Pengaruh Pembelajaran Edutainment Terhadap Kemandirian dan Kepercayaan Diri Anak di TK Aisyiyah 8 Bandung

Rizkika Fatimah

Abstract


Abstract. The concept of Edutainment Learning is one of the leading methods in the application of education in Indonesia today, especially in the early childhood education program. This concept is believed to be able to develop children's potential more optimally in various aspects, including in the development of children's independence and confidence. This method has become a phenomenon that makes researchers interested in analyzing the influence of the application of the Edutainment learning concept. This research aims to determine the effect of Edutainment Learning Concepts on the Independence and Confidence of children. The data used are primary data, where researchers conduct research and surveys by distributing questionnaires to parents of students at Aisyiyah 8 Bandung Kindergarten School. Researchers used SPSS version 23 software in processing data, to determine the effect of Edutainment Learning Concept on each fixed variable, both Children's Independence and Children’s Confidence. The regression model is a simple regression analysis, with classic assumptions that were previously fulfilled. T-test is also used to determine the effect of unfixed variable to each fixed variables. The results of this study is Edutainment Learning Concepts has a significant effect on both fixed variables, both on Children's Independence and Children's Confidence. Edutainment Learning Concept has a significant effect of 29.5% on Children's Independence, and 32.7% on Children’s Confidence.

Keywords: Edutainment, Independence, Confidence.

Abstrak. Pembelajaran Edutainment menjadi salah satu metode unggulan dalam penerapan pendidikan di Indonesia dewasa ini. Terlebih dalam sistem pendidikan anak usia dini. Konsep ini diyakini mampu mengembangkan potensi anak lebih optimal dalam berbagai aspek, termasuk dalam pengembangan kemandirian dan kepercayaan diri anak. Ini menjadi fenomena yang membuat peneliti tertarik untuk menganalisa pengaruh dari penerapan pembelajaran Edutainment tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Edutainment terhadap Kemandirian dan Kepercayaan diri anak. Data yang digunakan adalah data primer, dimana peneliti melakukan riset dan survey dengan menyebarkan kuesioner kepada orangtua murid di TK Aisyiyah 8 Bandung. Peneliti menggunakan software SPSS versi 23 dalam mengolah data, untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Edutainment terhadap kemandirian dan kepercayaan diri anak. Model regresi yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, dengan asumsi klasik yang sebelumnya telah terpenuhi. Juga digunakan Uji t (t-test) untuk mengetahui pengaruh variabel tidak tetap terhadap masing-masing variabel tetap. Hasil penelitian ini adalah Pembelajaran Edutainment berpengaruh signifikan terhadap kedua variabel tetap, baik terhadap Kemandirian anak maupun Kepercayaan diri anak. pembelajaran Edutainment berpengaruh signifikan sebesar 29,5% terhadap kemandirian anak, dan 32,7% terhadap kepercayaan diri anak.

Kata Kunci: Edutainment, Kemandirian, Kepercayaan Diri.


Keywords


Edutainment, Kemandirian, Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Al-Husaini Abdul Majid, Hasyim. 1994. Pendidikan Anak Menurut Islam. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ali, Muhammad dan Asrosi, Muhammad. (2006). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Alsa, A. 2006. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik”. Semarang. Jurnal Psikologi. No.1. 47-48

Andayani, B dan Afiatin, T. 1996. “Konsep diri, harga diri dan kepercayaan diri remaja”. Jurnal 4 No. 2 Hal 23-30. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aryanti, Fitri. (2007). Tumbuh Kembang Anak Usia 0 – 6 Tahun. Bandung. Read Publishing House

B. Hurlock, Elizabeth. 1990. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan dalam Suatu Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Benjamin Spock. 1991. Permasalahan Orang Tua dan Upaya Mengatasinya. Semarang: Dahara Prize

Chaplin. 1996. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Dimyati dan Mudjiono. 1998. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

Gagne, Robert M. 2002. Essential of Learning for Instructioan. Terjemahan Abdillah Hanafi dan Abdul Manan. Surabaya: Usaha Nasional.

Gea, A.A. 2002. Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo

Gea, A.A. 2002. Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo

Ghufron, M. Nur & Rini Risnawati S. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakara : Puspa Swara.

Hamid, Moh. Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: DIVA Press.

Hamruni. 2009. Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Husein, Umar. 2000. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Johnson Brad, Tammy Maxson Mcelroy. The Edutainer. United States of America : Rowman & Littlefield Education, 2010.

Kemandirian sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja. Diakses dari: http://www.e-psikologi.com/remaja.050602. Diakses tanggal 26 Juni 2019.

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Markum, M. Enoch. 1985. Anak, Keluarga, dan Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan

Martin. 2000. Aplikasi EQ Based HR Management System. Majalah Manajemen Desember No.148.

Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.




Flag Counter