Pola Asuh Orang Tua dalam Menumbuh Kembangkan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Non Formal Kelurahan Sukaluyu Kecamatan Cibeunying Kaler Bandung

Lailia Biddrin, Erhamwilda Erhamwilda, Enoh Enoh

Abstract


Abstract. Parenting as a pattern of .which covers the fulfilment of physical needs and non-physical needs. Parents will account for their duties before the almighty creator. Parents must be able to educate their children very well starting from the child’s birth. The responsibility of educating children lies on the shoulders of both parents together. Language is one of the many abilities whose existence is very vital and can make us human. Language has long been used by humans as a tool for communication with its environment. Children’s language will be one of the main aspects of development. This study aims to determine parenting that is given by parents to children aged 4-5 years in developing language for their children who attend non-formal PAUD schools in Sukaluyu Village.The type of research is quantitative descriptive research. Data collection techniques used were interviews and questionnaires. Data analysis used is the SPSS statistical data calculation tool with the correlation test. The results of this study indicate that the ability of parents in developing language in their shildren is fundamental to children’s development. Because by fulfilling language development, it will be able to accompany other aspects of development to be optimal.
 
Keywords : parenting, parents, childrens language.

Abstrak.Pola asuh sebagai pola interaksi antara anak dengan orang tua, yang meliputi pemenuhan kebutuhan fisik dan kebutuhan nonfisik. Orang tua akan mempertanggungjawabkan tugasnya dihadapan Sang Maha Pencipta. Orang tua harus mampu mendidik anaknya dengan sangat baik dimulai sejak anak lahir.  Tanggung jawab mendidik anak terletak di pundak kedua orang tua secara bersama. Bahasa adalah satu dari sekian kemampuan yang keberadaannya sangat vital dan dapat menjadikan kita sebagai manusia. Sudah sejak lama bahasa digunakan oleh manusia sebagai alat untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Bahasa anak akan menjadi salah satu aspek perkembangan yang utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak usia 4-5 tahun di dalam menumbuhkembangkan berbahasa bagi anaknya yang sekolah PAUD Non Formal di Kelurahan Sukaluyu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan ialah dengan alat perhitungan data statistik SPSS dengan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan orang tua di dalam menumbuhkembangkan bahasa pada anaknya menjadi hal yang mendasar bagi perkembangan anak. Karena dengan terpenuhi perkembangan bahasa, akan dapat mengiringi aspek perkembangan yang lain menjadi optimal.  
 
Kata kunci : Pola asuh, orang tua, bahasa anak.

Keywords


Pola asuh, orang tua, bahasa anak.

Full Text:

PDF

References


ADHIM, Fauzil. (2015). Positive Parenting. Yogyakarta : Pro U Media Alwasilah, A.Chaedar. (1973). Linguistik Suatu Pengantar, Bandung:Penerbit Angkasa

Arikunto, (2012). Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Asworth, Eric (1973). Language In The Junior School. London: Edward Arnold (Publishers) Ltd

Berk, Laura E. (2012). Development Through The Lifespon: dari Prenatal sampai Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Beaty, J. Janice. Edisi Ketujuh.(2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Cahyono, Bambang Yudi.(1994). Kristal-Kristal Ilmu Bahasa. Surabaya: Airlangga University Press

Debri, (2013). Pola Asuh Orangtua. (http://maunur.Wordpress.com/artikel/diakses 2 desember 2019).

Hammond, L.Sarah, dkk. (1963), Good Schools For Young Children. New York: The Macmillan Company

Husnul, Aulia. (2015). “ Hubungan Pemerolehan Bahasa Pertama Dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Kelompok A TK Kartika Siliwangiâ€. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia

Madyawati, Lilis. (2018). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Cetakan Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group

Mahsun, (2011). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Cetakan Kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mar’at, Samsunuwiyati, (1980). Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: PT.Refika Aditama

Marhun, masnipal.2015.bahan ajar dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Fakultas tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Bandung

Moleong, Lexy J (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Duapuluh. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Monks, Knoers dan Haditono (1998). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University

Nashih ‘Ulwan (2007). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani

Nooraeni, Resiana (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Volume 13 Nomor Oktober 2019. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Novriza, Sari. (2014). Hubungan pemerolehan Bahasa Pertama dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu

Prayitno, Irwan (2003). Anakku Penyejuk Hatiku. Bekasi : Pustaka Tarbiatuna

Rahardjo, Suparto (2009). Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Garasi

Rachman, M.Fauzi.(2011. Islamic Parenting. Jakarta : Penerbit Erlangga

Santrock, W. John, Edisi Ketigabelas, (2011). Perkembangan Masa-Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga

Sochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta

Soenardji, (1989). Sendi-Sendi Linguistika Bagi Kepentingan Pengajaran Bahasa. Jakarta : Depdikbud

Subyakto-N, Sri Utari. (1988). Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud

Subyakto-N, Sri Utari. (1988). Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Depdikbud

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto (2012). Manajemen Penelitian. Jakarta : Reinaka Cipta

Syamsi, Hasan (2017). Modern Islamic Parenting. Solo : Era Adicitra Intermedia

Tarigan, G. Henry. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20779

Flag Counter      Â