adab, anak usia 5-6 tahun, kuttab Al Fatih Cimenyan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Jamal. 2010. Islamic Parenting (Pendidikan Anak Metode Nabi). Terj. Agus Suwandi. Solo: Aqwam.
Abu Ghuddah, Abd al-Fattah. 2005. 40 Strategi Pembelajaran Rasulullah. Yogyakarta: Tiara Wacana
Ashari, Budi, M. Ilham Sembodo. 2012. Modul Kuttab Satu. Depok: Al Fatih.
Aziz, ‘Abdul bin Fatha as-Sayyid Nada. 2017. Ensiklopedi Adab Islam. Cet 5. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
Daud, Wan Mod Nor. 2003. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naqub Al Attas. Bandung: Mizan
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional
Effendi, Onong Uchyana. 1992. Ilmu Komunikasi. Bandung: Oemuda yang Berprestasi
ejournal.iainkendari.ac.id
Farid Ma’ruf. 2014. Majalah Al Walie edisi Februari
Fattah, Nanang. 2014. Analisis Kebijakan Pendidikan, cet.3. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Harjaningrum, Agnes Tri. 2007. Peranan Orangtua dan Praktisi dalam Tumbuh Kembang Anak Berbakat melalui Pemahaman Teori dan Tren Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Hisaini, Adian. 2018. Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045. Depok: YPI at- Taqwa
Jauhari, M. Rabbi. 2006. Akhlaquna, terjemah Dadang Sobar Ali. Bandung: Pustaka Setia
Kajian ust. Budi Ashari, Lc. Menjadi Umat Terbaik Mengembalikan Peradaban Islam yang Gemilang
Kartono, Kartini. 1990. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: CV. Mandar.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: Kata Pena
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mochtar, Syamsuar. 1987. Dimensi Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Mukhtar, Alimin. 2015. Adab Guru dan Murid. Malang: Pesantren Hidayatullah
Mustari, Muhamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Prndidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada
Rasyid, Harun. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Rusdinal. 2005. Pengenlolaan Kelas di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Diknas.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet 5. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwaid, M. Nur Abdul Hafizh. 2010. Prophetic Parenting. Aziz, penerjemah. Yogyakarta: Pro-U Media.
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Tafsir, Ahmad. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Tahir, Gustia. 2015. Sinergitas Ilmu dan Adab dalam Perspektif Islam. Jurnal adabiyah, vol. XV nomor 1/2015
Ulwan, Abdullah Nasih. 2015. Tarbiyatul Aulad/Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Katulistiwa Press
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21044
   Â