Peningkatan Kemampuan Membilang Angka Arab melalui Permainan Bunga Angka pada Anak Kelompok A TK Islam Lathifiyah

Sri Susilowati, Enoh Nuroni, Arif Hakim

Abstract


Abstract. This research is motivated by the students of group A TK Islam Lathifiyah who experience problems in their specificity that is children do not know the symbol of Arabic numbers, not able to mention the symbols of numbers in Arabic 1-10, have not been able to sort symbol of Arabic number 1-10, This study aims to improve the ability of Arabic numerals in group A TK Islam Lathifiyah through media interest games. The research method used is a classroom action research method. This research  was conducted in 5 cycles. The research subjects were students of group A TK Islam Lathifiyah with a total of 7 children. Data collection techniques using the method of observation. The result of the study stated that after using the flower game the numbers showed an increase in indicators regarding Arabic symbols 1-10 by 85.7%, mention numbers in Arabic 1-10 by 85,7%, numerate objects using Arabic 1-10 by 85.7%, sort Arabic numbers and symbols 1-10 by 85.7%.

Keywords: Counting Ability, Number Flower Games.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa-siswa kelompok A TK Islam Lathifiyah yang mengalami masalah dalam kekhususan mereka yaitu anak-anak yang tidak mengenal lambang bilangan Arab, belum dapat menyebutkan lambang-lambang bilangan dalam bahasa Arab 1-10, belum mampu semacam simbol angka Arab 1-10, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan angka Arab dalam kelompok A TK Islam Lathifiyah melalui media permainan minat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 5 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK Islam Lathifiyah dengan total 7 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah menggunakan permainan bunga angka-angka menunjukkan peningkatan indikator mengenai simbol-simbol Arab 1-10 sebesar 85,7%, menyebutkan angka-angka dalam bahasa Arab 1-10 sebesar 85,7%, menghitung objek menggunakan bahasa Arab 1-10 oleh 85,7%, urutkan angka Arab dan simbol 1-10 dengan 85,7%.

Kata Kunci: Kemampuan Membilang. Permainan Bunga Angka


 


Keywords


Kemampuan Membilang. Permainan Bunga Angka

References


Sutarno, Pia. 2017. Pengenalan Angka Arab Timur Tulisan Tangan Menggunakan Zone Centroid Zone (ZCZ) dan Backpropagation. Prosiding Annual Research Seminar. Vol 3 No.1.

Fatmawati. ( 2018). Meningkatkan Membilang pada anak usia 5-6 Tahun Melalui permainan Congklak modifikasi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Bandung.

Masnipal, (2015). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.panduan bagi mahasiswa calon Guru dan Pengelola paud professional. Bandung.

Masnipal, (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia .(2014). Nomor 137 Standar Tentang Tingkat Pencapaian Anak.




Flag Counter